x

Persib Bandung Jalani Game Internal Perdana, Ini Kesan Robert Rene Alberts

Senin, 23 Mei 2022 17:10 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Bobotoh menyaksikan game internal Persib Bandung di tribun utara Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22). Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persib Bandung menggelar game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22), setelah berlatih selama empat hari.

Pada game internal pertama untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 tersebut, Persib membagi dua tim pemainnya, satu tim menggunakan jersey berwarna biru dan satu lagi jersey putih.

Baca Juga

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan game internal tersebut sengaja digelar untuk melihat kondisi dan perkembangan anak asuhnya, sekaligus memantau pemain seleksi Ryohei Miyazaki dan Muhammad Reza Kusuma.

"Ini pertama kalinya pemain kembali bermain di satu lapangan penuh dalam kondisi sebelas melawan sebelas," kata Robert Alberts setelah game internal.

Robert Alberts menuturkan, pada game internal yang berlangsung empat kali 20 menit tersebut, anak asuhnya terlihat memiliki motivasi, sebab game tersebut merupakan yang pertama digelar pascalibur, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2021-2022.

"Mereka nampak begitu cepat dan termotivasi dalam laga yang dimainkan dalam 4x20 menit," ungkap Robert Alberts.

Baca Juga

Meski demikian, Robert Alberts menilai kondisi kebugaran pasukannya masih jauh dari level terbaiknya. Hal itu dapat terlihat dari menurunnya permainan anak asuhnya dalam game internal tersebut.

Sebagai informasi, Persib baru memulai latihan perdana untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22).

"Tapi bisa dilihat kecepatan mereka terus menurun karena faktor stamina belum dalam kondisi yang ideal," jelas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Baca Juga

Pada game internal tersebut, skuat Maung Bandung membawa sebanyak delapan pemain dari Persib U-18, mereka sengaja diikutsertakan selain untuk membantu game internal juga dipantau kualitasnya.


1. Promosikan Pemain Binaan Sendiri

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts (Arif Rahman/INDOSPORT)

Robert Alberts, memiliki keinginan untuk mempromosikan kembali pemain hasil binaan sendiri, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Pemain dari Persib U-18 tersebut dibagi dua oleh Robert Alberts, ke tim biru dan putih. Mereka ada yang bermain sejak menit pertama dan sisanya diturunkan pada babak selanjutnya.

Baca Juga

"Kami juga memantau pemain U-18 dan ada delapan pemain dan kami sedang mencari dua pemain untuk dicoba," ungkap Robert Alberts.

"Jadi ini kombinasi untuk memantau pemain dan memberi kesempatan mereka bermain selama 4x20 menit," ujar pelatih berusia 67 tahun ini.

Sementara itu, Persib Bandung mengagendakan pertandingan uji coba menghadapi tim asal Singapura, pada masa persiapan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Menurut Robert Rene Alberts, pihaknya sudah berbicara dengan dua tim asal Singapura, terkait rencana uji coba. Selain itu, laga tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Batam dan Singapura.

Pasalnya, pada awal Juni 2022 tim kebanggaan Bobotoh berencana menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Batam. 

"Rencananya adalah saya sudah bicara dengan dua tim asal Singapura dan kami bisa memainkan satu laga di Singapura dan satu lainnya di Batam," kata Robert Alberts.

Menurut pelatih asal Belanda ini, rencana uji coba menghadapi tim asal Singapura tersebut harus dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, dikabarkan ada gelombang panas di Singapura.

"Masalahnya adalah waktu dari perjalanan di mana sedang ada gelombang panas, jadi kami harus berhati-hati ketika bermain," ungkap Robert Alberts.

Baca Juga

Robert Alberts menilai, cukup beresiko jika anak asuhnya tetap bertanding dengan cuaca yang panas, karena hal itu bisa membahayakan kondisi pemain.

"Ini masih dalam masa pramusim dan pemusatan latihan, jadi kami tidak ingin mengambil risiko terlalu banyak untuk pemain. Karena di sana bisa mencapai 40 derajat dan itu tidak baik," jelas Robert Alberts.


2. Pemain Seleksi Persib Batal ke Bandung Sesuai Jadwal

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, memberikan arahan kepada pemain setelah game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memastikan pemain asal Filipina yang akan mengikuti seleksi batal datang ke Bandung sesuai rencana.

Sebelumnya, pemain Timnas Filipina tersebut dijadwalkan akan datang ke Bandung pada pekan depan 24 Mei dan menjalani seleksi mula 25 Mei 2022. 

Namun, pemain seleksi tersebut memiliki agenda bersama timnas Filipina, sehingga batal datang ke Bandung sesuai rencana sebelumnya.

"Pemain Filipina tidak bisa datang sesuai rencana," kata Robert Alberts saat ditemui seusai game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

"Dia dijadwalkan tiba di tanggal 24, tapi karena tim nasional Filipina akan memulai pemusatan latihan di tanggal 25. Mereka akan melakukan persiapan untuk Piala Asia," jelas Robert Alberts menambahkan.

Baca Selengkapnya: Gabung Timnas Filipina, Pemain Seleksi Persib Batal ke Bandung Sesuai Jadwal

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini