x

3 Jimat Real Madrid di Liga Champions, Ada Calon Pemenang Ballon d’Or

Minggu, 29 Mei 2022 17:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi para pemain Real Madrid saat mengangkat gelar Liga Champions 2021/22. REUTERS/Lee Smith)(Foto:

INDOSPORT.COM – Melihat tiga jimat Real Madrid di final Liga Champions, salah satunya calon pemenang Ballon d’Or tahun ini. Siapakah mereka?

Real Madrid akhirnya sukses menjuarai Liga Champions 2021-2022, setelah di laga puncak mampu mengalahkan wakil Inggris, Liverpool, dengan skor tipis 0-1.

Baca Juga

Bertanding di Stade de France, Minggu (29/5/22) dini hari WIB, Liverpool langsung menekan pertahanan Real Madrid yang diisi oleh duo Eder Militao dan David Alaba.

Baru beberapa menit setelah kick off, blunder nyaris terjadi ketika kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, terus ditekan oleh lini depan Liverpool.

Sayang, gol belum berpihak kepada The Reds. Terus mendapat tekanan di awal babak pertama, Real Madrid akhirnya bisa leluasa memainkan bola dan raih peluang pertama di menit ke-20’ lewat aksi Vinicius Junior.

Baca Juga

Akan tetapi, upaya sang pemain yang coba melepas umpan masih bisa ditangkap oleh kiper Liverpool, Alisson Becker pada menit ke-24.

Di babak kedua, Liverpool lagi-lagi mampu mendominasi pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Namun tangguhnya lini pertahanan Real Madrid, membuat skor kacamata tetap bertahan.

Apes bagi Liverpool, meski menguasai permainan namun mereka malah kebobolan di menit ke-59’ melalui aksi Vinicius Junior yang sukses memanfaatkan umpan Valverde menjadi gol.

Usai tertinggal, Liverpool kian gencar lakukan serangan namun buruknya penyelesaian akhir lini depan The Reds, ditambah tangguhnya Thibaut Courtois di bawah mistar gawang membuat skor 0-1 bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Real Madrid pun sukses merengkuh gelar Liga Champions ke-14 atau kelima dalam kurun waktu sedekade terakhir. Rinciannya, Madrid meraih juara di musim 2013–14, 2015–16, 2016–17, 2017–18, dan 2021–22.

Torehan tersebut sekaligus kian mengukuhkan diri sebagai tim dengan trofi Si Kuping Lebar terbanyak sampai saat ini.

Usut punya usut, terdapat tiga pemain yang selalu ada di atas lapangan sebagai starter dalam lima final Real Madrid sejak 2014. Mereka bisa dianggao jimatnya Los Blancos.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pemain Real Madrid yang menjadi jimat di lima final Liga Champions tersebut:


1. Benzema, Calon Pemenang Ballon d'Or

Momen Karim Benzema saat mencetak gol lewat tendangan penalti di laga Real Madrid vs Manchester City

1. Luka Modric

Luka Modric memang sudah berusia 36 tahun. Namun, bintang Kroasia itu masih belum kehilangan daya magisnya dan menjadi salah satu kunci Real Madrid ke lima final Liga Champions.

Musim 2017-2018 menjadi puncak kejayaan Luka Modric di Real Marrid. Dia menjadi pemain andalan ketika Real Madrid memenangkan Liga Champions yang ketiga secara beruntun pada musim tersebut, dengan mengalahkan Liverpool.

Baca Juga

Atas penampilannya di sepanjang turnamen, Modric pun masuk dalam tim terbaik Liga Champions 2017-18, dan memenangkan penghargaan Gelandang Terbaik Liga Champions untuk yang kedua secara beruntun.

Kesuksesannya diikuti dengan raihan Golden Ball di Piala Dunia 2018, Pemain Terbaik UEFA, dan diakhiri dengan penghargaan Ballon d’Or.

Sementara di musim ini, Modric mencetak 3 gol dan 13 assist dari 43 pertandingan.

2. Karim Benzema

Memang tak bisa dipungkiri, Karim Benzema baru kelihatan tajinya di Real Madrid sejak kepergian Cristiano Ronaldo pada akhir musim 2017-2018 lalu.

Namun, siapa sangka, penyerang berkebangsaan Prancis ini juga selalu menjadi andalan di starting XI Los Blancos saat memenangkan lima trofi Liga Champions sejak 2014.

Di usianya yang sudah 34 tahun saat ini, Benzema  pun justru semakin menunjukkan penampilan yang luar biasa. Karim Benzema mencetak 15 gol dari 12 laga yang dimainkan di Liga Champions.

Benzema sekaligus menjadi top skor Liga Champions musim ini, unggul dua gol dari Robert Lewandowski. Benzema sebelumnya juga menjadi top skor La Liga dengan torehan 27 gol.

Baca Juga

Seperti di Liga Champions, Benzema bukan sedakar mendapat gelar top skor. Pemain asal Prancis juga membawa Real Madrid menjadi juara. Jadi, Benzema punya dua gelar juara sekaligus top skor musim 2021/2022.

Masih ada satu gelar juara lagi yang didapat Benzema bersama Real Madrid. Musim 2021/2022, Real Madrid juga menjadi juara Supecopa de Espana.

Dengan torehannya yang begitu mentereng ini, tak heran jika namanya digadang-gadang bakal memenangkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini.


2. 3. Dani Carvajal

Dani Carvajal saat bersua dengan APOEL Nicosia.

Pemain asal Spanyol ini juga punya kontribusi yang luar biasa dalam membantu Real Madrid meraih lima trofi Liga Champions sejak 2014.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut pada musim ini sudah mencatatkan 36 penampilan di semua kompetisi, dengan mencetak satu gol dan menyumbang 4 assist.

Di ajang Liga Champions, Dani Carvajal juga tampil 11 kali dari 13 pertandingan yang dimainkan Madrid. Dia hanya absen dua kali karena mengalami cedera di awal musim.

Sejak tahun 2014, Carvajal tidak pernah absen dari starting XI Real Madrid di Liga Champions. Padahal selama itu, Madrid juga sempat mengalami pergantian pelatih.

Sebenarnya ada lima nama lagi, yakni Toni Kroos, Marcelo, Nacho, Gareth Bale, Casemiro, dan Isco, tapi statistik mereka kurang lengkap karena tidak selalu main di final Liga Champions.

Kroos dan Casemiro sebenarnya juga mengantongi lima gelar Liga Champions bersama Real Madrid, tetapi mereka hanya ambil bagian empat final, masing-masing absen pada 2013 dan 2014.

Semnetara Bale, Isco dan Marcelo juga tampil dalam empat kemenangan Real Madrid di final tetapi dibangkucadangkan pada final 2022.

Nacho juga ikut memenangkan lima trofi Liga Champions, tetapi hanya tampil di final 2018, sementara beberapa pemain lain memiliki empat gelar tetapi hanya tiga penampilan terakhir

Real MadridLuka ModricLiga ChampionsKarim BenzemaDani CarvajalBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini