x

Media Vietnam Kaget Timnas Indonesia U-19 Mampu Gilas Raksasa Afrika di Toulon Tournament

Jumat, 3 Juni 2022 16:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Media Vietnam Tak Menyangka Timnas Indonesia U-19 Mampu Gilas Raksasa Afrika di Toulon Tournament. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Kemenangan bersejarah Timnas Indonesia U-19 atas Ghana di pertandingan kedua Grup B ajang Toulon Tournament 2022, langsung mendapat sorotan media Vietnam.

Bermain di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Prancis pada Kamis (02/06/22) malam WIB, Timnas Indonesia U-19 sukses menundukan Ghana dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

Gol tunggal Timnas Indonesia U-19 ke gawang Ghana dicetak oleh Raka Cahyana Rizky pada menit ke-58 setelah mampu memanfaatkan umpan dari Hokky Caraka.

Kemenangan atas salah satu raksasa Afrika ini langsung mendapatkan sorotan serius dari media Vietnam, Soha.vn. Media ini menyebut kalau skuat Garuda mendulang kemenangan spektakuler.

Baca Juga

Pasalnya, Ghana merupakan salah satu tim kuat yang kini bertengger di posisi ke-60 dunia dalam ranking FIFA. Sedangkan Indonesia sendiri masih berada di urutan 159 dunia.

"Indonesia U-19 memiliki kemenangan spektakuler atas tim Afrika di Piala Toulon," tulis Soha.vn.

"Striker Ronaldo Kwateh dipercaya sejak awal. Meski berusaha keras, tetapi di depan lawan yang unggul dalam hal kekuatan fisik dan usia, perwakilan Asia Tenggara itu benar-benar inferior," imbuhnya.

Baca Juga

Setelah kemenangan atas Ghana, Ronaldo Kwateh dkk masih harus menghadapi laga terakhir di Grup B yakni melawan tim kuat Meksiko.

Timnas Indonesia U-19 besutan Dzenan Radoncic wajib meraih kemenangan bila ingin lolos ke semifinal Toulon Tournament sebagai runner up terbaik dari tiga grup.


1. Pelatih Ghana Sebut Laga Lawan Timnas Indonesia Tidak Adil

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Sementara itu, kekalahan yang diterima Ghana langsung direspons oleh sang pelatih bernama Abdul Karim Zito seusai pertandingan.

Abdul Karim Zito menyebut kalau para pemainnya sebenarnya mampu bermain bagus dengan mendominasi jalannya laga. Namun ia harus menelan pil pahit karena Timnas Indonesia U-19 yang justru mampu memenangkan duel tersebut.

Baca Juga

"Kami membuat semua peluang dan inilah yang saya sebut tidak adil dalam sepak bola," ujar Zito.

"Dalam permainan, Ghana mampu bermain bagus tetapi gagal mencetak gol. Saya sungguh kecewa," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Kekalahan dari Timnas Indonesia U-19 membuat Ghana kini harus tersingkir di ajang Tournament 2022. Mereka kini bertengger di posisi juru kunci setelah sebelumnya juga kalah dari Meksiko U-20.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 membuka peluang lolos dari fase Grup B. Ronaldo Kwateh dkk kini bertengger di urutan ketiga dengan mendulang tiga poin dari dua pertandingan.

Poin mereka sama dengan penhuni posisi kedua yakni Meksiko. Kemudian di posisi puncak klasemen Grup B ditempati oleh Venezuela dengan kokeksi enam poin dari dua laga.


2. Ketua Umum PSSI Sanjung Permainan Timnas Indonesia U-19

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengapresiasi kemenangan perdana Timnas Indonesia U-19 di ajang bergengsi Toulon Tournament 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan bule, mengapresiasi kemenangan perdana Timnas Indonesia U-19 di ajang bergengsi Toulon Tournament 2022.

Ia menyebut kemenangan sangat berharga untuk menambah kepercayaan diri pemain di laga selanjutnya. Terlebih, lawan yang dihadapi tidaklah sembarangan.

"Alhamdulillah hari ini anak-anak U-19 Indonesia mampu meraih kemenangan melawan Ghana," ujar Iwan Bule.

"Tim lawan bukan tim yang sembarangan dan ini menjadi modal yang bagus untuk kami menghadapi laga selanjutnya melawan Meksiko," tuturnya menambahkan.

Baca Juga
GhanaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Ronaldo KwatehDzenan RadoncicToulon Tournament

Berita Terkini