x

Profil Raka Cahyana, Bintang Timnas Indonesia U-19 yang Jadi Penghancur Ghana di Toulon Tournament

Jumat, 3 Juni 2022 15:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Raka Cahyana Rizky, pemain Timnas Indonesia U-19 pencetak gol ke gawang Ghana U-20 di Toulon Tournament 2022. Foto: Instagram@rakacahyanarizky

INDOSPORT.COM - Berikut profil Raka Cahyana Rizky yang menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Ghana di ajang bergengsi Toulon Tournament 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja membuat kejutan karena berhasil menundukan salah satu raksasa Afrika yakni Ghana U-20 dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

Dalam laga kedua Grup B Toulon Tournament 2022 yang digelar di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Prancis, Raka Cahyana menjadi pahlawan setelah mencetak gol tunggal di babak kedua.

Timnas Indonesia U-19 yang diasuh oleh Dzenan Radoncic memang tertekan sejak menit awal babak pertama. Unggul segi postur membuat Ghana mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Baca Juga

Akan tetapi, kuatnya lini pertahanan Garuda Nusantara membuat pasukan Abdul-Karim Zito gagal mencetak gol hingga paruh pertama selesai.

Seusai jeda istirahat, Ghana masih mendominasi jalannya laga dan beberapa kali melakukan ancaman. Namun, Ronaldo Kwateh dkk mampu memanfaatkan serangan balik cepat pada menit ke-58.

Berawal dari aksi Hokky Caraka dari sisi sayap kanan yang kemudian mengirim umpan silang ke area kotak penalti lawan.

Bola sebenarnya sempat mau diamankan oleh kiper Ghana. Tetapi, bola malah terlepas dan Raka Cahyana dengan sigap langsung melakukan tembakan yang membuat gawang Ghana bergetar.

Baca Juga

Seusai pertandingan, Raka Cahyana langsung mencuri perhatian penggemar skuat Garuda. Masih banyak yang belum mengenal siapa sosok pahlawan Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Berikut INDOSPORT telah merangkum profil Raka Cahyana Rizky, bintang Timnas Indonesia U-19 yang menjadi penghancur Ghana di Toulon Tournament 2022: 


1. Perjalanan Karier Raka Cahyana hingga Direkrut Persija

Raka Cahyana Rizky, pemain Timnas Indonesia U-19 pencetak gol ke gawang Ghana di Toulon Tournament. Foto: Instagram@rakacahyanarizky

Raka Cahyana Rizky merupakan gelandang serang yang lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada 24 Februari 2004 silam. Ia tercatat pernah menimba ilmu di SSB Bekasi Raya dan SSB Bina Taruna.

Kemudian Raka Cahyana sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16 pada Agustus 2019 lalu. Ia akhirnya mampu lolos seleksi karena bakatnya membuat pelatih Bima Sakti kepincut.

Baca Juga

Di Timnas Indonesia U-16, sang pemain juga mampu menjadi pilihan utama hingga akhirnya membantu Garuda Muda lolos ke Piala Asia U-16 2020. Namun turnamen itu akhirnya ditunda karena pandemi Covid-19.

Meski gagal mengikuti ajang Piala Asia, Raka Cahyana tetap berlatih keras dan akhirnya mendapatkan panggilan mengikuti trial di Persija Jakarta.

Baca Juga

Seminggu ikut trial, dirinya sukses mendapatkan kontrak bersama Persija Jakarta. Bahkan Raka sempat masuk skuat Macan Kemayoran saat menjuarai Piala Menpora 2021 lalu.

Baca Juga

Kemudian di kompetisi Liga 1 2021-2022 yang baru saja selesai, Raka tercatat hanya bermain sebanyak satu kali dengan durasi 26 menit.

Debutnya terjadi saat Persija Jakarta bermain imbang 0-0 dengan Persipura Jayapura di pertandingan lanjutan Liga 1 pada 19 September 2021 lalu.


2. Raka Cahyana Samai Torehan Hanis Saghara di Toulon Tournament

Raka Cahyana Rizky, pemain Timnas Indonesia U-19 pencetak gol ke gawang Ghana di Toulon Tournament. Foto: Instagram@rakacahyanarizky

Saat usia Raka Cahyana sudah menginjak 18 tahun pada Februari 2022 lalu, ia akhirnya naik kelas untuk membela Timnas Indonesia U-19.

Raka Cahyana baru saja tampil gemilang dengan mencetak gol tunggal ke gawang Ghana di Toulon Tournament 2022. Selain menjadi pahlawan, ia sukses menyamai torehan seniornya yaitu Hanis Saghara.

Bintang Arema FC itu juga sempat mencetak satu gol ke gawang Skotlandia saat membela Timnas Indonesia U-19 di Toulon Tournament edisi 2017 lalu.

Baca Juga
GhanaTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19Ronaldo KwatehHokky CarakaDzenan RadoncicToulon Tournament

Berita Terkini