x

Kecewa Kalah di Toulon Tournament 2022, Pelatih Ghana Sebut Laga Lawan Indonesia Tak Adil

Jumat, 3 Juni 2022 07:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Ghana U-20, Abdul Karim Zito, berujar laga kontra timnas Indonesia di Toulon Tournament nampak tidak adil usai kalah 0-1 Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Ghana U-20, Abdul Karim Zito, berujar laga kontra Timnas Indonesia di Toulon Tournament 2022 nampak tidak adil usai kalah 0-1.

Hal ini terjadi usai timnas Ghana U-20 keok dari Indonesia dengan skor tipis 0-1 di laga Toulon Tournament pada hari Kamis (02/06/22).

Baca Juga

Indonesia mampu mencetak satu gol melalui Raka Cahyana, pada menit ke-58 yang membawa tim asuhan Dzenan Radoncic meraih kemenangan perdana di Toulon Tournament 2022.

Dilansir dari situs resmi asosiasi sepak bola Ghana, sang pelatih, Abdul Karim Zito, mengubah susunan pemainnya usai kalah dari Meksiko di partai perdana.

Ghana menurunkan beberapa pemain mudanya, seperti Aaron Essel dan Kwabena Gogoe, yang menjadi debutan di Toulon Tournament 2022 kali ini.

Baca Juga

Menurut laman PSSI-nya Ghana, The Black Stars mampu tampil dominan dengan sejumlah aksi yang menjanjikan demi mencetak gol ke gawang Indonesia yang dikawal Cahya Supriadi.

Isaac Mensah yang menjadi andalan Ghana hampir saja mencetak gol, jika saja tak gagal memanfaatkan peluang di depan gawang Indonesia.

Peluang besar pun hadir dari Ghana ketika pemain pengganti, Isaac Pappoe gagal memanfaatkan peluang di depan gawang.

Baca Juga

Ghana pun harus terkena nasib sial, meski mendominasi permainan sejak awal. Indonesia justru berhasil memanfaatkan kelengahan di area pertahanan tim asuhan Abdulah Karim Zito untuk mencetak gol melalui Raka Cahyana.

Respons cepat sebenarnya ditunjukkan oleh pelatih Zito dengan memasukkan dua pemain pengganti.


1. Pelatih Ghana Sebut Laga Lawan Indonesia Tak Adil

Uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs Tira Persikabo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (22/05/22). Foto PSSI

Namun demikian, Indonesia akhirnya mampu memenangi pertandingan dengan skor 1-0.

Melihat kondisi ini, Abdul Karim Zito menyebut kegagalan timnya memanfaatkan peluang ke gawang Indonesia adalah kesialan.

Baca Juga

“Kami membuat semua peluang dan inilah yang saya sebut tidak adil dalam sepak bola. Dalam permainan, Ghana mampu bermain bagus tetapi gagal mencetak gol. Saya sungguh kecewa,” ujar Zito.

Kemenangan Indonesia atas Ghana dimulai saat laga grup B Toulon Tournament memasuki paruh kedua, Timnas Indonesia langsung tancap gas dan menekan pertahanan Ghana.

Hasilnya, saat laga memasuki menit ke-57 Garuda Muda mampu memecah kebuntuan melalui sepakan Raka Cahyana.

Baca Juga

Dari skema serangan sayap, Raka yang berdiri tanpa pengawalan di kotak penalti Ghana melepaskan sepakan mendatar yang tak mampu diselamatkan Anane. Gol 1-0 Timnas Indonesia memimpin

Unggul satu gol, Timnas Indonesia tak mengendurkan tempo serangan. Sebaliknya, Ghana yang mencari gol penyeimbang juga tampil menekan.

Bahkan pada menit ke-64, gawang Garuda Muda yang dijaga Cahya Supriyadi nyaris kemasukan andai sepakan Salifu tak terlalu pelan.


2. Timnas Indonesia Bakal Hadapi Meksiko di Toulon Tournament 2022

Uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs Tira Persikabo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (22/05/22). Foto PSSI

Pada menit injury time kedua kesebelasan sama-sama mendapat peluang untuk mencetak gol namun hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 tak berubah. 

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia mampu mengoleksi tiga poin perdana sekaligus mengerek posisi dari dasar klasemen grup B Toulon Tournament. 

Ghana sendiri akan bermain menghadapi Venezuela dalam laga terakhir Toulon Tournament 2022. Sementara itu, Indonesia akan menghadapi Meksiko untuk berebut kesempatan lolos ke babak selanjutnya.

Baca Selengkapnya: Hasil Toulon Tournament Timnas Indonesia U-19 vs Ghana: Tripoin Perdana Bagi Garuda Muda

GhanaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaToulon Tournament

Berita Terkini