x

Timnas Indonesia U-19 Main Kasar Kontra Meksiko, Pengamat: Bahaya buat Piala Dunia U-20

Selasa, 7 Juni 2022 12:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-19 nampak main lebih keras menjurus ke kasar, saat menghadapi Meksiko U-19 pada Toulon Tournament 2022, Minggu (05/06/22). Foto: Instagram@PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 nampak main lebih keras menjurus ke kasar, saat menghadapi Meksiko U-19 pada Toulon Tournament 2022, Minggu (05/06/22).

Alhasil, permainan tersebut membuat Timnas Indonesia U-19 kebobolan dua gol, salah satunya dari sepak penalti Meksiko, akibat pelanggaran yang dilakukan pemain.

Baca Juga

Situasi ini membuat komentator sekaligus pengamat sepak bola, Binder Singh geram. Timnas Indonesia U-19 seolah tutup mata, tak mempertimbangkan Piala Dunia U-20.

Timnas U-19 nampak bermain individu, minim kerja sama tim, tak seperti saat menghadapi Venezuela dan Ghana.

"Faktanya, setelah Timnas U-19 berhasil mengalahkan Ghana, justru mereka kalah melawan Meksiko tanpa bisa menciptakan satu pun peluang," ungkap Binder Singh.

Baca Juga

"Yang membingungkan saya, dalam cara bertahan kocar-kacir, dalam cara counter attack juga belum terlihat koordinasi yang rapi antar lini," lanjut sang komentator lagi.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya menelan kekalahan akibat sepasang gol dari Meksiko yang dibukukan oleh Santiago Munoz (39') dan Jorge Ruvalcaba pada injury time (90+2').

Kekalahan ini sekaligus memupuskan harapan Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke semifinal Toulon Tournament 2022. Skuat Garuda finis di peringkat ketiga grup B.

Baca Juga

Adapun posisi puncak klasemen Grup B diduduki oleh Venezuela, disusul Meksiko di urutan kedua, lalu ada Timnas Indonesia, sementara Ghana ada di dasar klasemen.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia U-19 berlaga di Toulon Tournament 2022 tanpa didampingi Shin Tae-yong. Mereka dikawal oleh sang asisten pelatih, Dzenan Radoncic.


1. Menatap Piala Dunia U-20

Pemain Timnas U-19, Ronaldo Kwateh lakukan tendangan. Foto: PSSI

Nasi sudah menjadi bubur. Timnas Indonesia U-19 harus mengakui kekalahan 2-0 dari Meksiko, dan mengubur mimpinya untuk lolos ke semifinal Toulon Tournament 2022.

Jika diambil sisi positifnya, Timnas U-19 telah merasakan betapa ketatnya laga persahabatan sekelas Toulon Tournament.

Baca Juga

Mereka akan menghadapi laga yang lebih ketat lagi di Piala Dunia U-20 2023 nanti. Apalagi, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah, ada harapan yang mereka emban.

Pengamat sepak bola, Binder Singh mengaku tak senang saat Timnas U-19 bermain lebih kasar melawan Meksiko.

"Yang juga membuat saya bingung, kok permainannya keras menjurus ke kasar, karena faktanya, pemain Timnas U-19 melakukan begitu banyak pelanggaran."

Baca Juga

"Saya perlu jujur, pemain Timnas U-19 lebih bermain sebagai individu daripada secara tim, ini sangat berbahaya, karena tim ini dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20."

"Mereka harus cepat belajar untuk bermain secara taktis, karena bisa jadi ini yang akan menjadi lawan-lawan mereka di Piala Dunia U-20 tahun depan," ungkap Binder Singh.

Baca Juga

"Jangan sampai nanti di Piala Dunia, Timnas Indonesia U-19 bermain seolah-olah mereka baru belajar main bola. Apalagi kita ini tuan rumah, setidaknya harus lolos fase grup."

Sekadar informasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan segera digelar pada 10-18 September 2022. Total ada 44 negara yang mengikuti, yang dibagi ke dalam 10 grup.


2. Hasil Toulon Tournament 2022

Raka Cahyana Rizky, pemain Timnas Indonesia U-19 pencetak gol ke gawang Ghana di Toulon Tournament. Foto: Instagram@rakacahyanarizky

Timnas Indonesia U-19 0-1 Venezuela

Ghana 0-1 Timnas Indonesia U-19

Meksiko 2-0 Timnas Indonesia U-19

*Satu-satunya gol Timnas Indonesia U-19 dibukukan oleh Raka Cahyana Rizky (vs Ghana)

MeksikoPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaBinder SinghToulon Tournament

Berita Terkini