x

Patahkan Rekor 42 Tahun, Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Sudah Berkembang

Kamis, 9 Juni 2022 18:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia memetik kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah Kuwait dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (8/6/22). Hasil itu sekaligus mematahkan rekor berusia 42 tahun.

Indonesia sudah beberapa kali bertemu Kuwait sebelum laga semalam. Hasilnya, Skuat Garuda sekali menang, tiga kali imbang dan dua kalah, bahkan satu-satunya kemenangan tercipta pada 1980.

Baca Juga

Sehingga, pencapaian langka timnas Indonesia disambut antusias oleh masyarakat. Kemenangan atas Kuwait juga menunjukan perkembangan sepak bola Tanah Air.

"Sebelum laga saya bilang, laga ini tantangan buat kami dan kami punya kesempatan untuk menyulitkan Kuwait. Saya tidak spesifik bilang menang, tapi kami punya kesempatan," kata Shin Tae-yong usai laga.

Baca Juga

"Saya tak yakin tahu soal ini, kapan terakhir kali Indonesia menang atas Kuwait. Tapi bagaimana pun hari ini tim sudah bagus. Sepak bola Indonesia telah berkembang," imbuhnya.

Kemenangan atas Kuwait membuka kans Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 semakin besar. Tim Merah Putih akan menjalani dua laga sisa melawan Yordania, Minggu (12/6/22) dan Nepal, Rabu (15/6/22).

Baca Juga

Kemenangan atas Kuwait membawa timnas Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A. Mereka mengmas tiga poin, setara Yordania, tapi kalah agresivitas gol.

Yordania berhak menduduki urutan pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 berbekal kemenangan meyakinkan 2-0 atas Nepal, Rabu (8/6/22). 


1. Target Putaran Final Piala Asia 2023

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Untuk Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia membawa 28 pemain. Nama-nama tersebut juga turut dibawa ketika uji coba lawan Bangladesh. 

Baca Juga

Sebagian besar pemain merupakan jebolan SEA Games 2021 atau timnas U-23, sedangkan nama-nama baru yang dipanggil mayoritas berlabel senior. 

Baca Juga

PSSI memasang target lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Peluang tersebut terbuka lebar karena masih ada slot untuk 11 negara, dengan perincian enam juara grup dan lima runner-up terbaik. 


2. Marc Klok Yakin Timnas Lolos Piala Asia 2023

Selebrasi gol Marc Klok dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Marc Klok memberikan tanggapan usai gol debutnya Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi sorotan AFC.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui unggahan di Instagram, Kamis (9/6/22) menyoroti kemenangan perdana Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Diketahui, pasukan Shin Tae-yong ini langsung berhadapan dengan dengan tuan rumah, Kuwait, yang berlangsung di Jaber Al-Ahmed International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Perjuangan Timnas Indonesia saat menghadapi Kuwait dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 berbuah manis. Pasalnya, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Kuwait mampu unggul lebih dulu usai crossing akurat Bader Al-Mutawa mampu dikonversi dengan tandukan Yousef Nasser menjadi gol pada menit ke-40.

Baca Selengkapnya

KuwaitTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini