x

Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs Tidak Mudah, PSSI Tak Mau Kasus Marc Klok Terulang

Kamis, 9 Juni 2022 18:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat mengunjungi Pondok Pesantren Daar At Taubah, Jalan Kebon Tangkil, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Selasa (31/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan bahwa proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama tak bisa secepat kilat seperti keinginan pendukung timnas Indonesia. Ada banyak tahapan yang harus dilewati.

Awalnya, ketiga pemain keturunan Eropa tadi diproyeksikan untuk ikut Kualifikasi Piala Asia 2023 yang tengah berlangsung di Kuwait. Tapi, pada akhirnya batal karena proses naturalisasi belum rampung. 

Baca Juga

Berkas Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama kini sudah berada di tangan Sekneg. Nantinya akan diproses, tinggal diteruskan ke DPR RI.

Ketiga pemain tersebut juga telah menghadiri wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN), jadi PSSI yakin pemerintah akan memprosesnya secara detail. 

"Kalau naturalisasi sudah pasti, tinggal menunggu keputusan pemerintah karena prosesnya tidak mudah, mohon bersabar. Ada pun mereka tak bisa sesuai target ikut Kualifikasi Piala Asia 2023 karena pemerintah harus cermat," kata Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Baca Juga

"Jangan sampai seperti Marc Klok, katanya ada keturunan, tapi akhirnya tidak terbukti dan harus tunggu lima tahun. Nanti saya cek lagi sudah sampai mana karena pemerintah juga menaruh perhatian maksimal," lanjut Ketum PSSI.

Proses naturalisasi memang tidak bisa secepat kilat, meski Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama jelas-jelas punya darah Indonesia.

Baca Juga

PSSI terlebih dahulu mengajukan ke Kemenpora untuk dibahas di Komisi X DPR RI demi mendapatkan persetujuan sebelum dilantik oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Dalam keterangan Ditjen AHU (administrasi hukum umum) dijelaskan ada 13 persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin dinaturalisasi.


1. Sesuai Kebutuhan Shin Tae-yong

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Lebih lanjut, Iwan Bule menyatakan kualitas tiga calon naturalisasi itu memang sesuai kebutuhan timnas Indonesia. Jordi Amat dan Sandy Walsh bahkan sudah berlatih bareng Skuat Garuda dan dipantau Shin Tae-yong. 

Baca Juga

"Mereka ini pemain bagus, karena Shin Tae-yong tidak mungkin mengambil pemain itu kalau tidak bagus," jelas Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

"Saya sudah ketemu dan mereka siap membela timnas, mereka (Sandy Walsh dan Jordi Amat) sudah latihan di timnas, supaya pelatih bisa melihat, dan Shin Tae-yong sudah yakin keduanya bisa dipakai," tuntasnya.


2. Sandy Walsh Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh semakin tak sabar untuk segera mengenakan seragam Timnas Indonesia usai skuad Shin Tae-yong ini membungkam Kuwait.

Timnas Indonesia langsung berhadapan dengan dengan tuan rumah, Kuwait, yang berlangsung di Jaber Al-Ahmed International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/22) dini hari WIB.

Perjuangan Timnas Indonesia saat menghadapi Kuwait dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 berbuah manis. Pasalnya, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga

Kuwait mampu unggul lebih dulu usai crossing akurat Bader Al-Mutawa mampu dikonversi dengan tandukan Yousef Nasser menjadi gol pada menit ke-40.

Akan tetapi sebelum jeda pergantian babak timnas Indonesia justru bisa menyamakan kedudukan via eksekusi penalti dingin dari Marc Klok.

Baca Selengkapnya

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshMarc KlokBola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini