x

4 Bocah Ajaib yang Bisa Diorbitkan Erik ten Hag Jadi Pemain Bintang di Man United Musim Depan

Sabtu, 11 Juni 2022 22:26 WIB
Editor: Juni Adi
Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag yang dikenal gemar mengorbitkan pemain muda, musim depan mempunyai beberapa yang bisa diorbitkan di Manchester United.

Perburuan Manchester United untuk mencari sosok pelatih baru akhirnya usai sudah. Pilihan manajemen jatuh kepada Erik ten Hag.

Baca Juga

Nama Erik ten Hag sendiri di sepak bola Eropa memang sedang naik daun, usai membawa Ajax Amsterdam bangkit di Liga Belanda maupun kancah Eropa.

Dalam beberapa musim terakhir, Ajax dibawanya menjadi kuda hitam di ajang Liga Champions, salah satunya mampu menembus babak semifinal.

Manchester United dan Erik ten Hag menyepakati kerja sama hingga Juni 2025 dengan opsi perpanjangan satu tahun berikutnya.

Baca Juga

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa," kata Direktur Sepak Bola Man United, John Murtough.

"Ia terkenal dengan sepak bola menyerang yang atraktif dan komitmen timnya terhadap para pemain muda," sambungnya.

"Kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Man United ke level yang kami inginkan dan motivasinya untuk mencapai hal tersebut," katanya lagi.

Baca Juga

Setelah menyelesaikan musim ini bersama Ajax Amsterdam, Erik ten Hag kemudian baru bisa datang ke Manchester United, sembari melihat performa tim melawan Crystal Palace di laga terakhir Liga Inggris, Minggu (22/05/22) kemarin.

Selang sehari kemudian, ia resmi diperkenalkan secara langsung di Manchester United, beserta dua asisten pelatihnya. Yakni Mitchell van der Gaag dan Steve McLaren. 

Van der Gaag adalah asisten Ten Hag di Ajax musim lalu. Ia dipromosikan dari tim cadangan klub ke tim utama dan membantu de Amsterdammers meraih gelar Eredivisie ketiga beruntun.

Sementara McLaren bukan nama asing di Liga Primer. Sempat menjajal ke Liga Belanda, ia pernah diasisteni Ten Hag saat mengantar FC Twente menjadi kampiun pada 2010.

McLaren terbilang bukan nama baru di Old Trafford. Ia pernah menjabat sebagai asisten Sir Alex Ferguson pada 1999, sebelum menjadi bos Boro pada 2001.

Nama Erik ten Hag sendiri memang dinilai tepat sebagai pelatih yang bisa mengembalikan kembali kejayaan Manchester United.

Sebab dirinya mempunyai nilai-nilai budaya Manchester United, salah satunya gemar memainkan dan mengorbitkan pemain muda.

Hal itu sudah dibuktikan saat masih menangani Ajax Amsterdam. Nama-nama seperti Frenkie de Jong hingga Matthijs de Ligt adalah salah satu pemain muda bintang hasil polesannya.

Di Manchester United, Erik ten Hag diharapkan bisa menerapkan prinsip tersebut karena banyak talenta muda Setan Merah yang bisa dipoles menjadi pemain bintang, siapa saja mereka?


1. Anthony Elanga

Anthony Elanga, (wonderkid Manchester United).

Nama Anthony Elanga musim ini tampil mencuat, setelah diberi kepercayaan oleh pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick.

Pemain muda asal Swedia itu mampu membayar kepercayaan tersebut dengan penampilan apik. 

Baca Juga

Sepanjang musim 2021/2022 kemarin, Elanga telah membuat 27 penampilan di semua kompetisi. 

Pemain berusia 20 tahun mencetak empat gol dan dua assist dari penampilannya tersebut. 

Statistik itu bisa jadi pertimbangan untuk Erik ten Hag tetap memberikan kesempatan tampil lebih banyak musim depan. Apalagi sang pemain memiliki kelebihan berupa kecepatan dan stamina yang luar biasa.

Baca Juga

Alejandro Garnacho

Alejandro Gamacho

Alejandro Gamacho sejatinya adalah pemain muda bertalenta milik Atletico Madrid. Namun Manchester United membajaknya pada September 2020 lalu.

Pemain berposisi sebagai sayap kiri ini mulai menunjukan progres positif bersama tim muda Setan Merah U-23 dan U-18.

Baca Juga

Sampai sejauh ini dia sudah membuat dua penampilan bersama tim senior Manchester United.

Garnacho berperan penting membawa Manchester United U-18 meraih juara FA Youth Cup musim ini. Dia mencetak dua gol dalam final melawan Nottingham Forest.


2. Alvaro Fernandez

Bruno Fernandes gagal mengeksekusi penalti di laga Arsenal vs Man United (23/04/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Selain Anthony Elanga, Alvaro Fernandez bisa jadi pemain muda yang akan mendapat kesempatan bermain lebih banyak musim depan di bawah asuhan Erik ten Hag. 

Sebab Alvaro Fernandez tampil cukup bagus bersama Manchester United U-23. Pemain muda asal Spanyol tersebut berhasil mencetak empat gol dan enam assist dari 31 penampilan.

Kendati mempunyai statistik yang bagus, Alvaro Fernandez belum mendapat kepercayaan untuk naik level ke tim senior. 

Namun, pemain 19 tahun itu bisa memperkuat sektor bek kiri Setan Merah mengingat performa Luke Shaw dan Alex Telles pada musim kemarin tidak meyakinkan.

Charlie McNeill

Charlie McNeill menjadi bagian tim Manchester United U-23 yang tampil mengesankan saat membawa tim juara Piala FA U-23.

Ia total mencetak empat gol untuk Piala FA U-23, dan 17 gol untuk kompetisi Liga Inggris U-23.

McNeill masih belum membuat debutnya untuk tim senior Manchester United. Namun, dia sudah beberapa kali dipanggil untuk berlatih bersama tim senior.

Manchester UnitedAjax AmsterdamLiga InggrisTRIVIAErik ten HagAnthony Elanga

Berita Terkini