x

Cari Suksesor Fernandinho, Man City Siapkan Hampir Rp1 Triliun untuk Bintang Timnas Inggris

Senin, 13 Juni 2022 21:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga Inggris, Manchester City sudah mempersiapkan dana sebesar 60 pound juta atau setara dengan Rp900 miliar untuk mendapatkan Kalvin Phillips. REUTERS-Hannah Mckay

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Manchester City sudah mempersiapkan dana sebesar 60 pound juta atau setara dengan Rp900 miliar untuk mendapatkan gelandang dari Leeds United, Kalvin Phillips. Bos Manchester City, Pep Guardiola, melihatnya sebagai pengganti yang sempurna untuk kepergian sang gelandang, Fernandinho.

Phillips yang telah menghabiskan 12 tahun di klub Yorkshire tersebut telah tampil di 234 pertandingan. Gelandang asal Inggris yang menjadi pemain kunci Gareth Southgate dalam dua tahun terakhir ini dikabarkan siap hengkang dari Elland Road meski Leeds siap menawarkan kontrak baru kepadanya.

Baca Juga

Guardiola sendiri menyukai Phillips karena kemampuannya dianggap dinamis untuk memainkan peran gelandang bertahan dan box-to-box, sekaligus karena ia terhitung sebagai homegrown player untuk pendaftaran kelompok Liga Champions Manchester City.

Dilansir dari Yorkshire Evening Post, presenter sekaligus mantan pesepak bola, David Prutton, mengatakan bahwa jika Manchester City serius mengajukan tawaran sebesar 60 juta pound, maka Phillips kemungkinan besar akan pindah. Prutton merasa bahwa tawaran untuk Phillips bekerja di bawah arahan Guardiola itu cukup masuk akal.

Pemain berusia 26 tahun itu terus dikaitkan dengan kemungkinan kepindahannya ke Manchester City dikarenakan Guardiola mengincar pengganti Fernandinho. Pemain asal Brasil itu meninggalkan Manchester City setelah sembilan tahun menetap di Etihad Stadium.

Baca Juga

Berbicara di kolom YEP-nya, Prutton yang merupakan mantan gelandang Leeds itu mengatakan bahwa jika Leeds menerima tawaran sebesar 60 juta pound dari Manchester City untuk Phillips, maka mereka akan melepaskannya. Tentu saja, pindah ke level Premier League adalah sebuah peningkatan yang sangat baik.

“Ada laporan lanjutan bahwa Manchester City akan datang dengan tawaran besar untuk Phillips dengan saran tawaran £60 juta. Jika mereka (Manchester City) datang dengan tawaran £60 juta, maka ia (Phillips) akan pergi," tulis Prutton.

“Ia bisa menjadi bagian dari kelompok pemain top yang bisa memberikan sesuatu yang istimewa untuk Manchester City. Aku sudah bisa melihat Manchester City akan datang untuk Kalvin. [Bayangkan] jika kamu adalah Kalvin. Itu adalah langkah yang sangat luar biasa,” tambahnya.

Baca Juga

Phillips memanglah seorang pemain top. Agaknya, tawaran sebesar 60 juta pound yang diajukan Manchester City ini akan sangat sulit ditolak oleh Leeds. Pindah klub papan atas Liga Inggris jelas akan menarik bagi seorang Kalvin Phillips.

Berbeda halnya jika klub macam Chelsea, Arsenal, Tottenham, atau Manchester United yang menawarkan kontrak. 


1. Pemain Berbakat Inggris

Pemain klub Leeds United, Kalvin Phillips. Foto: Reuters-Paul Childs

Sepertinya kita semua tahu dan satu pendapat bahwa Phillips akan lebih suka untuk menetap dengan klub masa kecilnya. Namun entah cepat atau lambat, Liverpool atau Manchester City pasti akan menggoda Phillips. 

Dengan lebih banyak uang di saku dan lebih banyak peluang untuk berkembang di bawah asuhan seorang Pep Guardiola atau Jurgen Klopp, Phillips tampaknya tidak perlu lagi berpikir dua kali. 

Baca Juga

Sementara untuk Leeds, dengan mengantongi uang baru senilai hampir Rp1 triliun, mereka benar-benar dapat meningkatkan kualitas.

Kalvin Phillips sendiri sempat mencuri perhatian di mana ia dianggap sebagai jelmaan maestro lapangan tengah Italia, Andrea Pirlo. 

Penampilannya garang bak singa lapar di tengah sabana. Dengan rambut ikal yang dikuncir ke belakang, Phillips adalah sosok kunci di balik kegemilangan Leeds United merengkuh gelar juara sekaligus meraih tiket promosi ke Liga Inggris musim 2019/20 lalu.

Baca Juga

Bergabung dengan akademi Leeds pada usia 15 tahun, gelandang enerjik kelahiran Yorkshire ini adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan oleh Leeds United. Saking apiknya, Bielsa langsung memutuskan untuk membangun tim dengan Phillips sebagai sentralnya.

Di bawah arahan Bielsa, pemain berusia 24 tahun ini menjelma menjadi gelandang masa depan timnas Inggris. Umpan akurat dan determinasi tinggi menjadi ciri khas yang selalu ditunjukkan oleh Phillips selama 2 musimnya di bawah bimbingan Bielsa.

Dilansir dari Daily Mail, dirinya bahkan masuk ke dalam pemain yang dibawa oleh Gareth Southgate ke Euro 2020 tahun depan.

Menilik statistiknya di Divisi Championship, wajar saja jika Southgate pun kepincut untuk memakai Phillips di timnas Inggris kala itu. 

Baca Juga

Dengan rataan 1,8 umpan kunci yang mampu diciptakan dari 40 pertandingan yang dia mainkan, dirinya berhasil mengungguli nama-nama top seperti Jordan Henderson dan Declan Rice yang saat ini menghiasi daftar skuat lini tengah The Three Lions.


2. Erling Haaland Resmi Diperkenalkan Jadi Pemain Anyar Manchester City

Erling Haaland resmi diperkenalkan Manchester City. Foto: Instagram@mancity

Klub Liga Inggris, Manchester City, resmi memperkenalkan Erling Haaland sebagai penggawa anyar The Citizens.

Senin (13/06/26) waktu setempat eks mesin gol Borussia Dortmund tersebut pamer jersey Manchester Biru.

Dalam unggahan terbaru The Citizens, Haaland tampak mengenakan jersey anyar Manchester City untuk mengarungi kompetisi musim 2022-2023.

"Welcome Erling Haaland," tulis The Citizens di akun intagram klub @mancity. Haaland sendiri ditebus Manchester City dari Borussia Dortmund seharga 60 juta euro alias setara Rp922 Miliar.

Pemain berusia 21 tahun itu telah menandatangani kontrak lima tahun yang membuatnya tetap di Stadion Etihad hingga musim panas 2027. Dalam sesi perkenalan Senin (13/06/26), Haaland mengaku jika dirinya memilih Manchester City lantaran faktor sang ayah, Alf-Inge Haaland.

Baca Selengkapnya: Breaking News! Erling Haaland Resmi Diperkenalkan Jadi Pemain Anyar Manchester City

Penulis: Reni Nurari

Manchester CityLiga InggrisBerita Liga InggrisKalvin Phillips

Berita Terkini