x

3 Pemain yang Diboyong Chelsea dari Manchester City Sebelum Raheem Sterling: Melempem Semua

Jumat, 10 Juni 2022 15:03 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Santer dikaitkan dengan Raheem Sterling, Chelsea wajib waspada karena dari 3 rekrutan terakhir dari Manchester City, tak satupun bisa jadi andalan yang bersinar.

INDOSPORT.COM – Santer dikaitkan dengan Raheem Sterling, Chelsea wajib waspada karena dari 3 rekrutan terakhir dari Manchester City, tak satupun bisa jadi andalan yang bersinar.

Meski sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa, musim lalu terbilang mengewakan bagi Chelsea.

Baca Juga

Pasalnya, mereka gagal memenangi satu pun dari Liga Inggris, Liga Champions, Piala FA, hingga Piala Liga Inggris atau Carabao Cup.

Pukulan bagi The Blues bertambah setelah Roman Abramovich dipaksa melepaskan kepemilikannya sebagai imbas invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, keadaan kini perlahan membaik. Meski ditinggal Antonio Rudiger yang habis kontrak dan memilih hengkang ke Real Madrid, Chelsea sukses mendapatkan pemilik baru dalam diri Todd Boehly.

Baca Juga

Bersama miliarder asal Amerika itu, The Blues pun bersiap menatap musim baru. Sejumlah nama mulai dibidik untuk diboyong di bursa transfer musim panas.

Salah satu nama yang belakangan ini santer disebut merapat adalah bintang andalan klub rival mereka, Manchester City, yakni Raheem Sterling.

Dilansir The Telegraph, Todd Boehly ingin menjadikan Sterling sebagai pembelian kelas satu (marquee signing), yang sekaligus menjadi pembuktian keseriusasnnya dalam mengelola The Blues.

Baca Juga

Peluang memboyong Sterling pun cukup terbuka karena masa depannya diragukan seiring kontraknya di City yang hanya tersisa satu tahun.

The Citizens disebut siap melepas Sterling demi melakukan penyegaran skuat sekaligus mendapatkan dana segar. Apalagi, mereka masih punya sejumlah opsi lain di sisi kiri serangan seperti Jack Grealish dan Phil Foden.


1. Cuma Main 2 Kali dalam Semusim

Penjaga gawang Chelsea, Willy Caballero

Raheem Sterling sendiri memiliki kinerja yang terbilang istimewa. Musim lalu, ia sukses mencetak 17 gol dan 9 assist dari 47 laga, yang membuatnya lebih tajam daripada pemain Chelsea mana pun di 2021/2022.

Secara total, Sterling tercatat mengoleksi 131 gol dan 95 assist dari 339 penampilan di semua kompetisi selama 7 musim membela Manchester City.

Baca Juga

Kehadiran Sterling jelas akan menambah daya dobrak Chelsea, yang musim lalu mengalami masalah di lini depan, di mana top skor mereka Romelu Lukaku hanya bisa mencetak 16 gol.

Memboyong pemain dari Manchester City sejatinya bukan hal yang sering dilakukan Chelsea. Sejak 2005, tercatat hanya ada 3 pemain yang diboyong The Citizens dari The Blues.

Namun, Chelsea patut waspada karena dari 3 pendahulu Raheem Sterling itu, ketiganya tak mampu menjadi pemain andalan di kubu The Blues. Siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Willy Caballero

Willy Caballero menjadi nama terbaru yang diboyong Chelsea dari Manchester City. Kiper plontos itu diboyong pada bursa transfer musim panas 2017 dengan status bebas transfer.

Lebih banyak berperan sebagai pemain pelapis selama membela Manchester City, Caballero akhirnya menjalani peran serupa bersama Chelsea.

Di musim perdananya, ia hanya tampil 13 kali dengan 10 di antaranya dilakukan di Piala FA dan Piala Liga, serta hanya tampil 3 kali di Liga Inggris.

Baca Juga

Bersama Chelsea, Willy Caballero pada akhirnya bertahan 4 musim dan berhasil merauh sejumlah gelar termasuk Liga Champions di musim terakhirnya yakni 2020/2021.

Namun, ia lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan.  Bahkan, pada musim terakhirnya ia tercatat hanya tampil 2 kali di semua kompetisi.

 

2. Bomber Mandul dan Winger Minim Assist

Daniel Sturridge (kanan) saat masih memperkuat klub Liga Inggris, Manchester City

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge menjadi nama lain yang diboyong Chelsea dari Manchester City. Sang bomber didatangkan dari klub masa kecilnya itu pada bursa transfer musim panas 2009.

Pada musim terakhirnya di City yakni pada 2008/2009, Sturridge yang berusia 19 tahun mencetak 4 gol dari 16 laga Liga Inggris. Catatan itulah yang kemudian membuat The Blues kepincut.

Baca Juga

Sayangnya, pada musim pertamanya di Chelsea, ia kesulitan bersaing dengan nama besar seperti Nicolas Anelka dan Didier Drogba. Akibanya, ia hanya tampil 13 kali di Liga Inggris dengan hanya mencetak 1 gol.

Musim kedua, kinerjanya memburuk dengan tak mencetak 1 gol pun dari 13 laga Liga Inggris. Namun, ia bangkit di musim ketiga dengan 11 gol dari 30 laga di liga.

Sayangnya, memasuki musim keempat kariernya terganggu cedera sehingga hanya tampil 12 kali di paruh pertama musim itu, sebelum dijual ke Liverpool pada bursa transfer Januari.

Baca Juga

Shaun Wright-Phillips

Sama seperti Sturridge, Shaun Wright-Phillips juga mengawali kariernya bersama Manchester City. Ia menjalani debut pada musim 1999/2000 di usia 18 tahun.

Sempat kesulitan bersaing, ia mulai menjadi pilihan utama pada musim ketiganya yakni pada 2001/2002.  Secara total, ia mencatatkan 273 penampilan dan mencetak 48 gol dan 21 assist untuk City, sebelum diboyong Chelsea pada bursa transfer musim panas 2005.

Di musim perdananya di Chelsea, Shaun Wright-Phillips langsung membawa The Blues juara Liga Inggris. Namun, penampilannya terbilang tak istimewa dengan hanya mencetak 3 assist dari 27 penampilan.

Baca Juga

Dua musim berikutnya, kinerjanya membaik meski ia masih kesulitan menembus tim utama. Namun, perselisihan dengan Luiz Scolari membuat SWP akhirnya dijual lagi ke City pada Agustus 2008.

Selama 4 musim di Chelsea, Shaun Wright-Phillips hanya tampil 125 kali di semua kompetisi dan menyumbang 10 gol serta 18 assist.

ChelseaRaheem SterlingManchester CityDaniel SturridgeWilly CaballeroTRIVIABerita Bursa TransferShaun Wright-PhillipsOne Football

Berita Terkini