x

3 Pemain Terakhir yang Diboyong Liverpool dari Chelsea Sebelum Pulisic: 2 Nama Gagal Total

Selasa, 7 Juni 2022 12:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Santer disebut tertarik pada Christian Pulisic, berikut 3 pemain terakhir yang diboyong Liverpool dari Chelsea, dengan 2 di antaranya terbilang gagal. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM – Santer disebut tertarik pada Christian Pulisic, berikut 3 pemain terakhir yang diboyong Liverpool dari Chelsea, dengan 2 di antaranya terbilang gagal.

Kabar mengejutkan datang dari Liverpool. Runner up Liga Inggris musim 2021/2022 itu disebut tertarik untuk mendatangkan bintang Chelsea, Christian Pulisic.

Baca Juga

Pemain asal Amerika Serikat itu diproyeksikan untuk menggantikan bintang The Reds, Sadio Mane, yang santer disebut akan hengkang.

Seperti diketahui, berbeda dengan Mohamed Salah yang sudah memastikan akan bertahan di Liverpool setidaknya hingga musim 2022/2023, masa depan Sadio Mane justru dipenuhi tanda tanya.

Kontrak Mane di Anfield sendiri masih tersisa 1 tahun, hingga Juni 2023. Namun, sang winger disebut ingin meninggalkan The Reds pada musim panas ini.

Baca Juga

Mane pun kemudian santer dikaitkan dengan Bayern Munchen, yang bakal ditinggal oleh bomber andalan mereka, Robert Lewandowski.

Sadio Mane sendiri sejatinya masih menjadi sosok penting di lini depan Liverpool. Pada musim 2021/2022 yang baru saja berakhir, ia tampil 51 kali dan mencetak 23 gol serta 5 assist.

Mane tak tergusur meski Liverpool pada Januari lalu mendatangkan Luis Diaz dari Porto. Bahkan, ia kemudian diberi peran baru sebagai penyerang tengah, membentuk trio baru bersama Diaz dan Mohamed Salah.

Baca Juga

Secara total, sejak didatangkan dari Southampton pada bursa transfer musim panas 2016, Mane sudah mencetak 120 gol dan 48 assist untuk Liverpool.

Dengan kualitasnya dan peran pentingnya, The Reds jelas perlu mendatangkan pengganti sepadan jika Sadio Mane pergi, dan manajemen klub menilai Christian Pulisic yang kini membela Chelsea sebagai  sosok yang tepat.


1. Ada yang Cuma Bertahan Satu Musim

Victor Moses (kiri) selebrasi bersama Marcos Alonso saat di Chelsea.

Christian Pulisic sendiri sudah membela Chelsea sejak musim 2019/2020 ketika ia didatangkan dari klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund.

Sejauh ini, selama 3 musim membela Chelsea, Pulisic sudah mencetak 25 gol dan 19 assist dari 115 penampilan untuk The Blues. Namun, musim lalu, meski mencatatkan 38 penampilan, 17 di antaranya dilakukan sebagai pemain pengganti.

Baca Juga

Minimnya menit bermain reguler itulah yang membuat Pulisic ingin hengkang dari The Blues. Situasi ini pun siap dimanfaatkan Liverpool untuk mendatangkannya sebagai pengganti Mane.

Liverpool sendiri cukup sering mendatangkan pemain dari Chelsea. Sepanjang dekade 2010-2020, tercatat ada 3 pemain yang diboyong The Reds dari The Blues.

Namun, Liverpool wajib hati-hati karena dari 3 pemain terakhir yang mereka boyong dari Chelsea sebelum Christian Pulisic, 2 di antaranya justru terbilang gagal. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Victor Moses

Victor Moses menjadi pemain terakhir yang didatangkan Liverpool dari Chelsea. Sang winger diboyong sebagai pemain pinjaman pada musim panas 2013.

Moses sejatinya mengawali kariernya di Liverpool dengan cukup baik. Ia bahkan langsung mencetak gol di laga debutnya saat menghadapi Swansea di Liga Inggris yang berakhir imbang 2-2.

Namun, usai selalu jadi starter di 5 laga perdana Liga Inggris musim ini, Moses perlahan tersingkir ke bangku cadangan.

Baca Juga

Situasi makin sulit setelah Raheem Sterling tampil memukau sehingga pelatih Brendan Rodgers lebih memilih menurunkan Sterling alih-alih Moses.

Akibatnnya, pada musim itu Victor Moses hanya tampil 22 kali untuk Liverpool dengan sumbangan 2 gol. Ia pun akhirnya tak dipermanenkan dan dikembalikan ke Chelsea pada akhir musim.

 

2. Ada yang Jadi Andalan Lini Depan

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge menjadi nama lain yang didatangkan Liverpool dari Chelsea pada 2013. Bedanya, ia diboyong permanen dari The Blues pada Januari 2013.

Pada paruh pertama musim 2012/2013, Sturridge memang kerap absen karena cedera sebelum akhirnya manajer Rafael Benitez memutuskan menjualnya ke Liverpool.

Baca Juga

Bersama Liverpool, Sturridge langsung nyetel dengan selalu mencetak gol dalam 3 pertandingan pertamanya selama berseragam The Reds. Hingga akhir musim, ia secara total sukses mencetak 11 gol dari 16 pertandingan.

Musim berikutnya, Sturridge pun jadi pilihan utama dan berhasil menorehkan 24 gol dari 33 penampilan. Namun, musim-musim berikutnya ketajaman dan menit bermainnya menurun akibat cedera. Sempat dipinjamkan ke West Brom, ia akhirnya dilepas Liverpool pada akhir musim 2018/2019.

Meski demikian, Daniel Sturridge terbilang cukup sukses bersama The Reds. Selama 6,5 musim di Anfield, ia mencetak 67 gol dari 160 penampilan dan ikut memenangi Liga Champions 2018/2019.

Baca Juga

Joe Cole

Joe Cole menjadi pemain ketiga yang diboyong Liverpool dari Chelsea sepanjang 12 tahun terakhir ini. Ia diboyong secara gratis pada bursa transfer musim panas 2010.

Cole sendiri sejatinya cukup sukses di Chelsea dengan torehan 40 gol dan 42 assist dari 281 laga, dan raihan berbagai gelar seperti 3 Liga Inggris, 2 Piala FA, dan 1 Piala Liga. Namun, ia memutuskan pergi saat kontraknya habis pada Juni 2010.

Bersama Liverpool, Cole menjadi pembelian pertama pelatih Roy Hodgson. Ia disebut menjadi transfer cerdas The Reds dan bahkan dipercaya memakai nomor punggung 10.

Baca Juga

Sayangnya, pada musim pertamanya di Liverpool penampilannya justru terbilang buruk. Di laga debutnya di Liga Inggris, ia bahkan langsung menerima kartu merah akibat pelanggaran pada Laurent Koscielny. Secara total, ia hanya mencetak 3 gol dan 2 assist dari 33 laga di musim itu.

Cole pun kemudian dipinjamkan ke Lille pada 2011/2012. Musim berikutnya, ia kembali ke tim utama Liverpool seiring permintaan Brendan Rodgers. Namun, kinerjanya tak membaik hingga ia akhirnya dijual ke West Ham pada Januari 2013.

Bursa TransferLiverpoolChelseaDaniel SturridgeSadio ManeJoe ColeVictor MosesChristian PulisicTRIVIAOne Football

Berita Terkini