x

Timnas Indonesia Diunggulkan Kontra Nepal, Shin Tae-yong Enggan Gegabah

Selasa, 14 Juni 2022 18:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak utama Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik, tetapi pelatih Shin Tae-yong enggan gegabah. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak utama Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik. Akan tetapi, pelatih Shin Tae-yong enggan gegabah. 

Peluang Indonesia makin terbuka, setelah salah satu pesaing yakni Filipina kalah telak 0-4 dari Palestina. Hal itu membuat poin Filipina tidak bertambah dan hanya empat atau berjarak satu angka dari tim Merah Putih yang masih sisakan satu laga.

Baca Juga

Timnas Indonesia masih akan bertanding melawan Nepal, Rabu (15/06/22) dini hari nanti. Jika menang, maka tim asuhan Shin Tae-yong dipastikan lolos ke Piala Asia tahun depan.

Ditanya soal kans Indonesia, pelatih Shin Tae-yong mengatakan penggemar harus menunggu hingga akhir laga kontra Nepal di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Dia tak mau gegabah, karena segala kemungkinan bisa terjadi di sepak bola.

“Soal peluang (lolos Piala Asia) kita lihat hasil besok (dini hari nanti) baru bisa tau apakah lolos atau tidak,” ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga

Saat ini, skuad Garuda tempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A. Indonesia mengoleksi tiga poin, sama halnya dengan Kuwait, tapi unggul head to head usai kalahkan Kuwait 2-1 di laga perdana pekan lalu.

Untuk persiapan lawan Nepal, Shin Tae-yong, telah matangkan latihan taktik dan strategi. Dia berharap pemain bisa laksanakan instruksi dengan benar agar bisa cetak gol.

Pelatih 52 tahun itu telah memastikan tidak ada pemain yang cedera. Pratama Arhan yang di laga sebelumnya sempat cedera, kini telah pulih seratus persen.

Baca Juga

“Menu latihan terakhir fokus ke taktik dan jika pemain bisa jalankan dengan baik pastinya dapat peluang yang baik,” ujar Shin Tae-yong.


1. Jangan Tegang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Sebelum lawan Nepal, para pemain Timnas Indonesia juga diberikan waktu bersantai. Marc Klok dkk terlihat berlatih ringan di pantai sembari bercanda ria.

Hal tersebut diperlukan untuk mendinginkan kepala atau menjaga suasana hati. Para pemain tidak boleh tegang karena laga dini hari nanti sangat penting.

Baca Juga

Skuad Garuda sudah 15 tahun tak bermain di turnamen empat tahunan itu. Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia yakni tahun 2007, ketika jadi tuan rumah.

Pada dua laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2022, Indonesia raih satu kemenangan dan satu kali kalah. Tim Merah Putih menang 2-1 atas Kuwait dan kalah 0-1 dari Yordania.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi duel hidup mati melawan Nepal di pertandingan terakhir Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Nepal dijadwalkan tersaji di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait pada Rabu (15/06/22) pukul 02.15 dini hari WIB.

Tim besutan Shin Tae-yong kini masih bertengger di posisi kedua klasemen Grup A dengan mengoleksi tiga poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah.

Sedangkan Nepal sudah lebih dulu angkat koper setelah pasukan Abdullah Al Mutairi menelan dua kali kekalahan beruntun di penyisihan Grup A.

Baca Juga


Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sudah dua tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, walau belum ada trofi juara yang ia dapatkan bersama Garuda.

Shin Tae-yong saat ini menukangi tiga sektor, yaitu Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas Senior. Namun, prestasi tim hanya mentok di posisi runner-up, belum juara.


2. Shin Tae-yong Ogah 'Turun Jabatan' Latih Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, mengatakan rencana menempatkan Shin Tae-yong hanya fokus di Timnas Indonesia U-20. Hal ini rupanya sudah sampai ke telinga Shin Tae-yong.

PSSI memang ingin mengubah struktur kepelatihan Timnas Indonesia. Saat ini, Shin Tae-yong memang dipercaya menangani tiga kelompok umur Timnas Indonesia.

Shin memulai bekerja dari Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-23, dan Timnas Indonesia senior. Dengan rangkapnya jabatan ini, PSSI menilai Shin Tae-yong sebagai pelatih keteteran.

Sehingga PSSI melalui anggota Exco meminta Shin Tae-yong hanya fokus menangani di satu kelompok umur saja yakni Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Terkait rencana ini, PSSI melalui Ketua Umum, Mochammad Iriawan mengaku Shin Tae-yong sudah mengetahui akan rencana ini.

Baca Selengkapnya: Shin Tae-yong Ogah 'Turun Jabatan' Latih Timnas Indonesia U-19, Iwan Bule Beri Respons

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Liga IndonesiaPiala AsiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini