x

Jelang Timnas Indonesia vs Nepal, Ini Prediksi Mengejutkan Shin Tae-yong

Selasa, 14 Juni 2022 17:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan telah melakukan persiapan tim dengan baik untuk laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 lawan Nepal, Rabu (15/06/22). Dia optimistis skuad Garida bisa raih tiga poin.

Pada latihan terakhir, Shin Tae-yong mematangkan latihan taktik dan strategi. Dia berharap para pemain Indonesia bisa menjalankan instruksi dengan benar di lapangan, supaya bisa meraih kemenangan.

Baca Juga

“Menu latihan terakhir fokus ke taktik dan jika pemain bisa jalankan dengan baik pastinya dapat peluang yang baik,” kata Shin Tae-yong.

“Persiapan kami sangat baik, jadi nantikan saja hasil pertandingan nanti,” katanya.

Juru taktik asal Korea Selatan itu sangat optimistis karena rupanya Timnas Indonesia dinilai tampil lebih bagus di laga terakhir. Kendati kalah dari Yordania, Shin Tae-yong senang karena Marc Klok dkk, bermain sangat disiplin.

Baca Juga

“Memang penampilan lebih baik saat lawan Yordania dibanding lawan Kuwait, jadi lebih percaya diri dan pemain berusaha keras. Jadi pasti bisa tunjukan penampilan terbaik lawan Nepal,” jelas Shin Tae-yong.

Pelatih 52 tahun itu juga mengonfirmasi bahwa semua anak asuhnya dalam kondisi terbaik. Pratama Arhan yang sempat cedera lawan Yordania juga telah pulih setelah jalani perawatan.

“Arhan sempat cedera, tapi dua hari ini pemulihan dengan baik dan semua sudah siap. Semua dalam keadaan baik dan tak ada yang cedera,” tuntasnya.

Pada dua laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia raih satu kemenangan (atas Kuwait) dan satu kekalahan (dari Yordania). Hasil itu menempatkan skuad Garuda di urutan kedua klasemen sementara dengan tiga poin (unggul head to head dari Kuwait).

Baca Juga

Sementara itu, secara klasemen keseluruhan (Grup A-F) Indonesia berada di urutan terbawah runner-up terbaik. Tim Merah Putih masih punya peluang lolos lewat slot lima runner-up terbaik karena jarak poinnya mepet dengan Malaysia (sama 3 poin tapi unggul selisih gol) dan Filipina yang punya empat poin. 

Untuk itu, kemenangan atas Nepal jadi harga mati bagi Timnas Indonesia. Hal itu membuka peluang lolos ke babak utama Piala Asia 2023.


1. Diminta PSSI 'Turun Pangkat' ke Tim Junior

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Rumor itu akhirnya jadi kenyataan. Shin Tae-yong blak-blakan diminta PSSI untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah-tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia. 

PSSI melalui ketua umunya, Mochammad Iriawan, menyampaikan jika Shin Tae-yong bakal turun pangkat untuk menangani Timnas Indonesia di sektor junior. 

Baca Juga

Sejatinya, isu pemangkasan jabatan Shin Tae-yong melatih tim junior sudah berembus dalam beberapa pekan terakhir. 

Dalam beberapa kesempatan, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule blak-blakan berencana memfokuskan Shin Tae-yong untuk menangani Garuda Muda saja.

Iwan Bule merasa jika pelatih asal Korea Selatan tersebut keteteran mengampu Timnas Indonesia di berbagai umur, mulai junior hingga senior.

Baca Juga

Selain itu, Shin Tae-yong juga dianggap hilang fokus. Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sudah dua tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, walau belum ada trofi juara yang ia dapatkan bersama Garuda.

Padahal, Shin Tae-yong menukangi tiga sektor, yaitu Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas Senior.

Namun, prestasi tim hanya mentok di posisi runner-up, belum juara. Itulah sebabnya, berdasarkan evaluasi tersebut Iwan Bule menilai jika Shin Tae-yong diminta fokus untuk menangani Timnas Indonesia muda saja.

Kini isu tersebut mendekati kenyataan. Dalam sebuah video pada Jumat (10/06/22), Iwan Bule mengonfirmasi jika PSSI akan mempekerjakan Shin Tae-yong sebagi pelatih Timnas U-20.

Baca Juga

Menurut Iwan Bule, Komite Eksekutif (Exco) sudah satu suara alias sepakat dengan wacana tersebut. Kabar tersebut seolah jadi pukulan bagi Shin Tae-yong yang tengah fokus berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023.


2. Prediksi Kualifikasi Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Nepal

Pertandingan antara Indonesia vs Nepal (Kualifikasi Piala Asia).

Timnas Indonesia harus bisa meraih tiga poin saat berhadapan dengan Nepal demi membuka peluang lolos ke Piala Asia 2023.

Duel seru tersaji di pertandingan terakhir babak Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A, antara Timnas Indonesia vs Nepal di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Timnas Indonesia mengincar kemenangan guna menjaga asa peluang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 nanti. 

Sebab Skuad Garuda saat ini terancam tidak bisa lolos andai mereka hanya menang tipis (1-0, 2-1), imbang apalagi kalah dari Nepal. 

Maka dari itu Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan besar akan bisa finis di peringkat kedua dan berpotensi masuk dalam daftar runner-up terbaik.

Baca Selengkapnya: Prediksi Kualifikasi Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Nepal: Tiga Poin Harga Mati

Timnas IndonesiaBola InternasionalNepalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini