x

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Nepal: 15 Tahun Menanti, Garuda ke Asia Lagi!

Rabu, 15 Juni 2022 04:26 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Laporan hasil pertandingan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Nepal yang digelar pada Rabu (15/06/22) dengan skor akhir 7-0.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah laporan hasil pertandingan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Nepal yang digelar pada Rabu (15/06/22) dini hari.

Meski hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan kelolosan ke putaran final namun Tim Garuda justru mampu berpesta gol ke gawang The Ghorkalis dan menang 7-0!.

Baca Juga

Hasil ini membuat timnas Indonesia berhak mengantongi tiket ke Piala Asia lagi untuk kali pertama sejak 2007.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong lolos dari kualifikasi ketiga sebagai salah satu runner-up terbaik bersama Kirgizstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Dengan ekspektasi untuk menang membebani mereka, timnas Indonesia justru mampu unggul cepat di menit keenam via aksi Dimas Drajad.

Baca Juga

Bomber milik Persikabo 1973 itu mengemas gol internasional perdananya memanfaatkan crossing akurat Asnawi Mangkualam dengan menyambutnya menggunakan tandukan jarak dekat.

Setelah unggul permainan timnas Indonesia justru agak mengalami penurunan. Dominasi memang masih terjaga namun kesalahan mendasar terjadi di sana-sini.

Ditambah lagi penyelesaian akhir yang jadi kurang dingin. Berulang kali Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaeman punya peluang memperlebar keunggulan namun justru gagal menunjukkan akurasi yang baik.

Baca Juga

Nepal harus bermain dengan 10 orang saja usai kartu kuning kedua diterima Suman Aryal di menit ke-32 namun timnas Indonesia masih tetap kesulitan untuk menambah angka.

Akan tetapi dua menit jelang waktu normal habis di babak pertama akhinya gol kedua bisa diamankan. Dimas menunjukkan jika ia tidak egois dengan membiarkan crossing Asnawi untuk disambar oleh Witan.


1. Babak Kedua

Piala Asia 2023.

Di babak kedua ketegangan pasukan Merah-Putih lebih bisa terkendali dan akhirnya pembantaian pun dimulai.

Kapten Fachruddin Aryanto jadi pemain yang membuka keran gol timnas Indonesia ke gawang Nepal pada menit ke-54.

Baca Juga

Gapaian yang kurang sempurna dari kiper bisa dimanfaatkan oleh sang bek senior menjadi lesakan hanya dengan satu sontekan mudah.

Berselang satu menit kemudian Saddil Ramdani mendapat giliran mencatatkan namanya di papan skor. Umpan lob dar Muhammad Rafli bisa diselesaikan winger Sabah FC itu dengan dingin dari jarak dekat meski terhalang kiper.

Setelah itu sempat ada jeda panjang. Buang-buang peluang kembali ditunjukkan oleh pemain-pemain timnas Indonesia terutama Rafli.

Baca Juga

Barulah saat waktu menyisakan sepuluh menit saja di waktu biasa aliran gol Tim Garuda kembali lancar diawali oleh Elkan Baggott.

Bek jangkung bedarah Inggris tersebut mencatatkan gol timnas keduanya dengan sepakan kaki kiri terukur dari luar kotak penalti.

Sebelumnya Elkan sempat nyaris pecah telur lebih cepat namun tandukan jarak dekatnya memanfaatkan kemelut di jantung pertahanan Nepal masih bisa dihalau kiper.

Baca Juga

Hanya beberapa detik setelah sepak mula dilakukan Nepal Witan Sulaeman kemudian mengklaim lesakan keduanya berkat assist dari Ricky Kambuaya.

Wonderkid Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinand, kemudian menutup pesta gol timnas Indonesia sekaligus mengunci tiket ke Piala Asia dengan tembakan keras kaki kanan. 7-0 Merah-Putih mengakhiri laga.


2. Susunan Pemain

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Saddil Ramdani

Dimas DrajadTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalFachrudin AryantoSaddil RamdaniWitan SulaemanNepalMarselino FerdinanElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini