x

Belanda Gagal Lolos Piala Dunia, Kans Timnas Indonesia untuk Curi Talenta Keturunan?

Kamis, 9 Juni 2022 05:36 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Tidak lolosnya Belanda ke Piala Dunia U-20 membuat kans Timnnas Indonesia unjuk gigi dan menarik perhatian pemain-pemain balasteran semakin besar.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia U-20 dipastikan tidak akan diwarnai duel timnas Indonesia vs Belanda yang sebenarnya cukup dinanti mengingat sejarah panjang kedua negara.

De Oranje harus meratapi nasib usai di tiga pertandingan terakhir kontra Serbia (1-2), Norwegia (1-1), dan Ukraina (2-1) sama sekali gagal meraih kemenangan.

Baca Juga

Tidak hanya harus harus merelakan hilangnya tiket menuju Piala Dunia U-20, Belanda juga gagal untuk ikut serta di EURO U-19 tahun ini karena kualifikasi kedua ajang dijadikan satu.

Padahal skuat Negeri Tulip sama sekali tidak kekurangan talenta. Bintang terbesar mereka jelas Xavi Simmons yang merupakan penggawa Paris Saint-Germain jebolan akademi kondang Barcelona, La Masia.

Dua bek sentral mereka, Justin Hubner dan Jenson Seelt, sebenarnya juga cukup punya nama terutama karena punya darah keturunan Indonesia.

Baca Juga

Hubner saat ini berbaju Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris dan merupakan penampil reguler untuk tim U-23 mereka.

Sebelum akhirnya mendapat debut bersama Belanda U-19 pada medio September 2021 lalu, sebenarnya defender 18 tahun tersebut sudah memberi kode pada PSSI agar menjadikannya prospek untuk Timnas Indonesia.

Namun entah apa alasannya, respons dari federas tidak kunjung datang dan kini Justin Hubner sepertinya sudah kembali ke pelukan negara kelahirannya.

Baca Juga

Sementara itu Seelt yang juga masih berusia 18 tahun belum diketahui benar apa pendapatnya tentang kesempatan membela Timnas Indonesia.

Remaja berdarah Ambon milik akademi PSV Eindhoven tersebut memang belum pernah sedekat Hubner dengan Merah-Putih namun Jenson Seelt masih punya banyak waktu untuk dinaturalisasi di masa depan.


1. Sukses Amankan 2 Nama

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani bertemu Pemain Keturunan Indonesia, Ivar Jenner

Timnas Indonesia punya kans yang tergolong besar untuk membajak talenta-talenta blasteran yang saat ini mengisi sangara Belanda di berbagai level.

Untuk ajang Piala Dunia U-20 nanti, PSSI setidaknya sudah punya dua bakat kacukan yang bisa dipanggil untuk memperkuat skuat U-19 asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga

Mereka adalah Ivar Jenner (18/gelandang) dan Jim Croque (17/striker). Sejak April 2022 lalu keduanya sudah punya komitmen untuk mau berbaju Merah-Putih.

Jenner saat ini berstatus pemain tim kelompok umur FC Utrecht dan merupakan bintang inti. Dua tahun lalu ia masih terdaftar sebagai anggota Belanda U-15.

Baca Juga

Sementara itu Croque adalah wonderkid miliki Vitesse Arnhem dengan bakat besar yang bahkan sempat membuatnya bermain untuk tim U-21 klub tersebut.

Memang baru Jim Croque yang diumumkan pemanggilannya, tetapi Timnas Indonesia U-19 akan menggunakan kedua pemain tadi demi mengarungi Piala Dunia U-20 yang digelar di Tanah Air.

Baca Juga

Begitu juga untuk kualifikasi Piala Asia U-20 yang juga akan berlangsung pada tahun depan sehingga 2023 bakal jadi tahun yang padat agenda.

Andai Croque dan Jenner bisa moncer dan membawa sukses di Piala Dunia maupun Piala Dunia, diharapkan para pemain blasteran Belanda akan semakin mau memperhitungkan untuk membela Timnas Indonesia.


2. Target Naturalisasi Timnas Indonesia Bersanding dengan Mbappe

Pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen, bersama tim Go Ahead Eagles

Meski harus menunda keinginannya untuk membela timnas Indonesia namun Ragnar Oratmangoen tidak kehilangan cara untuk harumkan negeri leluhurnya.

Penyerang berdarah Belanda tersebut masuk daftar sepuluh besar pemain di tujuh liga top Eropa dengan jumlah dribel sukses terbanyak.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Squawka sepanjang musim 2021/2022 lalu, Oratmangoen sukses menuntaskan 85 dribel di Eredivisie Belanda bersama klubnya yakni Go Ahead Eagles.

Jumlah tersebut menempatkan nama Oratmangoen di peringkat sepuluh besar di antara semua pemain yang berkompetisi di Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundesliga Jerman, Ligue 1 Prancis, Eredivisie Belanda, dan Liga Portugal.

Posisi pertama ditempati oleh winger lincah Newcastle United yakni Allan Saint-Maximin dengan 150 dribel sukses.

Baca selengkapnya: Batal Bela Timnas Indonesia, Oratmangoen Justru Catat Rekor Impresif Bareng Mbappe dan Vinicius

BelandaPiala Dunia U-20NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini