x

Wonderkid-nya Dipanggil Timnas Indonesia, Klub Eredivisie Belanda Bangga Bukan Main

Kamis, 9 Juni 2022 03:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Vitesse Arnhem ikut umumkan pemanggilan striker berdarah Belanda, Jim Croque, ke timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pemanggilan Jim Croque ke timnas Indonesia U-19 rupanya tidak hanya disambut dengan kegembiraan oleh fans Tim Garuda saja.

Klub pemain berdarah Belanda tersebut, Vitesse Arnhem, pun turut laruh dalam suka cita dan memberi sang striker muda ucapan selamat.

Baca Juga

Kepastian Croque menjadi bagian dari timnas Indonesia U-19 mereka umumkan pada Selasa (07/06/22) lalu.

"Jim Croque mendapatkan panggilan dari Indonesia U-19 yang akan menggelar pemusatan latihan," tulis akademi Vitesse di Instagram mereka.

"Nantinya mereka akan mengikuti kejuaraan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 pada 2023," tambah kesebelasan kasta teratas Liga Belanda atau Eredivisie tersebut.

Baca Juga

Rencana PSSI untuk mendaftarkan Croque sebagai anggota timnas Indonesia memang sudah ada sejak lama dan pemuda 17 tahun itu adalah salah satu talenta belia paling hot yang bisa dicaplok dari Belanda.

Croque adalah pemain reguler untuk Vitesse Arnhem U-18 dengan torehan 14 gol dari 20 penampilan khusus di ajang liga junior divisi 2 Negeri Kincir Angin.

Bakat Croque bahkan sempat membawanya promosi dan mendapatkan menit bermain bersama tim U-21 di empat pertandingan.

Baca Juga

Musim ini bersama dua rekan bedarah Belanda-Indonesia lainnya, Xiamaro Thenu dan Kaya Symons, bahkan mewarnai musim 2021/2022 dengan trofi Terborg Toernooi yang merupakan turnamen kelompok usia yang mengundang banyak akademi tim-tim top dunia.

Tottenham Hotspur, Palmeiras, Fluminense, Borussia Monchengladbach, dan FC Midtjylland mengirimkan wakil namun Vitesse yang keluar menjadi juaranya.


1. Sosok yang Dinantikan?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Melihat potensi besar yang dimiliki oleh Jim Croque, PSSI pun kemudian bergerak sigap untuk membujuknya membela timnas Indonesia.

Terutama sang remaja sama sekali belum pernah punya pengalaman sama sekali bersama sangara Belanda di kelompok umur berapapun.

Baca Juga

Pada medio April 2022 lalu salah satu exco PSSI, Hasani Abdulgani, sudah melakukan kontak langsung dengan keluarga Croque.

Ayah dari Jim Croque, Raymond Croque, yang menjadi pembawa gen Indonesia untuk sang wonderkid sangat mendukung jika putranya mau membela timnas Indonesia.

Jika nantinya bisa menembus level senior bersama Merah-Putih, maka Croque akan jadi aset yang luar biasa berharga.

Baca Juga

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat mengidamkan sosok penyerang tengah murni yang bisa memberikan garansi gol.

Sang juru taktik asal Korea Selatan kerap mengeluhkan minimnya stok 'nomor 9' bagi timnya karena klub-klub Indonesia terlalu bergantung pada striker asing untuk berkompetisi.

Baca Juga

Jim Croque bisa menjadi oase penghapus dahaga untuk timnas Indonesia apabila perkembangan bakatnya terus berlanjut. Bersama Ronaldo Kwateh, ke depannya mereka dapat menjadi duet andalan masa depan.

Diharapkan Vitesse Arnhem pun akan terus dengan sabar memainkannya untuk suatu saat nanti mengisi skuat senior mereka.


2. Ezra Ungkapkan Alasan Bela Timnas Indonesia

Ezra Walian.

Pesepak bola Ezra Walian buka-bukaan mengenai alasannya mau naturalisasi menjadi WNI dan main di Timnas Indonesia.

Tak laku di Belanda? Sebagaimana diketahui, Ezra Walian adalah salah satu pemain naturalisasi yang datang berdasarkan garis keturunan, walaupun ia awalnya tidak bermain di Liga Indonesia.

Ezra Walian sudah mengikuti prosedur untuk naturalisasi sejak tahun 2017 lalu, hanya saja progresnya sempat mangkrak.

Pasalnya, Ezra tercatat pernah membela Timnas Belanda untuk kelompok usia muda. Umumnya, pemain yang sudah pernah main di Timnas, tak bisa berpindah warga negara.

Namun, setelah banyak perdebatan dan melalui proses yang panjang, Ezra Walian akhirnya mendapatkan statusnya sebagai warga negara Indonesia pada 2021 lalu.

Baca selengkapnya: Ezra Walian Buka-bukaan Alasan Mau Naturalisasi jadi WNI, Tak Laku di Belanda?

Liga EuropaEredivisie BelandaVitesse ArnhemTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongJim Croque

Berita Terkini