x

2 Bobotoh Meninggal, Menpora Minta PSSI dan PT LIB Lakukan Investigasi

Sabtu, 18 Juni 2022 17:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua suporter Persib Bandung, Sabtu (18/6/22).

Dua suporter Persib diketahui meninggal dunia ketika hendak mendukung tim kesayangannya bertanding melawan Persebaya Surabaya. 

Baca Juga

Panggungnya adalah lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6/22). Atas insiden ini, Menpora mengucapkan duka cita mendalam.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepak bola di Bandung saat menyaksikan pertandingan Persib vs Persebaya," imbuh Zainudin Amali, Sabtu (18/6/22).

"Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal, pertandingan sepak bola baru saja diizinkan untuk dihadiri penonton langsung di stadion," tambah Amali di Jakarta.

Baca Juga

Atas kejadian ini, Zainudin Amali pun meminta kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara untuk melakukan investigasi.

"Harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

Baca Juga

Menpora Amali meminta PSSI dan PT LIB untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya dengan keamanan lebih diintensifkan, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi kelak.

"Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena  pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan," harapnya.


1. Gara-gara Antrean Membludak

Bobotoh menyaksikan laga perdana Persib di Piala Presiden 2022 menghadapi Bali United, di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12-06-22)

Sebelumnya, kabar duka datang dari laga sengit Persib Bandung vs Persebaya dalam lanjutan turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Presiden 2022. 

Dua Bobotoh, sebutan suporter Persib, dikabarkan meninggal dunia dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6/22).

Baca Juga

Kabarnya, kejadian bermula dari antrean penonton Stadion GBLA yang membludak, sehingga mereka harus berdesak-desakan untuk masuk.

Baca Juga

Tercatat dua Bobotoh meninggal dunia setelah berdesak-desakan di pintu masuk Stadion GBLA. Antusias besar memang terlihat dalam laga Persib kontra Persebaya, dengan ribuan penonton yang membanjiri venue.


2. Kronologi Meninggalnya 2 Bobotoh

Manajemen Persib Bandung melayat ke rumah duka Bobotoh.

Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C turnamen pramusim Piala Presiden 2022, Jumat (17/6/22), berselimut duka. 

Pasalnya, dua orang Bobotoh meninggal dunia menjelang pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Mereka adalah Ahmad Solihin asal Bandung dan Sopiana Yusuf (Bogor).

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengunjungi rumah duka salah satu korban di Gang TVRI RT 02/03, Kelurahan Cibaduyut Wetan, Kota Bandung, Sabtu (18/6/22).

Baca Juga

Aswin lantas membeberkan kronologi kejadian di Stadion GBLA. Antusiasme penonton yang hendak menyaksikan duel Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya menjadi salah satu faktor.

Bahkan suporter yang datang ke Stadion GBLA berasal dari berbagai daerah. Pihak kepolisian sudah berupaya mengamankan pertandingan tersebut dengan maksimal.

Baca Selengkapnya

Persib BandungPSSIBobotohPiala PresidenMenporaLiga IndonesiaBola IndonesiaZainudin AmaliOne FootballPiala Presiden 2022

Berita Terkini