x

Diam-diam, Zahra Muzdalifah Eks Persija Selangkah Lagi Gabung Klub Inggris

Minggu, 19 Juni 2022 12:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Persija Jakarta, Putri Zahra Muzdalifah jadi bintang kemenangan 2-1 atas Persib Bandung. Bomber imut itu mencetak brace dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Rabu (09/10/19).

INDOSPORT.COM - Diam-diam, Zahra Muzdalifah eks Persija Jakarta Putri, akan main di luar negeri dan bergabung dengan salah satu klub sepak bola asal Inggris.

Menyebut nama Zahra Muzdalifah, tentu akan terkenang dengan seorang pesepak bola putri kebanggaan Indonesia, seorang penyerang enerjik Timnas Wanita Indonesia.

Baca Juga

Tak hanya di Timnas, Zahra Muzdalifah juga bersinar bersama Persija Jakarta Putri di kompetisi Liga 1 Putri, dan membela DKI Jakarta dalam PON Papua 2020 lalu.

Dengan kejeniusan Zahra di lapangan hijau, banyak yang berharap agar pesepak bola 21 tahun itu melanjutkan karier di luar negeri, di mana sepak bola wanitanya sudah maju.

Sayangnya, asa itu tak kunjung terwujud, apalagi saat Zahra mendapat tawaran main di luar negeri, pandemi Covid-19 langsung melanda sebagian besar negara di dunia.

Baca Juga

Zahra harus bersabar sampai akhirnya pandemi mereda. Kini, ia sudah mendapat angin segar, ada klub yang minat padanya.

Hal itu ia sampaikan saat penutupan turnamen Piala Gubernur DKI 2022. Zahra mengaku ini adalah turnamen terakhirnya, sebelum melanjutkan karier di luar negeri.

"Sebenarnya ini debut aku bertanding sebelum berangkat (main di luar negeri), makanya tadi bener-bener kayak target banget, juara juara juara," ungkap Zahra.

Baca Juga

Sayangnya, klub yang ia bela, Putri Benteng Muda Indonesia Football Academy (BMIFA) harus puas bertengger di posisi ketiga.


1. Zahra: Semoga Ada The Next Bintang Sepak Bola Putri

Aksi penyerang Timnas Putri Indonesia Zahra Musdalifah pada laga uji coba melawan Persib di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (13/01/22). Timnas menang 10 gol tanpa balas.

Walau Putri BMIFA harus finis di peringkat ketiga Piala Gubernur DKI 2022, tapi Zahra Muzdalifah mengaku bersyukur tetap bisa bermain sepak bola untuk menjaga kondisi.

"Mungkin Tuhan pengen aku nunduk dulu sebelum ke luar (negeri). Mungkin kita dapat peringkat tiga itu ada manfaatnya juga dari Tuhan," ucap Zahra Muzdalifah.

Baca Juga

"Selama aku nggak kena cedera atau apa, itu sudah alhamdulillah sih menurut aku. Tapi ya benar, ada planning mau ke luar (negeri) setelah ini, ke UK," lanjutnya.

Sambil malu-malu, Zahra Muzdalifah menyebutkan negara tujuannya, yaitu Inggris. Namun, ia tak menyebut klubnya.

Zahra juga berharap, walaupun setelah ini ia akan bermain di luar negeri, tapi kompetisi sepak bola wanita seperti Piala Gubernur DKI ini terus berlanjut dan dilirik masyarakat.

Baca Juga

"Saya harap semoga konsisten dan selalu ada kompetisi di setiap tahun," ucap Zahra.

"Semoga ada the next bintang (sepak bola putri) ke depannya. Kita semua bintang, tidak ada yang satu, dua, tiga, empat."

"Kita semuanya, perempuan Indonesia yang main sepak bola wanita, kita semuanya bintang, kita semua bisa berprestasi bareng-bareng," pungkasnya.


2. Sekilas Tentang Zahra Muzdalifah

Pemain Persija Jakarta, Putri Zahra Muzdalifah jadi bintang kemenangan 2-1 atas Persib Bandung. Bomber imut itu mencetak brace dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Rabu (09/10/19).

Pesepak bola wanita, Zahra Muzdalifah populer karena ia membela salah satu tim besar, Persija Jakarta, dan juga menjabat sebagai kapten di Timnas Putri Indonesia.

Wanita kelahiran 4 April 2001 itu mulai mengenal dunia sepak bola pada usia tujuh tahun, setelah diperkenalkan oleh ayahnya.

Namun, meski sukses sebagai pesepak bola nasional, Zahra Muzdalifah tidak menomor duakan pendidikan. Ia adalah mahasiswa Komunikasi di Universitas Bina Nusantara.

Beberapa kali Zahra Muzdalifah diundang untuk trial atau bahkan ada tawaran main di klub luar negeri. Namun, sampai saat ini, ia masih menikmati waktunya di Indonesia.

Persija JakartaBola InternasionalTimnas Wanita IndonesiaZahra MuzdalifahTimnas Indonesia PutriLiga 1 PutriPersija Jakarta PutriBerita Liga 1 Putri

Berita Terkini