x

Rapor Impresif Elkan Baggott: Bawa Timnas ke Piala Asia hingga Perpanjang Kontrak di Liga Inggris

Selasa, 21 Juni 2022 16:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Rapor Elkan Baggott sepanjang musim 21/22, mulai dari bawa Timnas Indonesia mentas di Piala Asia hingga perpanjang kontrak di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Melihat rapor penampilan salah satu penggawa Timnas Indonesia, Elkan Baggott, sepanjang musim 21/22, mulai dari bawa skuat Garuda mentas di Piala Asia hingga perpanjang kontrak bersama klub Liga Inggris.

Sepanjang tahun 2022 atau setidaknya hingga bulan Juni ini, penampilan Timnas Indonesia bisa dibilang sangat luar biasa terutama jika melihat pada perubahan ranking FIFA skuat Garuda.

Baca Juga

Di bawah arahan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil merangsek 20 peringkat dari sebelumnya bertengger di urutan 175 kini menjadi 155 di daftar FIFA.

Meningkatnya ranking FIFA Timnas Indonesia sendiri lantaran performa para penggawa Merah Putih yang dalam beberapa ajang internasional sukses meraih kemenangan.

Mulai dari runner up Piala AFF 2020 di awal tahun ini, hingga keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

Skuat Garuda berhasil lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mengandaskan perlawanan Nepal di laga terakhir grup A, Rabu (15/06/22) dengan skor 7-0.

Berkat kemenangan besar ini, Timnas Indonesia pun duduk di peringkat kedua grup A dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik.

Dibalik kegemilangan penampilan Timnas Indonesia sepanjang tahun 2022, peran Shin Tae-yong sebagai pelatih memang layak diberikan pujian, lantaran berkat tangan dinginnya para penggawa Garuda mampu tampil tak terkalahkan.

Baca Juga

Namun selain tangan dingin Shin Tae-yong, kehadiran para pemain yang tampil solid juga jadi kunci keberhasilan. Salah satu nama penggawa yang cukup bersinar di Timnas Indonesia sejauh ini adalah Elkan Baggott.

Pemain berusia 19 tahun tersebut merupakan tembok pertahanan Timnas Indonesia yang tak pernah absen sepanjang gelaran kualifikasi Piala Asia 2023.

Tak hanya bersama Timnas Indonesia, penampilan Elkan Baggott di level klub pun terbilang cukup impresif dan alami perkembangan signifikan selama musim 21/22.


1. Elkan Baggott Bersama Ipswich Town

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Sepanjang musim 21/22, Elkan Baggott mulai mendapat kepercayaan bersama timnya, Ipswich Town, yang mentas di League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

Setelah sempat jalani masa peminjaman ke klub King's Lynn Town yang berkarier di National League North atau kasta keenam Liga Inggris, perlahan tapi pasti Elkan Baggott sukses mencuri perhatian pelatih Ipswich Town.

Baca Juga

Salah satu momen yang jadi titik balik penampilan Elkan Baggott di Liga Inggris adalah peforma impresifnya saat dipercaya tampil pada ajang Professional Development League Two.

Dalam kompetisi untuk tim U-23 Liga Inggris tersebut, Elkan Baggott beberapa kali dipercaya sebagai pemain utama bahkan menjabat sebagai kapten tim.

Bahkan dalam pertandingan melawan Charlton Athletic U23 dan Swansea U23, tim Ipswich Town yang dikomandoi Elkan Baggott sukses menang besar dengan skor 5-1 dan 4-1.

Baca Juga

Berkat ketenangan serta ketangkasannya dalam menghadang serangan lawan bersama tim junior, membuat pelatih utama Ipswich Town mulai memberi kesempatan Elkan Baggott berlatih di tim senior.

Setelah dua pekan ikut latihan bersama di level senior, akhirnya Elkan Baggott sukses jalani debut di tim utama Ipswich Town saat hadapi Rotherham dalam lanjutan pekan ke-43 League One.

Bukan turun sebagai pemain cadangan dan hanya dapat menit bermain sedikit di penghujung laga, Elkan Baggott langsung tampil starter di partai debutnya di Liga Inggris dan bermain penuh hingga 90 menit.

Baca Juga

Namun sayang, penampilan Rotherham yang saat itu sedang berada di peringkat ketiga klasemen tak mampu dihadang Elkan Baggott cs.

Akhirnya, Ipswich Town pun harus terima pil pahit lantaran kalah tapis 1-0 atas tim tuan rumah.

Meski kalah, namun pelatih Kieran McKenna tampak puas dengan performa Elkan Baggott, dan terbukti sang palang pintu Timnas Indonesia tersebut kembali dipercaya sebagai starter saat Ipswich Town menang 4-0 di partai terakhir League One kontra Charlton.


2. Rapor Elkan Baggott di Timnas

Latihan Timnas Indonesia di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Selain alami peningkatan drastis di level klub, performa Elkan Baggott pun cukup impresif kala memperkuat Timnas Indonesia sejak gelaran Piala AFF 2020 lalu.

Total hingga berakhirnya babak kualifikasi Piala Asia 2023, pemain yang juga memiliki darah Thailand itu sukses catatkan 10 laga dengan torehan 2 gol di semua kompetisi.

Baca Juga

Bahkan satu golnya di babak kualifikasi Piala Asia 2023, terbilang sangat sensasional lantaran diciptakan lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Berkat rapor gemilang di Timnas Indonesia plus progress cukup positif di musim 21/22, tak heran jika Elkan Baggott resmi mendapat perpanjangan kontrak bersama Ipswich Town.

Selepas membawa Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023, laman resmi klub mengumumkan bahwa Elkan Baggott akan terus bersama Ipswich Town selama tiga tahun mendatang atau hingga musim 2025.

Lantas dengan jaminan kontrak panjang bersama Ipswich Town, mampukah Elkan Baggott melanjutkan performa impresifnya musim depan serta membawa Timnas Indonesia lolos dari penyisihan grup Piala Asia 2023? Menarik dinantikan

Timnas IndonesiaIpswich TownPiala Asia 2023Liga InggrisBola InternasionalPiala AsiaBakat Muda IndonesiaElkan BaggottPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini