x

Diminta Lanjutkan Karier Sepak Bola di Liga Eropa, Begini Jawaban Menohok Jordi Amat

Minggu, 26 Juni 2022 11:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, memberikan jawaban menohok usai diminta melanjutkan karier sepak bola di Liga Europa.

INDOSORT.COM – Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, memberikan jawaban menohok usai diminta melanjutkan karier sepak bola di Liga Europa.

Seperti diketahaui, pemain keturunan Spanyol itu belum mempunyai klub usai meninggalkaan klub Belgia, KAS Eupen, dengan status bebas transfer.

Baca Juga

Namun demikian, Jordi Amat belum membuat keputusan terkait klub barunya musim depan.

Bahkan, walau dikabarkan tak sepi peminat, keputusan soal klub barunya membuat mantan peman Real Betis itu galau.

Dengan Jordi Amat sebentar lagi bakal membela Timnas Indonesia, Jordi Amat banyak dikaitkan dengan minat dari sejumlah klub di Asia.

Baca Juga

Salah satu rumor paling kencang belakangan ini ialah Jordi Amat bakal bergabung dengan klub di Liga Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Akan tetapi, rumor tersebut diharapkan tidak menjadi kenyataan. Para penggemarnya yang notabene pendukung Timnas Indonesia justru berharap Jordi Amat bisa bertahan di Eropa.

Dengan ramainya taggar #StayinEurope bergema di kolom komentar pada beberapa unggahannya di Instagram, Jordi Amat akhirnya buka suara melalui Insta Story, Sabtu (25/06/22).

Baca Juga

Melalui unggahan tersebut, Jordi Amat memang tidak membocorkan klub yang akan jadi pelabuhan barunya.


1. Jordi Amat Tegaskan Liga Eropa dan Asia Tak Berbeda

Jordi Amat tiba di Jakarta.

Namun demikian, Jordi Amat menegaskan bahwa sebenarnya sepak bola di Eropa dan di Asia sama saja, tidak ada bedanya.

Di Eropa ada banyak klub besar dan berkualitas, demikian juga dengan yang ada di Asia. Selain itu, Jordi Amat menilai bahwa sepak bola di Asia sudah berkembang begitu cepat.

Baca Juga

“Banyak orang mengirim pesa kepada saya  #stayineurope,” tulis mantan pemain Real Betis itu.

Jordi Amat masih berkarier di Eropa.

“Saya telah bermain di Eropa di sepanjang karier saya, ada beberapa liga terbaik di dunia itu memang benar,” lanjutnya.

“Tetapi juga khususnya di Asia, Anda harus bangga dengan apa yang Anda lakukan di Asia, di sana ada banyak tim hebat, liga hebat, dan sepak bola berkembang pesat di Asia,” pungkasnya.

Jordi Amat lahir dan besar di Spanyol, negara yang merupakan salah satu kiblat sepak bola di Eropa. Dia memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Makassar.

Baca Juga

Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut punya CV yang cukup mentereng. Dia pernah mencicipi atmosfer Liga Inggris hingga menikmati persaingan di Liga Belgia.

Merujuk dari data di Transfermarket, RCD Espanyol merupakan klub pertama yang dibela Jordi Amat. Kebetulan dia lahir di Canet de Mar, sebuah kota di Catalunya.

Usia menimba ilmu di Espanyol, Jordi Amat akhirnya naik kasta ke tim senior. Per 1 Februari 2010, dia sempat tampil di tim utama Espanyol dan mentas di La Liga, kasta tertinggi Liga Spanyol.

Baca Juga

Dia melanjutkan kariernya ke Rayo Valecano. Swansea merupakan klub ketiga yang pernah dibela Jordi Amat, disusul Real Betis sebelum berlabuh ke KAS Eupen antara 2019 dan 2022.

Jordi Amat juga mendapat kesempatan membela Timnas Spanyol kelompok usia. Dia bermain untuk Spanyol U-19, U-20 dan U-21.


2. Jordi Amat Tunggu Proses Naturalisasi

Elkan Baggott, Jordi Amat dan Marc Klok Berlatih Bersama Timnas Indonesia

Jordi Amat sendiri merupakan salah satu pemain yang masuk dalam program naturalisasi PSSI. Selain Jordi Amat, tiga pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Menurut update terbaru dari EXCO PSSI, Hasani Abdulgani, dokumen untuk naturalisasi ketiga pemain ini kini sudah lengkap namun kini masih tertahan di Sekretaris Negara (Sekneg).

Nantinya berkas Jordi Amat cs akan diproses dan diteruskan ke DPR untuk diminta persetujuan. Setelah itu kembali lagi ke Sekneg untuk dikeluarkan Kepres.

Baca Selengkapnya

Bursa TransferNaturalisasiBola InternasionalBerita TransferBerita Bursa TransferBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini