x

Timnas Minta Lawan Negara Peringkat 50-100 FIFA, Vietnam dan Arab Saudi Jadi Favorit

Minggu, 26 Juni 2022 22:09 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Melihat respons para netizen Tanah Air usai keputusan pelatih Timnas Indonesia yang meminta lawan tanding dengan negara berperingkat 50 hingga 100 FIFA. Siapa lawan yang cocok buat skuat Garuda?

Beberapa waktu lalu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang sempat melontarkan permintaan khusus kepada PSSI selaku federasi sepak bola di Indonesia. 

Baca Juga

Permintaan khusus Shin Tae-yong tersebut berkaitan dengan calon lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday yang berlangsung pada September mendatang.

Shin Tae-yong meminta kepada PSSI untuk mencarikan calon lawan timnas Indonesia yang peringkatnya jauh di atas, antara rangking 50-100.

Sejauh ini, Shin Tae-yong masih belum diketahui kandidat lawan buat timnas Indonesia. Semuanya masih dalam tahap komunikasi dengan PSSI.

Baca Juga

"Memang masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencarikan tim peringkat 50 sampai 100," kata Shin Tae-yong, Jumat (24/6/22).

Terkait permintaan Shin Tae-yong, Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI setuju. Dia merasa timnas Indonesia harus menjajal negara level dunia di atas mereka.

Timnas Indonesia sendiri kembali mengalami kenaikan peringkat. Skuat Garuda menduduki peringkat ke-155, naik empat anak tangga dari 159.

Baca Juga

"Kami lihat nanti pertandingannya lawan siapa, yang jelas kamu belum menentukan siapa (lawannya)," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan. 

"Saya minta ke Dirtek (Indra Sjafri) dan tim kepelatihan bahwa lawan timnas harus ranking atas. Dari situ nanti hasilnya akan bagus, nanti sebagai pengalaman karena poinnya lebih tinggi juga," pungkasnya.


1. Lawan Idaman Versi Netizen

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Melansir dari laman resmi FIFA per bulan Juni 2022 ini, negara yang berada di urutan 50 hingga 100 masih dihuni oleh sejumlah timnas yang cukup familiar.

Dari kawasan Asia misalnya, ada sejumlah tim yang jadi langganan di gelaran Piala Asia seperti Arab Saudi, Iraq, Uzbekistan, China hingga Yordania.

Baca Juga

Sementara untuk zona Eropa, ada negara-negara papan tengah sekelas Bosnia, Slovakia, Makedonia Utara hingga Bulgaria.

Berkaca dari fakta tersebut, para netizen Tanah Air pun mulai berikan opini terkait calon lawan yang sesuai dan pas dengan kriteria Shin Tae-yong.

Terpantau dari kolom komentar akun Instagram INDOSPORT, negara-negara dari kawasan Asia seperti Arab Saudi hingga Vietnam dianggap cocok sebagai lawan tanding timnas.

Baca Juga

“Vietnam peringkat 97,” ucap @sabarwidayanto

“Yordania, Palestina, Vietnam,” tambah @ffdhil__

“Lawan Vietnam dan atau Thailand aja dulu, baru coba yang lebih,” tulis @az_estu

Baca Juga

“Kalo Bisa lawan Arab Saudi, Lebanon, oman atau Vietnam,” jelas @firdaus_8420

“Lawan El Salvador, Uzbekistan, Arab Saudi,” tulis @michaelazhar93

Sebagai informasi, Vietnam yang sama-sama berada di zona Asia Tenggara memang sukses menembus peringkat 100 besar FIFA.

Tercatat, skuat arahan Park Hang-seo tersebut sedang bertengger di urutan 97 dengan perolehan 1218.84 poin.

Peringkat tersebut merupakan yang paling tinggi dari seluruh negara peserta ASEAN, termasuk mengungguli Thailand yang hanya menempati urutan 111 dengan 1170.69 poin.

Sementara Arab Saudi yang baru raih dua kemenangan sepanjang tahun 2022 ini, turun 4 peringkat ke urutan 53 FIFA dengan perolehan 1435.74 poin.


2. Magis Special One: Saat Kritikan Jose Mourinho ke Pemain Timnas Indonesia Mulai Terbukti Benar

Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

Mengingat kembali kritikan yang sempat dilontarkan pelatih AS Roma, Jose Mourinho, kepada para pemain Timnas Indonesia dan telah terbukti benar di masa sekarang.

Jose Mourinho sendiri memang sempat berhadapan dengan para pemain Timnas Indonesia, tepatnya saat sang juru latih masih menukangi klub Liga Inggris, Chelsea.

Baca Juga

Sebagai persiapan untuk tampil di kompetisi resmi, Chelsea melakoni tour Asia dan memilih Indonesia sebagai salah satu destinasi mereka pada tahun 2013 silam.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (25/07/13), tuan rumah turun dengan skuat Indonesia All Stars bersama pelatih Rahmad Darmawan.

Dalam formasinya, Rahmad Darmawan memanggil beberapa pemain Timnas Indonesia senior seperti Kurnia Meiga, Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Ahmad Bustomi, M Roby dan lain-lain.

Baca selengkapnya: Saat Kritikan Jose Mourinho ke Pemain Timnas Indonesia Mulai Terbukti Benar

FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini