x

Lama Tak Terdengar, Wanita Ini Bongkar Kondisi Cedera Sutan Zico Eks Persija

Jumat, 1 Juli 2022 11:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Sutan Zico penggawa Timnas Garuda Asia.

INDOSPORT.COM - Lama tak terdengar kabarnya, rupanya Sutan Diego Armando Ondriano Zico tengah menderita cedera. Kondisi ini diungkapkan oleh Alya Nadira.

Sebagaimana diketahui, Sutan Zico ialah salah satu jebolan timnas Indonesia U-16 dan U-19, hingga Program Garuda Select. Saat ini ia tercatat sudah berusia 20 tahun.

Baca Juga

Namun, ketika rekan seangkatannya seperti Bagas Kaffa, Brylian Aldama, Ernando Ari, Andre Oktaviansyah, kini sudah menjadi andalan di Liga 1, Sutan Zico justru vakum.

Padahal, Sutan Zico pernah menjadi top skorer di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Ia juga kerap mencetak gol saat memperkuat Garuda Select angkatan pertama di Inggris.

Sutan Zico pernah menjadi bagian Persija Jakarta, salah satu klub besar di Indonesia. Namun, ia tak bisa menembus skuat senior Persija Jakarta, hingga akhirnya mengikuti trial di klub Liga 2, AHHA PS Pati (PSG Pati).

Baca Juga

Belakangan, Sutan Zico diperkenalkan sebagai rekrutan anyar Persik Kediri, tapi ia juga tak bergabung dalam sesi pemusatan latihan yang dipimpin pelatih Javier Roca.

Usut punya usut, rupanya Sutan Zico masih menderita cedera. Terakhir kali ia bermain di laga uji coba, dan mencetak satu gol ke gawang klub Liga 3, Persipasi Bekasi.

Baca Juga

Diketahui, Sutan Zico mengalami cedera Medial Collateral Ligament (MCL) di bagian lutut, bahkan ia disarankan untuk operasi.

Hanya saja, Sutan Zico nampaknya memilih untuk menjalani pengobatan alternatif dan tidak operasi, sehingga saat ini ia sesekali bergabung dalam sesi latihan Persik Kediri.


1. Alya Nadira Usul Tak Perlu Operasi

Sutan Zico tampak lesu usai dikalahkan Australia.

Kondisi cedera Sutan Zico baru-baru ini dibongkar oleh sahabatnya, Alya Nadira, mantan perenang nasional Indonesia, dan juga istri dari pesepak bola Reva Adi Utama.

Alya Nadira mengungkapkan kondisi cedera Sutan Zico, dan mengapa mantan pemain Persija Jakarta itu enggan untuk operasi.

Baca Juga

"Zico itu MCL, tapi alhamdulillah yang tadinya harus operasi, kita ikhtiar dulu di fisio terbaikku dan Reva di sini," ungkap Alya Nadira, sebagai mantan atlet nasional.

"Nyatanya bisa sembuh, karena apa-apa nggak selalu operasi sebenernya. Ya pro kontra sih, tapi kalau aku tim apa-apa nggak harus operasi," jelas Alya lagi.

Baca Juga

"Aku bakal suggest orang terdekat untuk terapi dulu selama masih bisa ya, selama dapat fisio yang jujur dan pintar, insya Allah kalau sabar bisa sembuh tanpa operasi."

Melalui unggahan di Instagram Story, Alya Nadira juga mengunggah potret Sutan Zico saat melakukan pemeriksaan paska cedera.

Baca Juga
Update kondisi Sutan Zico paska cedera MCL

"Day 3 no tongkat alhamdulillah sudah jalan, cuma trauma masih, penguatan is a must," tulis Alya Nadira di Instagram @nzalya.


2. Sederet Prestasi Sutan Zico

Selebrasi Sutan Zico setelah berhasil mencetak gol pertama Timnas Indonesia vs Persikabpas Pasuruan, Senin (22/7/19).

Juara Liga Kompas Gramedia U-12, 2016/17 bersama Bina Taruna.

Juara Piala Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam

Juara Piala Jenesys 2018 di Jepang

Juara Piala AFF U-16 2018

Top Skor Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Persija JakartaTimnas Indonesia U-16CederaLiga IndonesiaSutan ZicoAlya Nadira

Berita Terkini