x

Optimis Tinggi! Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Rebut Gelar Juara Piala AFF U-19

Jumat, 1 Juli 2022 20:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong membidik gelar juara pada gelaran Piala AFF U-19 2022 yang mulai bergulir akhir pekan nanti.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 akan bertanding di Piala AFF U-19 2022. Event ini dijadikan sebagai momen persiapan skuat Garuda muda untuk hadapi gelaran Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Pada ajang Piala AFF U-19 2022 ini, skuat Garuda Nusantara tergabung di grup A dan akan bersaing dengan dengan Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Timnas U-19 Indonesia ini bakal langsung menghadapi Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19 yang bergulir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (02/07/22).

Menatap perhelatan Piala AFF U-19, Shin Tae-yong selaku pelatih tentu menargetkan gelar juara untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Target saya selalu juara. Itu sangat baik dan itu bisa menjadi hal positif," ucap Shin Tae-yong di Jakarta.

Namun memang ada hal yang lebih penting bagi Shin Tae-yong di luar gelar juara yang akan didapat.

Dimana dalam usia pemain yang rata-rata di bawah 19 tahun, Shin Tae-yong menilai penampilan pemainnya masih akan berubah-ubah.

Baca Juga

"Tetapi ini usia-usia masih muda dan setiap bulannya performa setiap pemain bisa berubah," ungkap Shin Tae-yong.

"Usia-usia segitu memang seperti itu, jadi terlalu pressure juga buat pemain itu bisa jadi beban bagi pemain, sehingga tidak bisa menunjukkan performa terbaik," pungkasnya.


1. Pujian Buat Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Meski mengusung misi tinggi yakni menjuarai Piala AFF U-19 2022, namun Shin Tae-yong sempat mendapat sorotan usai gagal membawa Timnas Indonesia U-19 raih kemenangan di laga uji coba.

Timnas Indonesia U-19 telah melakukan uji coba dua kali melawan Persija Jakarta dan satunya melawan Bhayangkara FC.

Baca Juga

Melihat hasil uji coba tersebut, Shin Tae-Yong mengaku sedikit kecewa karena para penggawa Garuda Nusantara hanya mampu meraih hasil imbang 0-0 melawan Persija dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC.

Dua hasil yang kurang memuaskan tersebut memancing keragu-raguan dan kritikan dari para pendukung Timnas.

Padahal, turnamen Piala AFF U-19 ini digadang-gadang menjadi ajang persiapan Garuda Nusantara sebelum mereka menuju putaran final Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Baca Juga

Namun, bertentangan hasil dan kritikan negatif terhadap Timnas U-19, pelatih Shin Tae-Yong justru menyatakan pendapat yang berbeda.

“Saya sangat senang degan kinerja para pemain karena mereka fokus pada tim. Mereka baru beberapa hari dan mereka telah meningkat secara signifikan,” ujar Shin Tae-Yong dilansir dari The Tao.

Tak hanya sang pelatih yang masih merasa optimis, bahkan media dari negara tetangga yakni The Tao, juga menganggap bahwa Timnas Indonesia U-19 berpotensi buat kejutan di Piala AFF U-19 2022 nanti.

Baca Juga

Media asal Vietnam tersebut juga tanpa ragu menyebut partai pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam melawan Timnas Indonesia menjadi pertandingan yang berat. 


2. Vietnam Lontarkan Kritik soal Stadion Patriot, Begini Jawaban STY

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, angkat suara terkait keluhan Timnas Vietnam perihal jauhnya jarak lokasi dari hotel menuju Stadion Candrabhaga lokasi pertandingan Piala AFF U-19, Jumat (01/07/22).

Sejumlah media Vietnam memang melontarkan kritik terkait fasilitas yang didapat oleh Timnas Vietnam jelang pertandingan Piala AFF U-19 di mana salah satunya lokasi Stadion Patriot Candrabhaga yang dinilai terlalu jauh dari tempat mereka menginap.

Baca Juga

Media Vietnam The Thao 247 pada Kamis (01/07/22) menerbitkan artikel yang berisi ketidak puasan timnas Vietnam U-19 dengan fasilitas hotel, jarak tempuh ke stadion, serta kualitas lapangan yang disuguhkan Indonesia.

The Thao 247 menyinggung jarak hotel Timnas Vietnam ke venue yang cukup jauh. Mereka disebut butuh waktu 50 menit untuk berkendara dari hotel yang terletak di Jakarta ke stadion yang berada di Bekasi.

Tak hanya jarak yang jauh, kondisi rumput Stadion Patriot juga menuai kritik karena dinilai memiliki permukaan yang tidak rata.

Baca selengkapnya: Vietnam Lontarkan Kritik soal Stadion Patriot, Begini Jawaban STY

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini