x

Piala AFF U-19: Media Vietnam Sebut Negaranya Bawa ‘Bom’ saat Lawan Timnas Indonesia

Sabtu, 2 Juli 2022 09:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Vietnam disebut-sebut akan diperkuat tiga pemain yang siap membuat tuan rumah Timnas Indonesia hancur lebur dalam laga pembuka Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Vietnam disebut-sebut akan diperkuat tiga pemain yang siap membuat tuan rumah Timnas Indonesia hancur lebur dalam laga pembuka Piala AFF U-19 2022.

Kompetisi kelompok usia muda se-Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022 akan segera dimulai. Turnamen ini akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2 -15 Juli 2022.

Baca Juga

Vietnam merupakan salah satu negara peserta yang ambil bagian di ajang ini. Timnas Vietnam U-19 tergabung di A bersama tuan rumah Indonesia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Tim besutan Dinh The Nam akan memulai perjuangan di fase grup Piala AFF U-19 2022 melawan Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong hari ini, Sabtu (02/07/22) di Stadion Patriot, Bekasi.

Jelang pertandingan tersebut, Lao Dong melalui sebuah artikel yang terbit pada hari Sabtu menjabarkan kekuatan Timnas Vietnam U-19 dalam menghadapi tuan rumah yang diasuh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Menurut media tersebut, kekuatan Timnas Vietnam U-19 nantinya akan bertumpu pada tiga pemain yang pernah bermain di level Timnas U-23.

Ketiga pemain tersebut yakni Van Khang, Nguyen Van Truong dan Nguyen Quoc Viet diharapkan bisa menjadi X-Factors untuk memberi kejutan bagi Timnas Indonesia.

“Trio Van Khang, Van Truong dan Quoc Viet yang pernah bermain untuk Vietnam U23 diharapkan bisa membawa “booming” bagi Vietnam U-19 dalam laga melawan Indonesia U-19,” tulis media asal Vietnam ini.

Baca Juga

Ketiga pemain ini diklaim oleh Laodong memiliki banyak pengalaman internasional di dalam skuat. Mereka bakal menjadi tambahan amuni bagi Timnas Vietnam U-19 berjaya di Piala AFF U-19.

Duo Khuat Van Khang dan Nguyen Van Truong, khususnya, diketahui baru saja memperkuat Vietnam U-23 di putaran final Piala Asia U-23 2022.


1. Timnas Indonesia U-19 Bukan Lawan yang Mudah

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Meski Vietnam U-23 akhirnya gagal menembus babak final turnamen tersebut, namun kedua pemain tersebut mampu memberi kesan tertentu pada performanya.

Sedangkan  Nguyen Quoc Viet, yang juga pemain Vietnam U-23 lainnya itu membantu tim memenangkan medali emas SEA Games di Hanoi pada Mei lalu.

Baca Juga

Laodong juga menyorot pernyataan pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam, yang mengakui bahwa Timnas Indonesia U-19 bukanlah tantangan yang mudah bagi anak didiknya.

“Pelatih Dinh The Nam dari Vietnam U-19 mengakui kesulitan yang dihadapi timnya. Namun, Vietnam U-19 juga akan memiliki pertandingan yang wajar dengan masing-masing lawan untuk mendapatkan hasil terbaik,” tulis media tersebut.

Baca Juga

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 diperkuat para pemain muda menjanjikan, seperti Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinand. Selain itu, adanya pelatih timnas senior Shin Tae-yong memberi dampak bagi kekuatan tuan rumah.

Sebelumnya, Shin Tae-yong juga menyatakan keputusannya dengan tim racikannya selama persiapan Piala AFF U-19.

Baca Juga

Persiapan memang sudah dilakukan dengan Shin Tae-yong memanggil sejumlah penggawa muda untuk jalani pemusatan latihan di Jakarta sejak tanggal 20 hingga 30 Juni.

Mereka juga sempat menjalani dua laga uji coba melawan klub-klub di Indonesia, yakni  kontra tim muda Persija Jakarta (imbang 0-0) dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. 


2. 'Kutukan' Vietnam di Piala AFF U-19

Logo Piala AFF u19 2022.

Sekedar informasi, prestasi sepak bola Vietnam kurang mentereng dalam sejarah turnamen Piala AFF U-19. 

Buktinya, negara ini  sudah empat kali tersingkir dari babak penyisihan grup, kalah delapan kali di semifinal dan hanya sekali juara usai lima kali mencapai final.

Satu-satunya keberhasilan Vietnam menjadi juara Piala AFF U-19 diraih pada edisi 2007 di kandang sendiri. Saat itu mereka berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.

Timnas IndonesiaBola InternasionalVietnam U-19Timnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini