x

Kalah dari Myanmar dan Laos, Timnas Indonesia Punya Rekor Buruk Jelang Piala AFF Wanita 2022

Senin, 4 Juli 2022 15:53 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia putri masih tertinggal jauh dari negara-negara lain di Asia Tenggara dan dihadapkan dengan rekor buruk jelang Piala AFF Wanita 2022.

INDOSPORT.COM - Sepak bola putri Indonesia tidak bisa dipungkiri masih sangat tertinggal bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Di ajang Piala AFF Wanita 2022, bahkan timnas Indonesia putri masih belum bisa berada dalam satu level dengan Vietnam, Thailand, Myanmar, dan bahkan Laos.

Baca Juga

Piala AFF Wanita sudah digelar 12 kali sejak 2004 namun prestasi Garuda Pertiwi paling banter baru menembus semifinal pada edisi perdana.

Setelah itu kebanyakan timnas Indonesia putri hanya bisa tertahan di fase grup dan hasilnya Merah-Putih punya rekor buruk di turnamen bergengsi se-ASEAN ini.

Dilansir dari The Asean Football, jika semua pertandingan dan poin di Piala AFF Wanita diakumulasikan mama timnas Indonesia putri hanya akan menempati peringkat ketujuh dari 11 negara.

Baca Juga

Padahal daftar tersebut sudah tidak mengikutkan Australia yang baru akan menjadi peserta untuk kali kedua di edisi 2022 semenjak jadi juara di 2008 silam.

Timnas Indonesia putri hanya bisa memainkan 29 pertandingan dengan rekor 5 kali menang, 2 kali imbang, dan 22 kali kalah. Total hanya ada 17 poin yang bisa mereka kumpulkan sementara selisih gol menyentuh angka memprihatinkan, -109.

Hanya ada Singapura, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam di bawah Indonesia dan tidak ada dari keempat negara tersebut yang memang punya keseriusan lebih membina sepak bola kaum hawa lebih jauh.

Baca Juga

Sementara itu Vietnam (143 poin), Thailand (113), dan Myanmar (99) jadi big three yang tak tersentuh saat ini di Piala AFF Wanita.

Ketiga negara juga semua sudah pernah menjadi kampiun. Thailand, seperti timnas prianya, menjadi yang terbaik dengan torehan empat gelar diikuti oleh Vietnam (3) dan Myanmar (2).


1. Skuat Tambal Sulam

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada.

Untuk Piala AFF Wanita 2022 yang digelar di Filipina mulai Senin (04/07/22) ini, timnas Indonesia putri tidak bisa membawa skuat terbaik mereka.

Rudy Eka selaku pelatih terpaksa harus meracik taktik tanpa Shalika Aurelia, pemain berbakat 18 tahun yang saat ini tengah berkiprah di Italia bersama AS Roma.

Baca Juga

Piala AFF Wanita 2022 bukan turnamen resmi yang masuk dalam kalender FIFA sehingga mungkin ada benturan dengan kebijakan klub masalah pemanggilan.

Timnas Indonesia putri juga harus tanpa Zahra Muzdalifah. Pasalnya penyerang 21 tahun tersebut harus berangkat ke Inggris guna menjalani trial selama 16 pekan.

Zahra mendapat kesempatan untuk unjuk gigi bersama South Shields FC dan jika memuaskan nantinya ia bisa mendapat kontrak permanen di sana.

Baca Juga

Demi menutup lubang yang ditinggal oleh keduanya, Rudy banyak membanggil pemain-pemain yang masih sangat hijau. Banyak penggawa Garuda Pertiwi saat ini yang masih berusia remaja.

Contohnya saja Helsya Maeisyaroh (17), Nastacia Suci (16), dan Liza Madjar (16). Ketiganya diharapkan bisa menjadi rekan yang oke untuk para senior mereka seperti Prihatini, Octavianti Dwi, dan Vivi Oktavia.

Baca Juga

Pada Sabtu (02/07/22) lalu timnas Indonesia putri sudah menginjakkan kaki di Manila, Filipina, langsung dihadapkan dengan jadwal sulit.

Di laga pertama Piala AFF Wanita 2022, lawan yang harus diladeni pertama kali di Grup A adalah Thailand. Sementara itu Australia menanti di matchday ketiga.


2. Zahra Muzdalifah Lebarkan Sayap ke Inggris

Pemain timnas Indonesia putri, Zahra Muzdalifah.

Zahra Muzadalifah dipastikan akan jadi talenta timnas Indonesia putri selanjutnya yang akan menjajal berkarier di luar negeri.

Pada Rabu (29/06/22), penyerang berusia 21 tahun tersebut sudah menjalin kesepatan dengan South Shields FC guna menjalani trial atau masa percobaan sebelum direkrut permanen.

Dijadwalkan Zahra melakukan trial di tim asal Inggris tersebut selama 16 pekan. Pemain yang identik dengan nomor pungung 12 itu bakal terbang ke Negeri Ratu Elizabeth tersebut pada Jumat (01/07/22) mendatang.

Mampunya Zahra mendapat tiket trial South Shields berkat adanya kerja sama dengan Asiana Soccer School. Sekolah sepak bola (SSB) tersebut merupakan tempat ia bernaung.

Asiana Soccer School yang akan menanggung semua biaya Zahra selama berada di Inggris. Diharapkan sang dara ayu bisa memetik banyak pelajaran selama di South Shields.

Baca selengkapnya: Bintang Timnas Indonesia Putri , Zahra Muzdalifah Jalani Trial Bersama Kesebelasan Asal Inggris

VietnamThailandMyanmarTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalRudy Eka PriyambadaTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia PutriBerita Timnas IndonesiaPiala AFF Wanita 2022

Berita Terkini