x

Piala AFF U-19: Timnas Indonesia 'Belum Seberapa', Vietnam Disebut Lebih Tertekan Jumpa Thailand

Senin, 4 Juli 2022 11:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Vietnam sebut Vietnam U-19 tampil oke menghadapi timnas Indonesia U-19 di matchday pertama Piala AFF U-19 lalu meski kalah dalam hal fisik.

INDOSPORT.COM - Setelah hanya bisa bermain imbang tanpa gol di matchday pertama Piala AFF U-19 2022 kontra timnas Indonesia, Vietnam disebut bakal tertekan saat jumpa Thailand.

Tidak bisa mendapatkan poin penuh di laga perdana diklaim sebagai sebuah kewajaran dan ada tantangan yang lebih berat menanti The Golden Star Warriors muda dalam wujud Thailand.

Baca Juga

Opini tersebut diutarakan oleh media asal Vietnam, Soha, yang menyebut Vietnam U-19 tampil lumayan oke kala dijamu Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga pada Sabtu (02/07/22) lalu.

Soha menuliskan dalam artikel mereka jika di awal pertandingan, Vietnam menunjukkan taktik pressing yang apik untuk ukuran tim yang persiapannya tidak sematang Timnas Indonesia.

Bintang berusia 17 tahun, Nguyen Dinh Bac, dianggap sebagai pemain paling menonjol dari skuat asuhan pelatih Dinh The Nam dari sektor penyerang.

Baca Juga

Pemain milik Quang Nam FC tersebut tidak hanya mengkreasikan dua peluang matang untuk rekan-rekannya tetapi juga nyaris menjebol gawang kawalan Cahya Supriadi andai tembakannya tidak membentur tiang.

Soha juga menggarisbawahi sejumlah catatan apik dari Timnas Indonesia. Anak-anak arahan Shin Tae-yong mereka anggap cerdas dalam memanfaatkan serangan balik.

Vietnam memang menerapkan garis pertahanan tinggi dan celah ini beberapa kali membuat Ronaldo Kwateh punya kans bikin gol namun sayang wonderkid milik Madura United itu juga bermasalah finishing-nya.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 juga dipuji Soha kala mereka bisa menjadi tim yang lebih superior saat memasuki fase akhir pertandingan dimana biasanya kelelahan menjadi musuh tambahan.

Garuda Muda tetap prima meski sudah berlari selama nyaris 90 menit dan itu adalah nilai plus yang wajib diapresiasi.


1. Tekanan Lawan Thailand

Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh, tengah menyundul bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Dengan hanya satu poin yang didapat dari laga pembuka, Soha menilai jika Vietnam akan merasakan tekanan dan beban yang lebih masih di laga-laga selanjutnya.

Vietnam masih harus menghadapi banyak lawan kuat seperti Filipina, Myanmar, dan terutama Thailand yang menunggu di matchday pemungkas.

Baca Juga

Laga tersebut bisa saja menjadi penentu lolos atau tidaknya Negeri Kopi ke semifinal nantinya. Bagi mereka kelolosan adalah harga mati.

Walau dikategorikan sebagai tim kuat, namun Vietnam di Piala AFF U-19 belakangan ini selalu dihantui tren buruk di mana mereka selalu terhenti di fase grup.

Baca Juga

Di edisi 2017, 2018, dan 2019 Vietnam tidak sanggup melaju ke empat besar dan akhirnya hingga kini baru punya satu gelar saja yang mereka raih di 2007 silam.

Walau harus bersaing dengan timnas Indonesia dan Thailand sekalipun, Vietnam sama sekali tidak boleh pulang terlalu dini lagi namun mereka tidak perlu cemas.

Baca Juga

Penampilan yang mereka tunjukkan di Bekasi tempo hari sudah jadi gambaran soal kualitas taktik racikan Dinh The Nam.

Timnas Indonesia sebaiknya fokus untuk lolos dari fase grup Piala AFF U-19 2022 dan segera memperbaiki diri karena besar peluang mereka akan kembali jumpa Vietnam di fase gugur.


2. Vietnam Dianggap Boros Peluang di Piala AFF U-19

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

Media Vietnam merasa jengkel dengan tim nasionalnya yang banyak membuang peluang di laga kontra timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022, Sabtu (02/07/22).

Sebanyak tiga pertandingan tersaji di laga perdana Grup A ajang Piala AFF U-19 2022 telah sukses digelar pada Sabtu (02/07/22) kemarin.

Tiga pertandingan seru Grup A tersebut ialah Myanmar vs Brunei Darussalam, Thailand vs Filipina dan Vietnam vs imnas Indonesia U-19.

Salah satu duel seru yang menjadi sorotan ialah antara Vietnam vs imnas Indonesia U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga.

Menghadapi tuan rumah dengan dukungan suporter nyata, membuat Vietnam sedikit ketar-ketir karena mereka lebih banyak bermain bertahan.

Baca selengkapnya: Gagal Kalahkan Indonesia U-19, Media Vietnam Jengkel Timnasnya Sering Buang Peluang

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalVietnam U-19Timnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini