x

Deretan Pelatih Terbaik PSG di Bawah Rezim Qatar: Pochettino Lebih Baik dari Ancelotti!

Selasa, 5 Juli 2022 21:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mauricio Pochettino resmi cipecat Tottenham

INDOSPORT.COM – Berikut deretan kiprah pelatih Paris Saint-Germain di bawah rezim Qatar seiring dipecatnya Mauricio Pochettino.

Mauricio Pochettino harus menerima dirinya menjadi korban Paris Saint-Germain selanjutnya usai dipecat oleh Qatar Sport Investments (QSI) selaku pemilik.

Baca Juga

Melalui sang Presiden, Nasser Al-Khealifi, pelatih asal Argentina itu harus dilengserkan usai gagal membawa Paris Saint-Germain meraih kejayaan di Eropa.

Sejak didapuk sebagai pelatih pada 2021 lalu, Pochettino hanya mampu membawa PSG meraih kejayaan di kancah domestik saja.

Kekalahan dari Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions musim 2021/22 lalu pun menjadi puncak amarah pemilik PSG kepada Pochettino.

Baca Juga

Karenanya, eks pelatih Tottenham Hotspur pun harus menerima dirinya bernasib sama dengan pelatih PSG lainnya yakni pemecatan.

Padahal, Pochettino sendiri masih terikat kontrak hingga 2023 dengan PSG. Meski demikian, Les Parisiens memutuskan untuk memecatnya dan membayar pesangon.

Pochettino yang dipecat pun menambah panjang daftar pelatih yang pernah didepak oleh PSG selama di bawah rezim Qatar.

Baca Juga

Setidaknya, sudah ada beberapa pelatih kenamaan dunia yang dipecat oleh PSG sebelum Pochettino di musim panas 2022 ini.

Lantas, siapakah pelatih terbaik PSG di bawah rezim Qatar? Berikut daftarnya.


1. Pelatih Terbaik PSG

Unai Emery memberikan pernyataan usai PSG kalah dari Barcelona.

1. Unai Emery

Jika membicarakan rasio kemenangan, maka Unai Emery bisa dikatakan pelatih terbaik PSG selama dimiliki oleh rezim Qatar.

Unai Emery menjabat selama hampir dua tahun di PSG, yakni sejak Agustus 2016 hingga akhirnya mangkat dari kursi kepelatihan Les Parisiens pada Mei 2018.

Baca Juga

Selama menukangi PSG, pelatih yang kini menukangi Villarreal itu mampu mempersembahkan tujuh gelar domestik, yakni satu gelar liga dan enam gelar trofi domestik.

Emery total memimpin 114 pertandingan di segala ajang dengan rasio kemenangan mencapi 76,32 persen dan mencetak 312 gol serta kebobolan 92 gol saja.

2. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel menjadi pelatih terbaik kedua PSG di bawah rezim Qatar, dengan mencetak rasio kemenangan sebesar 74,8 persen dalam 127 pertandingan.

Selama dua tahun lebih menukangi PSG, yakni sejak Agustus 2018 hingga dipecat pada Desember 2020, Tuchel telah memimpin 127 pertandingan dengan mencetak 337 gol dan kebobolan 103 gol.

Baca Juga

Secara raihan trofi, Tuchel mampu mengungguli Unai Emery dengan mempersembahkan enam trofi, yakni dua gelar Liga Prancis, dan empat gelar domestik.

Bahkan Tuchel mampu mencetak sejarah dengan membawa PSG untuk pertama kalinya menembus final Liga Champions pada musim 2019/20.

3. Laurent Blanc

Laurent Blanc juga tak kalah apik selama menukangi PSG. Tercatat, dirinya menjadi pelatih terlama yang bisa memimpin Les Parisiens di bawah rezim Qatar.

Pelatih berkebangsaan Prancis itu menukangi PSG selama hampir tiga tahun, yakni sejak Agustus 2013, hingga Mei 2016.

Baca Juga

Dalam kurun waktu tersebut, Laurent Blanc memimpin PSG sebanyak 172 pertandingan dengan rasio kemenangan 72,83 persen serta mencetak 391 gol dan kebobolan 126 gol.

Bahkan torehan trofi Laurent Blanc di PSG jauh lebih banyak ketimbang Emery dan Tuchel, yakni tiga gelar Liga Prancis dan delapan gelar domestik seperti Coupe de France, Coupe de la Ligue, dan Piala Super Prancis.


2. Pochettino Ungguli Ancelotti

Ekspresi Kegemibaraan Mauricio Pochettino usai bawa Tottenham lolos final Liga Champions, Kamis (09/05/18),

4. Mauricio Pochettino

Meski singkat, yakni hanya 1,5 tahun menukangi PSG, Mauricio Pochettino berada di urutan keempat pelatih terbaik PSG di bawah rezim Qatar.

Dirinya mampu mempersembahkan tiga gelar bagi PSG, yakni satu gelar Liga Prancis, satu gelar Coupe de France dan satu gelar Piala Super Prancis.

Baca Juga

Selama 1,5 tahun menukangi PSG, Pochettino memimpin 84 pertandingan dengan rasio kemenangan sebesar 65,48 persen serta mencetak 186 gol dan kebobolan 78 gol saja.

Hanya saja kesalahan di Liga Champions musim 2021/22 kala tumbang dari Real Madrid membuat Pochettino pun harus rela dirinya dipecat dan digantikan Christophe Galtier.

5. Carlo Ancelotti

Selama rezim Qatar di PSG, hanya Carlo Ancelotti saja yang punya rasio kemenangan terendah dan raihan trofi paling sedikit ketimbang empat pelatih lainnya.

Ancelotti menjabat sebagai pelatih PSG pada Januari 2012 hingga Mei 2013. Ia merupakan pelatih top pertama yang dibawa Qatar ke Les Parisiens.

Baca Juga

Selama 1,5 tahun menukangi PSG, Ancelotti hanya mampu mencatatkan rasio kemenangan sebesar 63,64 persen dari 77 pertandingan, dengan mencetak 153 gol dan kebobolan 64 gol.

Adapun trofi yang ia persembahkan yakni gelar Liga Prancis pada musim 2012/13, kala PSG masih memiliki pemain seperti Zlatan Ibrahimovic, David Beckham, Nene, dan Lucas Moura.

Paris Saint-GermainCarlo AncelottiLaurent BlancMauricio PochettinoUnai EmeryThomas TuchelBola InternasionalNasser Al-KhelaifiQatar Sports InvestmentSepak Bola

Berita Terkini