x

Senggol Insiden Flare di Piala AFF U-19 2022, Media Vietnam Sebut Fans Indonesia Bikin Susah Panitia

Selasa, 5 Juli 2022 19:15 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Insiden flare yang dilakukan oleh suporter Indonesia di laga pembuka Piala AFF U-19 2022 mengundang reaksi miring dari media Vietnam.

INDOSPORT.COM - Insiden flare yang dilakukan oleh suporter Indonesia di laga pembuka Piala AFF U-19 2022 mengundang reaksi miring dari media Vietnam.

Media setempat tak segan menyebut suporter Indonesia bikin susah panitia buntut aksi yang dilakukan di Stadion Patriot, Bekasi tersebut.

Baca Juga

Diketahui sebelumnya jika laga pembuka Piala AFF U-19 2022 yang menampilkan timnas Indonesia kontra Vietnam pada Sabtu (2/7/22) lalu ini berakhir dengan sedikit drama.

Beberapa suporter tampak menyalakan flare dan petasan di pengujung pertandingan. Hal itu bahkan menyita perhatian Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengecam aksi yang kurang terpuji yang dilakukan oleh sejumlah suporter Indonesia.

Baca Juga

Shin Tae-yong menilai Indonesia selaku tuan rumah bisa saja terkena sanksi dari FIFA terkait adanya flare yang menyala. Dia meminta para suporter nantinya tidak lagi melakukan aksi menyalahi aturan itu.

"Petasan dan flare di menit akhir itu mengurangi fokus para pemain kami. Jadi saya mohon untuk tidak dilakukan lagi. Apalagi, dari FIFA bisa saja menjatuhkan sanksi berat kepada kita," ucap Shin Tae-yong.

"Saya mohon untuk mengubah pola budaya suporter sedikit demi sedikit agar pemain bisa lebih bersemangat," pungkasnya.

Baca Juga

Rupanya, aksi flare yang dilakukan oleh suporter Indonesia juga mengundang reaksi  dari media Vietnam.

Media setempat tak segan menyebut suporter Indonesia bikin susah panitia buntut aksi yang dilakukan di Stadion Patriot, Bekasi tersebut.


1. Dapat Respons Miring

Suporter Ultras pada pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Soha, media yang berbasis di Vietnam menyebut insiden flare tersebut bikin susah panitia hingga melakukan sejumlah penyesuaian aturan.

"Suporter Indonesia U19 Kacau Lagi," tulis media tersebut.

Baca Juga

"Dalam pertandingan melawan Vietnam U19, lebih dari 15.000 penggemar dari ribuan pulau datang ke venue, menciptakan panas yang menyesakkan di Stadion Patriot Candrabhaga,"

"Bahkan di akhir pertandingan, mereka juga menyalakan flare, membuat pihak penyelenggara dan pelatih Shin Tae-yong tidak senang. Insiden ini menyebabkan penyelenggara turnamen Asia Tenggara U19 mengambil tindakan drastis untuk mencegah histeria para penggemar,"

Terpisah, Ultras Garuda pun akhirnya memberi klarifikasi melalui akun media sosial mereka. Dilansir dari akun Twitter @infosuporter, berikut beberapa poin yang menjadi klarifikasi Ultras Garuda.

Baca Juga

1) Insiden pembakaran flare terjadi oleh oknum yang masuk di tribun kami.

2) Sebelum pertandingan dimulai, jauh sebelumnya kami sudah memberikan pemberitahuan dan himbauan kepada anggota baik melalui pesan group WhatsApp maupun secara langsung sebelum match dimulai.

3) Saat terjadi pembakaran flare, kami langsung menindak oknum tersebut.

Baca Juga

4) Korlap kami membantu pihak keamanan untuk mengamankan lokasi di pintu masuk dan men-swipping flare.

5) Bukti bahwa kami sangat kooperatif membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan.


2. Beda Respons Iwan Bule dan Shin Tae-yong

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

Pertandingan pembuka Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022 diwarnai dengan antusiasme suporter yang berlebihan.

Namun, situasi ini mendapat tanggapan berbeda dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan pelatih Timnas Garuda Nusantara, Shin Tae-yong.

Sebelumnya, duel seru tersaji di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam U-19 vs Timnas Indonesia U-19, pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

Indonesia beberapa kali punya peluang membobol gawang Vietnam. Termasuk lewat sepakan spekulatif Marcelino Ferdinan di menit ke-56 yang masih diselamatkan oleh kiper The Golden Star.

Baca Juga
IndonesiaVietnamTimnas Basket IndonesiaSuporterBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini