x

Kick-off Liga 1 2022/23 Larut Malam, Ini Alasan PT LIB

Rabu, 6 Juli 2022 12:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, angkat bicara mengenai kritikan yang menilai jadwal kick off Liga 1 terlalu malam. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Hadian Lukita, angkat bicara mengenai kritikan yang menilai jadwal kick off Liga 1 terlalu malam.

PT LIB memang sudah merilis draft jadwal Liga 1 musim 2022/23. Namun dalam draft jadwal tersebut masih terlihat banyak pertandingan yang memulai kick-off dan bermain larut malam.

Baca Juga

Padahal kick-off yang terlalu malam banyak mendapat kritikan dan protes. Menanggapi hal ini, Akhmad Hadian Lukita memberikan penjelasan. 

Baginya hal tersebut sejatinya tidak menjadi masalah. Bahkan Lukita menilai jadwal-jadwal ini sudah berlangsung sejak tahun lalu.

“Kemarin (musim lalu) juga bermain seperti itu tidak masalah kan. Kan tidak semua kebagian malam,” ucap Lukita ketika dihubungi pewarta.

Baca Juga

Lukita juga mengatakan bahwa hal itu semua sudah menjadi kesepakatan dengan beberapa pihak termasuk pihak broadcaster. Untuk itu, kalau untuk diubah bergulir sore semua akan lebih sulit menurut Lukita.

Sebab dari kesepakatan bersama dengan berbagai pihak telah disetujui berlangsung pukul sekian.

Baca Juga

“Untuk tanggapannya ini kan kami harus kompromi dengan berbagai pihak dan semuanya ada yang harus dikompromikan dengan broadcaster dan sponsor,” kata Lukita.

"Itu salah satu pertimbangan dan kami juga inginnya ya pasti sore,” ucapnya.


1. PT LIB Menggaransi Jadwal Kick-Off Liga 1 Masih On The Track

Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggaransi kick-off Liga 1 musim 2022/2023 masih on the track alias sesuai dengan ketetapan awal.

Itu artinya, jadwal laga pertama Liga 1 masih mengacu pada 27 Juli 2022 mendatang. Lantaran PT LIB masih belum membeberkan perihal adanya potensi perubahan jadwal, apakah maju atau mundur.

Baca Juga

"Kami masih terus koordinasi dengan pihak pemerintah maupun kepolisian soal Liga 1," ujar Direktur LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat hadir di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (02/07/22).

"Komunikasi terus kami bangun terkait jadwal dan draf Liga 1 dengan kepolisian," ujar Lukita.

Penentuan jadwal kick-off yang belum bisa dipastikan akibat sejumlah pertimbangan. Salah satunya perihal penonton yang tergambar selama gelaran Piala Presiden kali ini.

Baca Juga

Kendati pada babak penyisihan grup lalu, ada insiden yang menewaskan dua suporter. Yaitu ketika Persib Bandung menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (17/06/22) lalu.

"Antusiasme penonton sudah cukup bagus. Kami harus jalan terus," tandas Lukita.

Bahas Regulasi

Kick-off Liga 1 yang diklaim on the track itu lantas segera ditindaklanjuti oleh LIB pekan depan. Yaitu dengan membahas susunan regulasi maupun draf jadwal bersama 18 klub Liga 1.

Baca Juga

"Manager meeting akan kita lakukan secara virtual, karena sejumlah klub sedang sibuk (di masa pramusim)," tutur Akhmad Hadian Lukita.

"Kami terus membahas draf jadwal, regulasi dan perlu mendapat masukan dari klub bagaimana," tambah dia.


2. Bali United Sambut Gembira Jadwal Liga 1 2022-2023

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

Sementara itu, Bali United menyambut gembira penetapan 23 Juli 2022 sebagai waktu kick off kompetisi Liga 1 2022-2023. Persija Jakarta bakal menjadi lawan di laga pembuka.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah membagikan draft jadwal kompetisi pada 18 klub peserta. Draft itu diharapkan bisa dipelajari klub untuk kesempatan melakukan koreksi hingga 8 Juli 2022

Dari draft jadwal yang viral di media sosial, terungkap bahwa laga Bali United melawan Persija Jakarta akan membuka kompetisi musim ini.

Pertemuan dua klub ini diyakini sangat menarik karena Persija Jakarta berstatus jawara Liga 1 2018 lalu. Sementara itu, Bali United merupakan back to back juara Liga 1 edisi 2019 dan 2021-2022.

"Tentu ini menjadi kabar bagus jika Liga 1 bisa berjalan sesuai yang direncanakan," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Baca selengkapnya: Bali United Sambut Gembira Jadwal Liga 1 2022-2023, Teco Bicara Kekuatan Baru Persija

PSSILiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1Akhmad Hadian Lukita

Berita Terkini