x

Piala AFF U-19 2022: Ditahan Imbang Thailand, Kebugaran Timnas Indonesia Dipuji Media Asing

Kamis, 7 Juli 2022 10:37 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Media Vietnam, Zing News, soroti hasil akhir tanpa gol antara Timnas Indonesia vs Thailand di matchday ketiga fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam, Zing News, soroti hasil akhir tanpa gol antara timnas Indonesia vs Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022.

Ya, sebagaimana diketahui, pada Rabu (6/7/22), bermain di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, timnas Indonesia U-19 harus bermain imbang dengan Thailand.

Baca Juga

Hasil mengecewakan ini membuat peluang timnas Indonesia U-19 untuk untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 semakin bertambah ketat karena kalah poin dari Vietnam, Thailand, dan Myanmar.

Begitu pula bagi Thailand, kegagalan meraih poin penuh atas Indonesia, membuat pasukan Salvador Garcia harus turun takhta ke posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022.

Posisi Thailand dari puncak, digeser oleh Vietnam yang sama-sama mengoleksi 7 poin, Sebelumnya, Vietnam menang telak 4-0 atas Brunei Darussalam di hari yang sama.

Baca Juga

Terlepas dari fakta itu, media lokal Vietnam, Zing News, memuji penampilan apik yang ditunjukkan oleh timnas Indonesia U-19 maupun Thailand dalam laga malam tadi.

Kecepatan pertandingan antara Thailand dan Indonesia langsung melejit setelah peluit panjang dibunyikan. Thailand terpaksa bertahan setelah nyaris kebobolan karena kesalahan  kiper,” tulis Zing News.

“Ronaldo Kwateh dari timnas Indonesia U-19 memiliki peluang bagus, namun gocekannya tidak cukup mendatangkan gol pembuka,” sambungnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Zing News juga memuji bagaimana fokus dan konsentrasi yang dimiliki oleh timnas Indonesia U-19, sehingga pertahanan mereka tidak dibobol Timnas Thailand hingga menit akhir pertandingan.

Sekitar 10 menit terakhir, serangan terus dibangun (pemain Thailand). Namun permainan mereka terus menerus diganggu oleh situasi tak menguntungkan.” puji Zing News.


1. Stamina yang Mumpuni

Kebugaran tubuh pemain Timnas Indonesia U-19 yang stabil hingga detik akhir Piala AFF U-19 2022, menjadi sorotan media lokal Vietnam.

Selain itu, kebugaran tubuh pemain timnas Indonesia U-19 yang stabil hingga detik akhir  Piala AFF U-19 2022, juga menjadi sorotan media lokal Vietnam.

Kebugaran pemain Timnas Indonesia, termasuk Ronaldo (Kwateh), masih sangat bagus dan produktif, demikian dilansir dari media Zing News.

Baca Juga

Dengan hasil demikian, klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022, rasanya masih bisa berubah, demi menentukan tim yang lolos ke babak semifinal.

Semua tim di Grup A mulai dari Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Indonesia memiliki kemungkinan lolos dari fase penyisihan grup.

Hal itu senada dengan keyakinan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, pasca menyaksikan pertandingan Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

"Saya lihat dari pertandingan Vietnam, Brunei dan malam ini lawan Thailand, mainnya makin hari makin bagus," kata Menpora RI, Zainudin Amali kepada awak media.

"Memang lawan malam ini tentu beda dengan Brunei, tapi saya berharap supaya mereka tetap stabil. Kita masih ada harapan untuk lolos ke babak berikutnya dan kehadiran saya sekaligus beri semangat untuk mereka," tutur Zainudin Amali.

"Sekali lagi saya tegaskan, ini adalah harapan kita untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Jadi makin banyak berkompetisi, makin bagus buat mereka dan tentu pelatih Shin Tae-yong pun makin banyak pilihan terhadap pemain," imbuhnya. 

Baca Juga

Demi menjaga peluang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022, artinya tim-tim dari Grup A, termasuk timnas Indonesia, Thailand, hingga Vietnam, harus membidik poin penuh di laga selanjutnya.

Sayangnya, timnas Indonesia disinyalir bakal mengistirahatkan jagoannya, Marselino Ferdinan, yang mengalami cedera menjelang akhir babak pertama melawan Thailand.


2. Pernyataan Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong ungkap biang keladi atas kegagalan Timnas Indonesia mencetak gol di gawang Thailand di matchday ketiga fase Grup A Piala AFF U-19 2022.

Pelatih Shin Tae-yong ungkap biang keladi atas kegagalan Timnas Indonesia mencetak gol di gawang Thailand di matchday ketiga fase Grup A Piala AFF U-19 2022.

pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menyayangkan hasil imbang tersebut. Dia menilai pemain sudah bekerja keras, tapi lagi-lagi pekerjaan rumahnya adalah penyelesaian akhir.

"Sangat disayangkan mulai dari babak pertama kami sudah berjuang keras dengan baik, apalagi suporter juga banyak yang datang ke stadion untuk mendukung kami. Tapi mereka (penonton) tidak bisa diberikan kemenangan, jadi sangat disayangkan," kata Shin Tae-yong usai laga lawan Thailand. 

Menurut juru taktik 52 tahun itu, keluarnya Marselino Ferdinan di akhir babak pertama juga turut mempengaruhi kualitas Garuda Nusantara, terutama di babak kedua.

Tidak ada pengganti sepadan Marselino Ferdinan yang bisa mengatur tempo dan alur bola selihai pemain muda milik Persebaya Surabaya itu. 

Baca selengkapnya: Shin Tae-yong Ungkap 'Biang Keladi' Hasil Imbang Timnas Indonesia U-19 vs Thailand

 

Bola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Sepak BolaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini