x

Pelatih Laos Prediksi Vietnam vs Thailand di Piala AFF, Timnas Indonesia U-19 Bisa Full Senyum?

Minggu, 10 Juli 2022 14:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Laos U-19, Hans Michael Weiss, mengomentari duel sengit antara Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Pelatih Laos U-19, Hans Michael Weiss, turut mengomentari duel sengit antara Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022. Prediksi pelatih asal Jerman ini bisa membuat Timnas Indonesia U-19 full senyum. Kok bisa?

Seperti diketahui, Laos baru saja memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19. Ini dipastikan usai mereka mengalahkan Singapura 3-1 di laga terakhir fase grup, Sabtu (09/07/22) kemarin.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat Laos lolos sebagai juara grup dengan koleksi sembilan poin, disusul Malaysia yang juga lolos sebagai runner-up dengan tujuh poin.

Laos tentunya sangat penasaran siapa yang akan menjadi lawannya di fase berikutnya. Lawan mereka adalah tim yang berstatus runner-up Grup A yang baru akan ditentukan hari ini.

Persaingan di grup A sejauh ini memang sangat ketat. Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 10 poin menempati posisi pertama dan kedua dengan selisih gol masing-masing +9 dan +6.

Baca Juga

Namun peluang Vietnam dan Thailand untuk lolos masih kecil karena mereka dibayangi Timnas Indonesia U-19 yang berada di urutan ketiga namun dengan selisih gol +11.

Menurut Hans Michael Weiss, Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong sejatinya punya peluang besar lolos ke semifinal. Performa impresif Garuda Nusantara di sepanjang turnamen adalah modalnya.

Namun, Michael Weiss menekankan bahwa pertandingan penentuan sebenarnya ada di kubu Timnas Vietnam U-19 yang akan menghadapi Thailan U-19 di mathday terakhir, Minggu (10/07/22) sore WIB.

Baca Juga

“Pertandingan terakhir Vietnam akan bertemu dengan Thailand. Jadi, ada kemungkinan salah satu dari tim tersebut akan pulang (tidak lolos)," kata Hans Michael Weiss kepada awak media, di Jakarta.

Siapa pun yang kalah, entah itu Vietnam atau Thailand, pada matchdaty terakhir berpotensi besar tersingkir dari Piala AFF U-19 2022.


1. Pelatih Laos Dukung Timnas Indonesia Lolos Semifinal

Para pemain Timnas Indonesia U-19, Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

Meski demikian, Hans Michael Weiss menjagokan Vietnam untuk menang dalam laga melawan Thailand. Sebab, pasukan Dinh The Nam ini punya kualitas  yang diunggulkan.

“Saya melihat Vietnam kemarin, mereka tim yang diunggulkan untuk memenangi Piala AFF U-19," sambung Hans Michael Weiss.

Baca Juga

Sementara itu, Michael Weiss berharap Timnas Indonesia U-19 bisa lolos dengan mereka wajib menang melawan Myanmar pada Minggu malam WIB.

Namun tak menutup kemungkinan Indonesia bisa gagal ke semifinal jika Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1, 2-2, atau dengan skor lain yg lebih besar.

“Karena sepertinya Indonesia akan mengumpulkan poin yang cukup untuk lolos,” Jadi, siapapun yang kalah antara Vietnam dan Thailand akan pulang. Pertandingan tersebut akan berlangsung ketat dan waktu istirahat bagi mereka hanya akan sebentar," ujar Hans Michael Weiss.

Secara matematis, terdapat dua skenario jika Timnas Indonesia U-19 ingin lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Pertama, mereka bakal lolos jika menang atas Myanmar dengan skor berapa pun.

Baca Juga

Tambahan tiga poin akan membuat mereka merangkak ke posisi kedua, tapi tergantung dari hasil laga Vietnam vs Thailand.

Jika salah satu dari Vietnam atau Thailand memenangkan pertandingan, Timnas Indonesia U-19 akan finis sebagai runner-up. 

Kedua, Timnas Indonesia U-19 bisa tetap lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, meskipun laga Vietnam melawan Thailand berakhir imbang.

Baca Juga

Sebab, jika kondisi ini terjadi, koleksi poin Timnas Indonesia U-19, Vietnam, dan Thailand sama-sama 11 angka. Maka perhitungan akan melalui selisih gol.

Skuad Garuda Nusantara pun kini menjadi yang terbaik dalam selisih gol. Timnas Indonesia U-19 memiliki selisih gol +11, Vietnam (+9) dan Thailand (+6).


2. Hati-hati! Vietnam dan Thailand Bisa 'Main Mata'

Logo Piala AFF u19 2022.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani duel hidup dan mati kala menghadapi Myanmar di laga terakhir grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/07/22).

Dengan satu laga tersisa, Timnas Indonesia U-19 membutuhkan kemenangan atas Myanmar agar bisa melewati dua rivalnya itu dan melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Kebetulan, Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi 10 poin, akan saling berhadapan di laga pamungkas grup A.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia U-19 harus meraih kemenangan atau tiga poin dan melewati poin keduanya di tabel klasemen.

Namun kemenangan atas Myanmar saja tak cukup bagi Timnas Indonesia untuk bisa menembus semifinal Piala AFF U-19.

Setidaknya, ada skenario tertentu yang menentukan nasib Timnas Indonesia U-19 sebagai tuan rumah Piala AFF U-19 2022 ini.

Baca selengkapnya: Hati-hati! Vietnam dan Thailand Bisa 'Main Mata'

ThailandLaosBola InternasionalVietnam U-19Timnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini