x

PSSI Dapat Dana Segar dari FIFA Ratusan Juta untuk Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Rabu, 13 Juli 2022 17:57 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Logo PSSI dan FIFA

INDOSPORT.COM – Meskipun tak lagi bermain di Piala AFF U-19 2022, pendukung sepak bola Tanah Air patut berbahagia karena PSSI baru saja mendapatkan dana segar dari FIFA.

Belum lama ini para pendukung pasukan Garuda Muda tengah berduka lantaran idola mereka gagal menembus partai semifinal setelah kalah dalam head to head.

Baca Juga

Kini pelaksanaan Piala AFF U-19 2022 yang dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat itu tak lagi menampilkan aksi-aksi memukau dari pasukan muda Shin Tae-yong.

Namun, para pendukung Timnas Indonesia U-19 nampaknya tak lagi larut dalam kesedihan. Sebab, ada kabar bahwa PSSI Telah mendapatkan sokongan dana segar dari FIFA.

Diketahui bahwa perkembangan sepak bola di Indonesia yang terdapat di daerah-daerah lokal masih belum merata.

Baca Juga

Hal itu terungkap ketika Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, menyebutkan pada tahun 2020 hanya ada tujuh diklat yang langsung di bawah wewenang pemerintah.

Tentu saja jumlah itu masih belum cukup untuk menjangkau 37 provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pemerataan sekolah sepak bola Tanah Air masih belum merata.

Selain itu, dari ketujuh diklat tersebut, pendidikan yang diterapkan belum mencakup pembinaan berjenjang, yaitu mulai anak SMA atau usia 16-18 tahun.

Baca Juga

Padahal, proses pembinaan seharusnya dimulai sejak calon peserta didik mengikuti diklat sejak masih berusia 13 tahun.

Oleh karena itu, dana segar yang diperoleh dari FIFA mampu dimanfaatkan oleh PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia, termasuk pemerataan diklat.


1. Implementasi Program Football for School di Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan didampingi direktur teknik Timnas Indonesia, Indra Sjafri dalam jumpa pers di Bali, Minggu (30/1/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Melansir dari laman resmi PSSI, FIFA Foundation mendukung secara penuh pengembangan sepak bola Indonesia.

Bantuan yang diterima PSSI itu, diperoleh setelah administrator FIFA Foundation menyetujui aplikasi untuk mulai mengimplementasikan program Football for School (F4S) di Indonesia.

Baca Juga

Seraya dengan kerja sama ini, aplikasi Football for School telah dirilis dan bisa diunduh di smartphone.

FIFA juga akan memberikan bola Adidas sebanyak 250.000 pcs yang akan dialokasikan untuk Indonesia. Selain itu, mereka juga akan memberikan dana bantuan satu kali sebesar USD 50.000.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan dari FIFA melalui program ini. Semoga bantuan ini dapat membantu pengembangan sepak bola Indonesia terutama usia dini,” ungkap Indra Sjafri, Direktur Teknis PSSI.

Baca Juga

Berdasarkan dengan laporan itu, PSSI juga memberikan gambaran terkait dengan program F4S yang akan diimplementasikan di Indonesia.

“Program F4S adalah hasil kolaborasi antara FIFA Foundation dengan UNESCO yang menggunakan sepakbola sebagai alat untuk mengembangkan kehidupan sosial,” tulis pernyataan resmi PSSI.

“Dengan mendukung sekolah-sekolah lokal untuk meningkatkan kehidupan siswa-siswi di seluruh dunia,” sambungnya.

Baca Juga

Program ini akan diluncurkan pada 28 Oktober yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda bersama FIFA Football Legend, Indonesia Football Legend dan Guru Olahraga serta 100 siswa Sekolah Dasar.

"Sudah menjadi komitmen PSSI yang dipimpin oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan untuk terus memperhatikan pengembangan sepak bola usia dini termasuk menjalankan kompetisi dengan rutin," pungkasnya.


2. Ketum PSSI Ditagih Training Center

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, kembali ditagih soal training center saat memberi dukungan kepada Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan memulai perjuangan mereka di turnamen kelompok usia U-19 se-Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022.

Berdasarkan drawing, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Ronaldo Kwateh Cs. akan langsung bersua lawan tangguh yakni Vietnam di laga perdana Piala AFF U-19 2022. Duel panas ini digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (02/07/22) pukul 20.30 WIB.

Sehari jelang duel kontra Vietnam, Shin Tae-yong telah mengumumkan 28 pemain yang bakal tampil di Piala AFF U-19 2022. Ia mencoret dua nama yaitu Alex Kamuru (Barito Putera) dan Althaf Indie (Persis Solo).


Baca selengkapnya: Dukung Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Ketum PSSI Lagi-lagi Ditagih Training Center

FIFAPSSIKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Liga Indonesia

Berita Terkini