x

Persunting Gadis Indonesia, Pilar Asing Barito Putera Buka Peluang Naturalisasi

Kamis, 14 Juli 2022 19:57 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pemain asing Barito Putera, Rafinha.

INDOSPORT.COM - Resmi mempersunting gadis Indonesia, pilar asing Barito Putera, Rafael Gomes de Oliveira alias Rafinha membuka peluang untuk naturalisasi.

Rafinha resmi mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi wanita pujaan hati dari Indonesia, Diandini Putri, di salah satu gereja di Banjarmasin, Senin (11/7/22).

Baca Juga

Hari bahagia pemain asal Brasil tersebut juga dirayakan pihak manajemen Barito Putera dan Hasnur Group, di salah satu restoran, sebagai ungkapan rasa bahagia.

Rafinha dan sang istri, Diandini Putri, berterima kasih dengan pihak manajemen Barito Putera dan Hasnur Group yang turut membantu upacara pernikahan mereka.

Maka dari itu, Rafinha berharap setelah ini ia bisa totalitas membela Barito Putera di kompetisi kasta tertinggi, Liga 1 2022-23.

Baca Juga

"Ini adalah hal yang berarti buat saya, dan ini sangat spesial bagi saya. Saya harap ini yang pertama dan terakhir, saya sangat bahagia," ungkap Rafinha pada media.

"Ya tentu ini adalah semuanya bagi hidup saya, tentu ini akan menambah semangat saya sebagai pemain dan semuanya."

Demikian pula dengan sang istri, Diandini Putri, berharap Rafinha bisa memberikan pennpilan terbaik bersama Barito Putera.

Baca Juga

"Tentu saya bahagia dan akan terus men-support semua yang dilakukan oleh Rafinha agar lebih baik kedepannya. Saya sangat mendukung karier Rafinha di Barito."

Rafinha sendiri pertama kali bermain di Persela Lamongan pada tahun 2019, lalu ia bermain di Barito Putera di putaran awal Liga 1 2021, dan kini kembali di Liga 1 2022.


1. Pintu Naturalisasi Terbuka untuk Rafinha

Rafael Gomes de Oliveira 'Rafinha' menandatangani kontrak di Barito Putera, Senin (23/5/22). Foto: Media Officer Barito Putera

Sekadar informasi, pernikahan Rafinha dengan Diandini Putri, membuka peluang Rafinha untuk bisa melakukan naturalisasi sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya sudah tiga tahun bersama wanita ini. Saya memilihnya dan sangat senang di Indonesia. Bisa jadi ini awal rencana jadi warga negara Indonesia," ungkap Rafinha.

Baca Juga

Diandini Putri juga mengaku akan terus mendukung penuh karir suaminya, dan tidak masalah jika Rafinha dinaturalisasi jadi WNI.

"Tujuan utama saya mendukung penuh Rafael. Saya juga bangga dengan tim ini dan berharap tim ini bisa terus lebih baik."

Manajemen Barito Putera dan Hasnur Group mendukung kelangsungan pernikahan anak asuhnya, Rafael Gomes de Oliveira alias Rafinha di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca Juga

Sebab, tidak mudah bagi warga negara asing untuk melangsungkan pernikahan di Indonesia, apalagi mempersunting gadis lokal. Perlu banyak berkas dan persiapan.

"Jadi ini bentuk perhatin kita dan rasa bahagia kita karena seluruh pemain kan adalah keluarga kita," kata Rudi Siswantoro, Pimpinan Wilayah Hasnur Group Kalimantan.

Baca Juga

"Kita harapkan acara ini bisa menambah semangat Rafinha nantinya untuk bermain," tambah Rudi, mewakili manajemen Barito.

Barito Putera dan Hasnur Group berjanji akan membantu proses naturalisasi jika Rafinha benar-benar bersedia jadi WNI.

"Soal naturalisasi, dia yang menentukan. Kami siap memfasilitasi jika dia ingin jadi warga negara Indonesia," pungkasnya.


2. Daftar Sementara Pemain Barito Putera:

Pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin, Rabu (18/5/22). Foto: MO Barito Putera

Penjaga Gawang:
Joko Ribowo, Aditya Harlan, Noor Halid, Yogi Hermawan

Bek:
Renan da Silva Alves (Brasil), Stefan Marie Antonic (Serbia, non aktif), Muhammad Firli, Muhammad Helmi, Yuswanto Aditya, Nazar Nurzaidin, Dendi Agustan Maulana, Donny Harold Monim, Amiruddin Bagas Kaffa, Alexandro Felix Kamuru, Frank Rikhart Sokoy, Rendy Saputra

Gelandang:
Rizky Pora, Bayu Pradana, Ferdiansyah, Alif Jaelani Ruslan, Ambrizal Umanailo, Luthfi Kamal Baharsyah, Muhammad Rafi Syarahil, Aditiya Daffa Al-Haqi, Buyung Ismu Lessy, Slamet Budiono, Ryota Noma (Jepang), Rafael Oliveira 'Rafinha' (Brasil)

Penyerang:
Rafael Silva dos Santos (Brasil), Rahmat Beri Santoso, Kahar Muzakkar, Afdal Yusra, Rizky Kurniawan

Barito PuteraRafinhaNaturalisasiLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini