x

Menpora Beri Lampu Hijau ke Shin Tae-yong Jika Mau Tambah Naturalisasi di Timnas Indonesia U-19

Rabu, 13 Juli 2022 16:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung penuh pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong selama persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Menpora juga mengizinkan sang pelatih asal Korea Selatan itu mau mengajukan proses naturalisasi pemain. 

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong sempat memanggil tiga pemain keturunan untuk ikut pemusatan latihan Timnas U-19 di Prancis dan Jakarta. Mereka diminta datang untuk dilihat langsung kemampuannya. 

Ketiga pemain tersebut adalah Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel. Semuanya merupakan keturunan Indonesia-Belanda. 

Baca Juga

Selain tiga nama itu, Shin Tae-yong dilaporkan masih inginkan beberapa pemain, salah satunya Ivar Jenner. 

Baca Juga

Apabila, Shin Tae-yong mengajukan nama-nama tersebut untuk dinaturalisasi, maka Menpora menyatakan siap membantu prosesnya. Hal itu bukan masalah besar, selagi sesuai kebutuhan jangka panjang Timnas Indonesia. 


1. Fokus Fasilitasi Permintaan PSSI

Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

"Jadi apa yang dilakukan Shin Tae-yong dengan telah memanggil tiga pemain naturalisasi dan masih melakukan inventarisir lagi, bagi kita tidak ada masalah," kata Menpora, Zainudin Amali. 

"Kalau PSSI bisa mendapatkan tambahan naturalisasi ya syukur, kami akan dorong untuk bisa fasilitasi. Tapi, jangan itu menjadi gantungan harapan utama kita," pesannya. 

Baca Juga

Menpora mengatakan, pemerintah hanya fokus memfasilitasi permintaan dari PSSI, termasuk Shin Tae-yong. Hal itu untuk membantu skuad Garuda bisa bersaing di kancah internasional. 

Baca Juga

"Pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada federasi keinginannya seperti apa kami fasilitasi. Pemerintah tak akan ikut turut campur terlalu dalam soal tim dan sebagainya. Tugas pemerintah hanya memfasilitasi," jelas Menpora Amali.

Baca Juga

Pada 2020 lalu, Shin Tae-yong mengajukan satu pemain keturunan untuk dinaturalisasi yakni Elkan Baggott. Dia disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya ditunda ke tahun depan karena pandemi.


2. Dukung Timnas Indonesia U-19

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Sementara untuk timnas senior, Shin Tae-yong saat ini telah memasukan tiga pemain yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Proses naturalisasi ketiganya tengah berjalan.

Lebih lanjut, Menpora pun tetap memberikan support kendati Timnas Indonesia U-19 baru saja gagal di Piala AFF U-19 2022. Tim asuhan Shin Tae-yong tidak lolos dari babak penyisihan grup, padahal ditargetkan juara. 
 

Piala Dunia U-20MenporaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Zainudin AmaliShin Tae-yong

Berita Terkini