x

Duo Timnas Indonesia U-19 Gabung, Kekuatan Persib Bertambah Jelang Liga 1 2022/23

Minggu, 17 Juli 2022 09:30 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Kakang Rudianto dan Ferdiansyah kembali gabung tim Persib Bandung, usai memperkuat Timnas Indonesia U-19. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, tim Persib Bandung mendapatkan tambahan tenaga baru dengan bergabungnya dua pemain Timnas Indonesia U-19.

Kedua pemain Timnas Indonesia U-19 tersebut, yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah. Mereka, sudah bergabung kembali dengan tim kebanggaan Bobotoh untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022/23, Jumat (15/07/22).

Baca Juga

Bergabungnya kedua pemain tersebut membuat pelatih Persib, Robert Rene Alberts, senang. Pasalnya kekuatan tim kebanggaan Bobotoh menjadi bertambah menjelang bergulirnya kompetisi musim 2022/23.

"Ya Ferdiansyah dan Kakang sudah kembali, bagus melihat mereka kembali bergabung bersama kami," kata Robert Alberts.

Menurut pelatih asal Belanda ini, kedua pemain tersebut memiliki kualitas dan menjanjikan. Sehingga, dapat menambah kekuatan tim di musim 2022-2023.

Baca Juga

Selain kedua pemain tersebut, Robert Alberts menilai pada musim ini tim kebanggaan Bobotoh memiliki beberapa pemain muda potensial. Sehingga, mereka menjadi aset bagi skuat Maung Bandung.

"Dua pemain yang menjanjikan, dan jika melihat tim di musim ini, kami memiliki banyak pemain yang masuk kategori U-18. Ada banyak pemain muda bertalenta dan ini menjanjikan," ungkap Robert Alberts.

Sebagai informasi, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Persib mempromosikan beberapa pemain muda dari Diklat dan Akademi Persib.

Baca Juga

Kakang merupakan pemain Diklat Persib yang promosi ke tim senior, pada musim 2020. Ia direkrut oleh pelatih Robert Rene Alberts bersama tiga rekannya yakni Saiful, Ardi Maulana dan Ravil Shandyka Putra.

Sedangkan Ferdiansyah, promosi ke tim Persib pada masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2021-2022. Saat itu, Ferdiansyah promosi bersama Dimas Juliono Pamungkas.


1. Impresif di Timnas Indonesia U-19

Selebrasi bek Persib Bandung, Kakang Rudianto bersama Beckham Putra merayakan gol ke gawang Tira Persikabo pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Ngurah Rai,

Sebelumnya, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022. Dalam event tersebut, Timnas gagal untuk melaju ke semifinal.

Tak hanya pemain, tetapi para suporter tentunya kecewa lantaran hasil akhir yang tragis harus ditelan oleh Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19.

Baca Juga

Meski sukses bantai skuad Myanmar dengan skor 5-0, namun tim besutan pelatih Shin Tae-yong harus menelan pil pahit lantaran pertandingan Minggu (10/07/22), merupakan pertandingan akhir bagi Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022.

Gagalnya skuad Garuda Indonesia untuk lolos ke babak semifinal terjadi lantaran di partai lain yakni Vietnam dan Thailand, keduanya bermain imbang dengan skor akhir 1-1. Alhasil, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Setelah tersingkir dari Piala AFF, pemain Timnas Indonesia U-19 dikembalikan ke tim termasuk Kakang Rudianto dan Ferdiansyah.

Baca Juga

Sementara itu, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai perubahan posisi Kakang Rudianto bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Sebagai informasi, Kakang Rudianto merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah, tetapi bersama Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, dia dipasang bek sayap.

Menurut Robert Alberts, situasi tersebut mirip saat Asnawi Mangkualam saat masih menjadi andalannya di lini tengah PSM Makassar, tetapi saat memperkuat timnas Indonesia dia dipasang sebagai bek kanan. 

Baca Juga

Bermain di beberapa posisi menurut Robert Alberts sangat bagus bagi pemain itu sendiri, karena hal tersebut membuat pemain memiliki beberapa kelebihan. 


2. Bisa Berkembang di Persib Bandung

Pemain Diklat Persib, Kakang Rudianto, saat berlatih dengan tim Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (7/9/20).

Apalagi, Kakang Rudianto usianya masih muda sehingga diharapkan pemain jebolan Akademi Persib tersebut bisa semakin berkembang, baik di timnas maupun bersama skuat Maung Bandung.

"Sama seperti Asnawi di Makassar, karena dia sejatinya adalah seorang gelandang dan di tim nasional dia mulai digunakan sebagai bek kanan dan dia tumbuh sebagai bek kanan. Situasi serupa dialami Kakang, dan pemain tidak bisa hanya bermain di satu posisi saja," kata Robert Alberts. 

"Memang ada tujuan dan hasilnya ketika bermain di timnas atau di liga. Tapi saya rasa ini bagus untuk perkembangan Kakang karena dia masih muda," ungkap pelatih Persib Bandung di Liga 1, Robert Rene Alberts.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Kakang Rudianto

Berita Terkini