x

Ingin Bek Buangan Tottenham Hotspur, AC Milan Bisa Ciptakan Fikayo Tomori Jilid 2

Senin, 18 Juli 2022 22:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
AC Milan bisa ciptakan Fikayo Tomori jilid 2 dengan bek Tottenham Hotspur. Foto: Danilo di Giovanni/Soccrates/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Bek Tottenham Hotspur, Japhet Tanganga, belum lama ini dikaitkan dengan klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, yang bisa menjadikannya Fikayo Tomori jilid 2.

Salah satunya diwartakan laman HITC, Paolo Maldini telah melakukan kontak dengan pihak terkait untuk membahas potensi transfer sang pemain ke San Siro.

Baca Juga

Akan tetapi, kepindahan Japhet Tanganga tersebut kemungkinan besar hanya bersifat sementara alias pinjaman.

Perekrutan bek asal Inggris itu disebut-sebut dimaksudkan dan diharapkan bisa meningkatkan kualitas lini belakang Rossoneri.

Namun AC Milan tidak sendirian dalam perburuan Japhet Tanganga. Mereka harus bersaing dengan klub sultan Liga Inggris, Newcastle United.

Baca Juga

Kabar yang megaitkan Japhet Tanganga dengan pintu keluar Tottenham Hotspur sendiri tentu bukan tanpa alasan.

Pasalnya, ia salah satu pemain yang mulai melorot di pecking order skuat The Lilywhites. Kondisinya yang kerap cedera juga berpengaruh terhadap menit bermain yang ia peroleh.

Musim lalu, ia hanya memainkan 19 pertandingan untuk Tottenham Hotspur di semua kompetisi. Catatan tersebut sudah termasuk absen selama tiga bulan karena cedera lutut.

Baca Juga

Di formasi tiga bek Antonio Conte, Cristian Romero adalah pilihan pertama untuk mengisi sisi kanan, Eric Dier bagus bermain di tengah, sedangkan Matt Doherty dan Emerson Royal bisa diplot sebagai wing back.

Tidak ayal, opsi yang cukup terbatas bagi Japhet Tanganga pun membuka peluang bagi sang pemain untuk angkat kaki dari Tottenham Hotspur di bursa transfer saat ini.


1. Bisa Jadi Fikayo Tomori Jilid 2

Fikayo Tomori kini sukses setelah tinggalkan Chelsea ke AC Milan. Foto: REUTERS-Alberto Lingria.

AC Milan pun disebut-sebut sebagai klub yang tertarik mendatangkan Japhet Tanganga. Jika merapat, ia bisa mengikuti jejak pemain buangan lainnya dari Liga Inggris, Fikayo Tomori.

Untuk diingat kembali, Fikayo Tomori pernah ‘menderita’ saat masih berseragam Chelsea beberapa waktu lalu. Akan tetapi, kariernya membaik setelah bermain di AC Milan.

Baca Juga

Berada di akademi Chelsea selama bertahun-tahun, membuat Fikayo Tomori belajar banyak tidak hanya ilmu sepak bola, tetapi juga persaingan yang sangat ketat demi satu tiket ke tim senior.

Tiket itu pada akhirnya berhasil ia raih setelah tampil gemilang di berbagai level usia. Bahkan, ia juga tergabung dalam skuat muda Chelsea yang berjaya di FA Youth Cup dan UEFA Youth League.

Tidak tanggung-tanggung, gelar kemenangan berhasil didapat anak-anak muda The Blues di dua ajang tersebut secara beruntun pada 2014-2015 dan 2015-2016.

Baca Juga

Meski menuai prestasi yang apik bersama Chelsea saat itu, Fikayo Tomori malah terseok-seok saat memulai karier profesionalnya di level senior.

Tersisih dari skuat, ia pun pindah ke AC Milan untuk menyelamatkan kariernya dari kehancuran. Berdiam di Chelsea saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Benar saja, keputusan untuk hengkang ke Italia ternyata berbuah manis, karena tidak butuh waktu lama baginya untuk jadi pilihan utama Stefano Pioli di sektor bek kanan.

Baca Juga

Kisah Fikayo Tomori ini pun bisa diilhami oleh Japhet Tanganga, yang sekarang lebih sering menjadi pemain back-up di skuat Antonio Conte.

Situasi kedua pemain yang bisa dibilang hampir mirip ini pun berpotensi terulang di AC Milan apabila Paolo Maldini dan timnya benar-benar mendatangkan Japhet Tanganga.

 

2. Japhet Tanganga Juga Punya Kualitas

Japhet Tanganga punya kualitas yang diakui oleh legenda Liga Inggris, Alan Shearer.

Meski namanya tidak setenar bek-bek favorit seperti Harry Maguire, Virgil van Dijk, dan yang lainnya, Japhet Tanganga punya kualitas yang diakui oleh legenda Liga Inggris, Alan Shearer.

Pujian tersebut terlontar dari mulut Alan Shearer setelah menonton pertandingan Tottenham Hotspur melawan Manchester City musim lalu.

Baca Juga

Pada waktu itu,  Japhet Tanganga tampil gemilang dalam membendung duo andalan Manchester City, Jack Grealish dan Raheem Sterling.

“Tanganga mendominasi Grealish dan Sterling. Dia punya tugas berat menghadapi keduanya. Luar biasa,” ucap Alan Shearer seperti dimuat laman HITC.

Salah Satu Target AC Milan

Baca Juga

Japhet Tanganga merupakan satu dari empat urusan pemain yang harus diselesaikan Paolo Maldini dalam waktu dekat.

Sejauh ini, AC Milan yang mengejar Japhet Tanganga juga harus menyelesaikan urusan mereka terkait Charles De Ketelaere dan Renato Sanches.

Di sisi lain, perpanjangan kontrak Zlatan Ibrahimovic juga salah satu isu penting yang sebaiknya kelar dalam waktu dekat.

Baca Juga

Namun publik tidak perlu khawatir karena pemain veteran asal Swedia tersebut akan memperpanjang masa baktinya selama satu tahun di AC Milan.

Hanya saja, ia akan mendapat pemotongan gaji karena masih harus absen panjang akibat cedera dan baru akan bermain lagi awal tahun depan.

AC MilanTottenham HotspurFikayo TomoriLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga ItaliaOne FootballJaphet Tanganga

Berita Terkini