x

Profil Klub Liga 1 2022: Borneo FC, Menuntaskan Gelar Juara yang Tertunda

Selasa, 19 Juli 2022 17:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Logo klub Liga 1, Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil klub Liga 1 2022, Borneo FC, yang berambisi untuk menuntaskan musim ini dengan gelar juara, walau ambisi ini sempat tertunda.

Ya, Borneo FC adalah tim yang konsisten di papan atas klasemen Liga 1 di setiap musim. Para pemainnya pun tidak banyak berubah, karena misi mereka adalah juara Liga 1.

Baca Juga

Misi itu nyaris berhasil dibuktikan di ajang pramusim Piala Presiden 2022, Borneo FC melesat ke final dan berjumpa tim kuat Arema FC.

Setelah bermain tanpa kekalahan di sepanjang penyisihan grup sampai babak semifinal, Borneo FC justru dibungkam oleh Arema FC di final leg 1 Piala Presiden 2022.

Sayangnya, di final leg 2 yang digelar di Stadion Segiri Samarinda, Borneo FC gagal mencetak gol dan bermain imbang 0-0 atas Arema FC. Mereka gagal meraih trofi juara.

Baca Juga

Maka dari itu, Borneo FC ingin menata ulang persiapan timnya, agar tampil lebih baik di Liga 1 2022. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh manajer Borneo FC, Dandri Dauri.

"Kami selalu bersemangat meningkatkan prestasi. Kalau kemarin (Liga 1 2021) finis peringkat keenam, ya musim selanjutnya minimal lima besar," kata Dandri Dauri.

Hal itu dibenarkan oleh pelatih Borneo FC, Milomir Seslija. Ia mengaku ingin move on dari Piala Presiden 2022, karena kick off Liga 1 2022 sudah di depan mata.

Baca Juga

"Kami hanya kalah sekali di Piala Presiden. Dari permainan sudah sangat meningkat pesat. Kalau kami bisa terus seperti ini, maka di Liga 1 juga bakal jauh lebih baik."

Masih ada waktu bagi Borneo FC untuk mematangkan strategi, sebelum menjamu Arema FC di pekan pertama Liga 1 2022, Minggu (24/07/22) sore, di Stadion Segiri.


1. Kedalaman Skuad Borneo FC

Pertandingan antara Borneo FC vs Arema FC Piala Presiden 2022. Foto: MO Arema FC

Pelatih Milomir Seslija nampaknya akan mengesahkan formasi 4-3-3 untuk bisa memaksimalkan setiap lini Borneo FC.

Angga Saputra akan menjadi kiper utama, kemudian dibayangi oleh dua kiper berkualitas, Shahar Ginanjar dan juga Dwi Kuswanto.

Javlon Guseynov akan menjadi jenderal di lini pertahanan, dikawal oleh sosok Agung Prasetyo, Leo Guntara, dan Diego Michiels.

Baca Juga

Sesekali, Milomir juga akan memainkan Fajar Fathur Rahman, bek berkualitas yang baru saja menyabet penghargaan sebagai pemain muda terbaik Piala Presiden 2022.

Lini tengah Borneo FC, tentu saja akan dikuasai oleh Kei Hirose, Hendro Siswanto, dan Stefano Lilipaly yang teruji kualitasnya, baik di level klub maupun Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sementara di lini depan, bakal dipertajam oleh dua penggawa asing, Jonathan Bustos dan Matheus Pato, dibantu oleh sang pelari cepat di sektor sayap, Terens Owang Puhiri.

Skuad sementara Borneo FC di Liga 1 2022:

Kiper: Angga Saputro, Shahar Ginanjar, Dwi Kuswanto, Pualam Bahari, Zulfikri

Bek: Javlon Guseynov (Uzbekistan), Agung Prasetyo, Nurdiansyah, Wildansyah, M. Ilham, Wiranto, Indra Mustafa, Leo Guntara, Irsan Lestaluhu, Alvin Derro Duaramuri, Ucok Ahya, Rifad Marasabessy, Diego Michiels, M. Ikhsan, Fajar Fathur Rahman

Baca Juga

Gelandang: Kei Hirose (Jepang), Jonathan Bustos (Argentina), Hendro Siswanto, Komang Teguh, Wahyudi Hamisi, Sultan Samma, Misbakus Solikin, Taufany Muslihuddin, Andy Harjito, M. Sihran, Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Arya Gerryan

Penyerang: Matheus Pato (Brasil), Ahmad Nur Hardianto, Rabbani Tasnim, Yuda Editya Pratama


2. Pelatih: Milomir Seslija

Pelatih anyar Borneo FC, Milomir Seslija.

Borneo FC serius membidik titel juara Liga 1 2022. Maka dari itu, manajemen pun mantap mendatangkan pelatih sarat pengalaman, Milomir Seslija, untuk membesut Pesut Etam. 

Sejak tahun 2011 lalu, Milomir Seslija sudah menukangi tim Indonesia. Ia pertama kali berlabuh ke Arema, Persiba Balikpapan, Madura United, hingga PSM Makassar.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa Arema juara Piala Presiden 2019, dan kini, ia baru saja membawa Borneo FC mencicipi babak final Piala Presiden 2022.

Bintang: Stefano Lilipaly

Bintang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly.

Gelar top skorer Piala Presiden 2022 boleh saja jatuh ke tangan Matheus Pato. Namun, pemain yang diprediksi akan jadi bintang di Liga 1 2022, tak lain adalah Stefano Lilipaly.

Beberapa gol Matheus Pato memanfaatkan assist dari Stefano Lilipaly. Walau pemain naturalisasi ini terlambat bergabug ke tim karena harus membela Timnas Indonesia.

Dari tujuh penampilannya di Piala Presiden 2022, Lilipaly berhasil mengemas empat gol dan dua assist, sebuah catatan yang sangat apik di ajang pramusim, jelang Liga 1 2022.

Borneo FCStefano LilipalyPiala PresidenMilomir SelsijaMilomir SeslijaLiga IndonesiaLiga 1profilBerita Liga 1Liga 1 2022-2023Piala Presiden 2022

Berita Terkini