x

Persib Bandung Dapat Izin Gunakan Stadion GBLA untuk Liga 1 2022-2023

Rabu, 20 Juli 2022 11:10 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Skuad Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (24/05/21).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung akhirnya bisa menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, sebagai tempat pertandingan kandang saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Kepastian tersebut didapat, setelah pihak kepolisian memberikan izin kepada tim kebanggaan Bobotoh untuk menggunakan Stadion GBLA pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Izin tersebut didapat tim kebanggaan Bobotoh, berdasarkan hasil koordinasi Kepolisian bersama berbagai pihak, termasuk manajemen Persib.

Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan dari kapasitas 38 ribu tempat duduk di Stadion GBLA, pada pertandingan nanti hanya 29 ribu yang bisa diisi. 

Pembatasan penonton yang bisa hadir langsung di Stadion tersebut, menyesuaikan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga

"Jadi sesuai dengan kesepakatan kapasitas di sana hanya 38 ribu, tapi karena dengan pertimbangan PPKM ini (kapasitas) jadi 29 ribu yang akan dipersiapkan panitia," kata Ibrahim, Rabu (19/07/22).

Lebih lanjut Ibrahim menuturkan, kapasitas penonton pada pertandingan kandang Persib di Stadion GBLA pada Liga 1 musim 2022-2023, selain karena aturan PPKM juga merupakan rekomendasi dari Kementerian PUPR.

"Keputusan dengan kapasitas tersebut, dengan hasil evaluasi rekomendasi PUPR, ini yang kita jadikan pegangan," ungkapnya.

Baca Juga

Pihak kepolisian terus berkoordinasi dengan Panpel Persib, terkait tiket pertandingan, termasuk mengantisipasi adanya tiket palsu yang beredar pada laga nanti.

"Jadi kita juga berkoordinasi degan panitia. jadi jumlahnya sudah jelas ini kita tahu betul spesifikasi jenis tiket yang disebarkan, kalau ada (yang) palsu jelas akan kita proses hukum," ucapnya.
 


1. Penonton Wajib Vaksin Booster

Bobotoh kembali menggelar aksi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (21/06/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Pihak kepolisian juga menegaskan, penonton yang bisa hadir langsung di Stadion pada laga kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 selain memiliki tiket, juga harus sudah mendapatkan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Jika belum mendapatkan vaksinasi booster, maka penonton tersebut otomatis dilarang menyaksikan langsung pertandingan di Stadion dan tidak akan mendapatkan tiket.

Baca Juga

Pasalnya, penjualan tiket akan dilakukan secara online dan terkoneksi langsung dengan aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, pembeli diwajibkan sudah mendapatkan vaksin booster.

"Jadi terkait dengan tiketing yang mensyaratkan PeduliLindungi dan booster juga ini dari penekanan kita untuk penonton, yang masuk harus booster. Ini ke depan masyarakat mau nonton sebelum beli tiket ini harus booster dulu, karena ini pakai PeduliLindungi," ucapnya.

"Sesuai dengan penjelasan dan koordinasi tadi, kalau tidak booster maka tidak masuk ke aplikasi PeduliLindungi, maka pembelian tiket akan tercancel dengan sendirinya jika tidak ada booster. Ini yang kami sampaikan," jelasnya.

Baca Juga

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, memastikan seluruh tiket pertandingan Persib di kompetisi Liga 1 2022-2023 akan dijual secara online melalui Apps dan website Persib.

"Untuk Liga 1 2022/2023 semua tiket akan dijual semua secara online. hanya melalui Apps Persib dan web Persib tidak ada penjualan offline," ucap Teddy. 

Baca Juga

"Dan satu KTP satu tiket aturan pemerintah ini semua akan terkoneksi ke PeduliLindungi, jadi apabila calon penonton belum divaksin booster ini maka secara otomatis akan tidak bisa membli tiket. Jadi itu dulu dipahami bersama," ungkapnya.


2. Skema Pembelian

Bobotoh menyaksikan laga perdana Persib di Piala Presiden 2022 menghadapi Bali United, di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12-06-22)

Penonton atau Bobotoh yang sudah membeli tiket, akan mendapatkan bukti pembelian melalui email atau WhatsApp. Kemudian, e-tiket tersebut harus ditukarkan terlebih dahulu sebelum pertandingan.

"Untuk tiket yang sidah dibeli kan ada elektronik tiket lewat email atau Wa. E-tiket itu wajib ditukarkan dengan tiket visit di pagi hari, nanti detail akan disosialisasikan," ujarnya.

Selain itu, akan ada beberapa pemeriksaan yang akan dilalui oleh penonton sebelum memasuki area Stadion. Sehingga, Teddy mengingatkan untuk yang tidak memiliki tiket, agar tidak memaksakan diri datang ke Stadion.

"Kemudian kita akan melakukan screening kepada penonton yang tadi untuk bisa masuk ke Gedebage dan areal Stadion. Kita sudah koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk bisa mengamankan dan membuat nyaman penonton semua," jelas Teddy.
 

Persib BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini