x

Akhirnya? Liverpool Sudah Temukan Penerus Fabinho, Tinggal Comot dari Akademi

Senin, 25 Juli 2022 22:17 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool sudah temukan calon penerus Fabinho? Foto: TF-Images/ Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, nampaknya tidak perlu pusing saat harus memikirkan calon penerus bek mereka, Fabinho.

Seperti diketahui, Liverpool termasuk klub yang memiliki banyak pemain muda berbakat yang berasal dari akademi mereka sendiri.

Baca Juga

Sebelumnya, Liverpool sudah mengorbitkan sejumlah pemain didikannya ke tim utama dan terbutki ampuh.

Sebut saja Trent Alexander-Arnold, Curtis Jones, dan Harvey Elliott. Bukan tidak mungkin, beberapa tahun ke depan akan ada penerus-penerus lainnya yang tidak kalah hebat dari mereka.

Salah satunya Stefan Bajcetic, pemain muda asal Spanyol yang baru saja mencuri perhatian publik berkat penampilannya di laga pramusim Liverpool.

Baca Juga

Pertama bergabung dengan Liverpool dari Celta Vigo pada Februari 2021. Bak sebuah permata, waktu itu ia adalah pemain di bawah umur asal luar negeri terakhir, yang bisa mendarat di Inggris setelah Brexit.

Sejak awal 2021, para klub Liga Inggris memang tidak bisa mendatangkan pemain berusia di bawah 18 tahun lagi dari luar negeri.

Buntutnya, Liverpool kemudian mengalihkan fokusnya membina bakat-bakat muda dari negeri sendiri, yang bisa mereka tempa dan orbitkan sebagai bintang masa depan tim.

Baca Juga

Beruntung, Stefan Bajcetic masih bisa mendarat di Liverpool sebelum pasar transfer luar negeri tutup. Bahkan, ia juga sempat diminati oleh rival The Reds di Liga Inggris, Manchester United.

Stefan Bajcetic adalah pemain Spanyol namun memiliki darah Serbia dari ayah yang juga berprofesi sebagai pesepak bola.


1. Siapa Stefan Bajcetic Calon Penerus Fabinho?

Liverpool sudah temukan calon penerus Fabinho? Foto: TF-Images/ Getty Images.

Sebagai pemain muda yang masih mengumpulkan menit bermain, Stefan Bajcetic tentu harus tampil impresif demi meraih hati Jurgen Klopp.

Usaha dan perjuangan itu pun ia tunjukkan saat agenda pramusim Liverpool melawan Manchester United, Crystal Palace, dan RB Leipzig.

Baca Juga

Ia adalah pemain yang sangat versatile alias serbabisa. Sempat beroperasi sebagai bek tengah, ia lalu dimainkan untuk peran yang lebih dalam lagi di sektor lapangan tengah.

Menimba ilmu di Liverpool U-18, U-21, dan U-23 pun menempa pemain berusia 17 tahun ini untuk beajar beroperasi di lini tengah.

Dengan pengalamannya ini, Stefan Bajcetic juga bisa menyerap lebih banyak ilmu dari pemain yang sudah ahli di posisi tersebut, Fabinho.

Baca Juga

“Saya selalu bermain sebagai bek tengah saat tumbuh dewasa, tetapi sekarang saya pikir saya mampu bermain di sana [sebagai nomor 6]. Jika mereka memberi saya kesempatan, saya akan melakukannya,

“Sejujurnya, saya tidak keberatan [di mana saya bermain]. Saya hanya ingin bermain sepak bola. Jika staf dan pelatih menganggap saya dibutuhkan di sana, saya akan bermain di sana,” ucapnya kepada laman resmi klub.

Selain itu, secara blak-blakan Stefan Bajcetic juga meyebut nama Fabinho sebagai pemain senior yang menjadi role model-nya.

Baca Juga

“Cara dia [Fabinho] bermain, saya pikir, adalah yang terbaik, dan saya selalu mencoba untuk melihat dan belajar darinya,

“Jelas sulit untuk bermain seperti dia, tetapi saya selalu mencoba untuk melihatnya dan belajar dari posisinya, semuanya,” tambahnya lagi.

 

2. Belajar dari Fabinho

Liverpool sudah temukan calon penerus Fabinho? Foto: TF-Images/ Getty Images.

Tentu saja, bukan tidak mungkin ia akan menjadi penerus Fabinho kelak di Liverpool, apabila mampu tampil konsisten demi meraih hati Jurgen Klopp.

Hanya saja, masih butuh waktu bagi Stefan Bajcetic untuk menasbihkan namanya di tim utama The Reds.

Baca Juga

Ia baru mendarat ke Liverpool pada 2021 saat berusia 16 tahun dan menghabiskan lebih banyak waktu di U-18 ditambah beberapa kali kesempatan latihan bersama tim senior.

Kesempatan baginya untuk mentas seperti Trent Alexander-Arnold maupun rekan-rekannya yang lain, tentu terbuka lebar.

Jika ia tampil baik dan dirasa cocok dengan gaya permainan Jurgen Klopp, ditambah usianya yang nanti dinilai sudah tepat, ia pasti akan mendapat tempat di tim senior.

Baca Juga

Hanya saja, cedera pada Januari lalu membuat Stefan Bajcetic harus mengakhiri musimnya lebih cepat. Alhasil, ia juga harus bekerja keras demi kembali bugar menjelang agenda pramusim Liverpool.

Hingga akhirnya, perjuangan tersebut membuahkan hasil dengan penampilan melawan Manchester United di Thailand.

Musim panas ini adalah waktu yang tepat bagi Stefan Bajcetic unjuk gigi dan mengembangkan permainannya.

Baca Juga

Apalagi, jika melihat hobi Jurgen Klopp yang kerap memberi kesempatan pemain muda dan murid akademi berpartisipasi di laga-laga piala.

Stefan Bajcetic akan menjadi tambahan amunisi berharga bagi Liverpool, dengan ketenangannya di lapangan. Ia juga bekontribusi besar saat merebut bola dari RB Leipzig dan membantu Darwin Nunez mencetak gol.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisWonderkidBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini