x

Incar Asnawi Mangkualam, Sektor Kanan Jeonbuk Hyundai Rupanya Paling Ancur di K-League 1

Selasa, 26 Juli 2022 16:40 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Memiliki sektor kanan paling buruk di K-League 1, rupanya menjadi alasan Jeonbuk Hyundai mengincar bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. Foto: Instagram@asnawi_bhr

INDOSPORT.COM – Memiliki sektor kanan paling buruk di K-League 1, rupanya menjadi salah satu alasan Jeonbuk Hyundai mengincar bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Salah satu bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, namanya kian populer semenjak menjadi pemain terbaik di salah satu klub K-League 2, Ansan Greeners.

Baca Juga

Baru saja Asnawi Mangkualam menjadi pemain terbaik pekan lalu saat Ansan Greeners membantai Gimpo FC dengan skor akhir 3-1.

Salah satu dari pencetak gol kemenangan Ansan Greeners adalah Asnawi Mangkualam. Pemain Timnas Indonesia itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-88.

Bahkan, dengan gol dan permainan apik yang ditunjukkannya bersama Ansan Greeners, Asnawi pun terpilih sebagai pemain terbaik pada laga ke-28 K-League 2.

Baca Juga

Torehan gol yang diciptakan Asnawi Mangkualam itu juga telah menyamai perolehan gol dari anak Shin Tae-yong, Shin Jae-hyuk.

Selain itu, ia juga menjadi pemain kedua dari Indonesia yang berhasil mencetak gol di liga elite Asia, setelah Ricky Yacobi saat bersama Marsushita pada 1988 silam.

Terbaru, nama Asnawi Mangkualam bahkan sukses menjadi sebelas pemain terbaik pada pekan ke-28 kasta kedua Liga Korea Selatan.

Baca Juga

Alhasil, muncul kabar Asnawi Mangkualam tengah dilirik oleh salah satu klub raksasa kasta teratas Liga Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors.

Ternyata, minat Jeonbuk Hyundai untuk mendatangkan Asnawi Mangkualam bukan tanpa alasan. Tim yang menjuarai K-League 1 musim lalu itu secara statistik memiliki sektor kanan yang buruk.


1. Jeonbuk Hyundai Butuh Asnawi di Sektor Kanan

Jeonbuk Hyundai Motors saat juara Liga Korea Selatan

Dilansir dari Sports Chosun, Jeongbuk Hyundai dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk merekrut Asnawi Mangkualam.

Keputusan Jeonbuk Hyundai untuk mendaratkan Asnawi ternyata karena mereka telah ditinggalkan oleh bek kanan andalan mereka, Lee Yong.

Baca Juga

Dengan hengkangnya Lee Yong secara tiba-tiba itu, kini Jeonbuk Hyundai memiliki sektor kanan yang sedang jeblok.

Sebab, jika memang Asnawi nantinya akan dimainkan sebagai bek kanan, ia bisa menjadi salah satu pemain belakang yang memiliki konversi gol baik.

Menurut data yang diperoleh dari Transfermarkt, sejak ditinggalkan Lee Yong, Jeonbuk Hyundai masih menyisakan satu slot kosong untuk posisi bek kanan.

Baca Juga

Selain itu, bek kanan yang dimiliki Jeonbuk Hyundai juga tidak produktif, karena tidak ada yang berhasil mencetak gol meski telah melalui 22 pertandingan.

Salah satu bek kanan terbaik yang dimiliki mereka adalah Chang-woo Park, tetapi ia hanya mampu mencetak satu assist saja dari 16 pertandingan yang telah dilaluinya.

Bahkan, semisal Asnawi akan dimainkan sebagai sayap kanan, ia harus bersaing dengan Min-kyu Song yang hanya mampu mencetak 1 gol dan 1 assist sejauh ini.

Baca Juga

Sedangkan satu-satunya pemain sayap kanan murni Jeonbuk Hyundai, Kyo-won Han, justru tak bisa tampil reguler karena hanya memainkan enam laga. Di K-league 1, Jeonbuk bersama dengan Suwon FC menjadi klub dengan sektor kanan terburuk. 

Oleh karena itu, Asnawi Mangkualam memiliki potensi besar untuk mengisi sektor kanan Jeonbuk Hyundai yang tengah bobrok, andai ia betul-betul meninggalkan Ansan Greeners.


2. Profil Jeonbuk Hyunda

Jeonbuk Hyundai Motors saat juara Liga Korea Selatan

Berikut profil klub kasta teratas Liga Korea Selatan yakni Jeonbuk Hyundai yang dilaporkan ngebet ingin merekrut bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam baru saja menunjukan performa mengesankan bersama Ansan Greeners di kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan, K-League 2.

Saat menghadapi pertandingan pekan ke-28 K-League 2 kontra Gimpo FC, Sabtu (23/07/22) malam WIB, Asnawi Mangkualam mampu menyumbang satu gol di menit ke-88.

Gol itu membuat Ansan Greeners berhasil memperoleh kemenangan dengan skor 3-1. Selain itu, bek Timnas Indonesia tersebut juga menorehkan sejumlah rekor.

Rekor pertama yakni menyamai koleksi gol anak dari Shin Tae-yong bernama Shin Jae-hyuk. Putra pelatih Timnas Indonesia itu juga sudah menyumbang satu gol untuk Ansan Greeners.

Baca selengkapnya: Profil Jeonbuk Hyundai, Klub Kasta Teratas Liga Korea yang Ngebet Rekrut Asnawi Mangkualam

Bola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharJeonbuk Hyundai MotorsAnsan GreenersOne Football

Berita Terkini