x

Piala AFF: Vietnam Berlatih di Jerman, Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Dapat 'Harta Karun'

Jumat, 29 Juli 2022 19:05 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, mendapat "harta karun" jelang tampil pada turnamen Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, mendapat "harta karun" jelang tampil pada turnamen Piala AFF U-16 2022. Video uji coba Vietnam di Jerman sudah dimiliki tim pelatih Garuda Muda.

Vietnam menjadi tim yang diprediksi sebagai lawan kuat di grup A. Sebelum terbang ke Indonesia, Vietnam pilih bersiap di Eropa.

Baca Juga

Jerman menjadi negara yang dipilih Vietnam. Mereka melakukan sejumlah uji coba melawan tim lokal. Tentu di negara tersebut, Vietnam lebih mudah mendapatkan lawan.

Namun, Timnas U-16 tak kehabisan akal untuk membedah kekuatan lawan. Ternyata, Bima Sakti memiliki sejumlah video pertandingan uji coba Vietnam di Jerman.

Video aksi Vietnam di Jerman sudah dipelajari. Hanya saja, langkah itu dilakukan bukan untuk "mengistimewakan" Vietnam.

Baca Juga

Bima Sakti menyebut semua pertandingan, termasuk partai pembuka melawan Filipina, Minggu (31/07/22) malam, sama pentingnya.

"Setiap pertandingan adalah penting. Pertama melawan Filipina itu penting banget. Tidak boleh menganggap remeh lawan. Kemudian tanggal 3 lawan Singapura sama juga," jelas Bima Sakti, Jumat (29/07/22).

"Dan, tanggal 6 pertandingan terakhir, kita akan melawan Vietnam. Itu tim yang luar biasa. Kita sudah dapat beberapa video saat mereka main di Jerman," lanjutnya.

Baca Juga

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti sendiri masih bingung dengan skuad yang akan diturunkan melawan Filipina pada pembuka Piala AFF U-16 2022.

28 pemain yang didaftarkan punya peluang sama untuk dimainkan. Peluang sama itu tak lepas dari progres yang ditunjukkan skuat Garuda Muda selama melakukan TC di Yogyakarta.


1. Video Rekaman

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti bisa mempelajari Vietnam melalui rekaman laga uji coba. Sementara untuk kekuatan Filipina dan Singapura, Bima Sakti masih buta.

Hal itulah yang mempertegas sikap Bima Sakti bahwa para pemain tak boleh meremehkan setiap lawan. Tiga pertandingan memiliki kepentingan sama besar.

Baca Juga

"Saya pikir semua berat, karena kita masih buta kekuatan Filipina dan Singapura. Mereka saya pikir juga mempersiapkan tim dengan baik," ujar Bima Sakti.

Timnas U-16 masih punya waktu sebelum melakoni laga pembuka melawan Filipina. Bima Sakti bakal memperbaiki tim berbekal performa dari tiga uji coba.

Baca Juga

Timnas U-16 melakukan uji coba melawan Porda DIY U-20 (0-2), Porda Sleman U-18 (5-0) dan Mataram Utama U-16+ (7-0).

"Kita antisipasi semua. Kita perbaiki kekurangan yang terlihat dalam uji coba," jelas mantan gelandang Timnas Indonesia ini.


2. Transisi Masih Jadi PR

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti melihat semua lini masih perlu berbenah lagi agar bisa mengawali Piala AFF U-16 2022 dengan hasil maksimal.

Kemenangan atas Filipina akan menambah percaya diri tim menyambut partai berikutnya melawan Singapura dan Vietnam.

"Masalah defence, attacking dan transisi kita ulang-ulangi, terutama transisi negatif. Saat kita menyerang, kita harus cepat rebut bola lagi," beber Bima Sakti.

Timnas U-16 sendiri tergabung di grup A Piala AFF U-16 bersama Filipina, Singapura dan Vietnam. Setelah melawan Filipina, Minggu (31/07/22), Timnas U-16 akan melawan Singapura (3 Agustus) dan Vietnam (6 Agustus).

Seluruh pertandingan Timnas U-16 akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara laga yang tak melibatkan Timnas Indonesia U-16, dalam hari yang sama, akan digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul.

VietnamFilipinaTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini