x

Profil Kaka, Sang Pencetak Gol Pertama untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16

Senin, 1 Agustus 2022 10:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Nama Arkhan Kaka Putra menjadi sorotan di laga perdana Piala AFF U-16 2022 bersama Timnas Indonesia U-16 karena menyumbang satu gol.

Timnas Indonesia U-16 sukses meraih kemenangan 2-0 atas Filipina di laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Di awal babak pertama, Timnas Indonesia U-16 langsung tampi menyerang. Beberapa peluang mampu mereka ciptakan ke gawang Filipina.

Laga baru berjalan tiga menit, ancaman Timnas Indonesia U-16 akhirnya membuahkan hasil. Lewat skema serangan balik, umpan sisi kanan pemain Indonesia salah diantisipasi lawan, yang berujung gol bunuh diri.

Skor 1-0. Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia U-16 terus melancarkan serangan. Akan tetapi beberapa peluang belum bisa menambah keunggulan.

Baca Juga

Memasuki menit ke-25, Timnas Indonesia U-16 terus melancarkan serangan ke pertahanan The Young Azkals -julukan Timnas Filipina U-16. 

Akan tetapi, beberapa tembakan yang dilesatkan Muhammad Nabil dkk gagal menemui jala gawang.

Sementara Filipina yang mengandalkan serangan balik, tak ada yang membuahkan hasil. Justru Timnas Indonesia U-16 lah yang bisa menambah gol pada menit ke-37.

Baca Juga

Adalah Arkhan Kaka Putra (37’) yang berhasil menyontek bola masuk ke gawang Cesar Inigo, Timnas Indonesia U-16 unggul 2-0, dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 langsung melakukan tekanan kepada Filipina.

Hampir saja Filipina mampu memberikan serangan balik setelah pemain belakang Indonesia sedang dalam kondisi tidak fokus.

Andrika hampir saja memberikan gol hadiah kepada Filipina setelah umpan yang dilakukannya salah menemui sasaran.

Tim besutan Bima Sakti itu hampir saja menambah pundi-pundi gol andai sundulan dari Arkhan Kaka di menit ke-56 tak membentur mistar gawang.

Pertandingan sempat dihentikan sementara di menit ke-60 setelah pemain belakang Filipina mengalami cedera karena menghalau serangan dari skuad Bima Sakti.

Filipina akhirnya mengawali pergantian pemain dengan menarik keluar Lucas untuk digantikan Vergara.

Kini giliran Timnas Indonesia menarik keluar Nabil dan Arjuna untuk digantikan Narenda serta Ji Da-bin.

Sebagai pemain pengganti, Ji Da-bin yang memiliki keturunan pemain Korea Selatan nyaris menjadi super sub, tetapi tendangannya terbang begitu tinggi dari mistar.

Memasuki menit ke-72 ada satu pemain Filipina mulai kelelahan dan harus ditandu keluar lapangan setelah melalui pertandingan yang begitu intens di babak pertama tadi.

Setelah terus mencoba menyerang di tiga menit akhir, kedudukan 2-0 atas Filipina berhasil menyegel kemenangan  Timnas Indonesia U-16 di laga perdana Piala AFF U-16 2022.
 


1. Profil Arkhan Kaka

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Nama Arkhan Kaka Putra menjadi buah bibir karena ia menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol kemenangan untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Ia memang mencetak hanya satu gol, tapi berkontribusi dalam dua gol kemenangan Skuad Garuda Asia. 

Baca Juga

Gol pertama bunuh diri pemain Filipina, berkat kontribusinya. Jared Pena saat laga baru berjalan tiga menit terjadi karena salah mengantisipasi umpan Kaka.

Sebelum akhirnya mencetak satu gol jelang akhir babak pertama. Performanya itu mengundang decak kagum dari publik.

Lantas seperti apa sosok Arkhan Kaka Putra? pemain berusia 14 tahun itu lahir di Blitar pada 02 Septermbe 2007. 

Baca Juga

Darah atletnya sudah mengalir sejak dalam kandungan, karena ia anak dari mantan pesepakbola nasional yang pernah membela beberapa klub Liga 1 ternama seperti Persija Jakarta, bernama Purwanto Suwondo.

Karier sepak bolanya dimulai dari SBB Tunas Muda Blitar. Talentanya kemudian tercium oleh pemantau bakat Bhayangkara FC, dan merekrutnya untuk tampil di Elite Pro Academy U-16.

Bersama Bhayangkara FC, Kaka memperlihatkan penampilan yang baik. Pemilik nama yang sama dengan mantan pemain timnas Brasil, Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka itu sukses menjaringkan sembilan gol.

Baca Juga

Saat masih aktif bermain, Ricardo Kaka berhasil membantu AC Milan menjuarai Serie A, Supercoppa Italiana, UEFA Champions League, UEFA Super Cup serta FIFA Club World Cup.

Sementara saat memperkuat Timnas Brasil, eks penggawa Sao Paulo tersebut mampu membawa tim Samba juara FIFA World Cup 2002 serta FIFA Confederations Cup tahun 2005 dan 2009.

Berbekal prestasi gemilang dari Ricardo Kaka tersebut, sosok Arkhan Kaka diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia U-16 berjaya pada gelaran Piala AFF U-16 2022 ini.


2. Lika-liku Bela Timnas Indonesia U-16

Aksi Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Meski tampil apik bersama Bhayangkara FC di Elite Pro Academy U-16, tidak membuat Arkhan Kaka Putra bisa melenggag mulus membela Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengungkapkan Kaka sempat dicoret pada seleksi tahap awal hingga akhirnya berhasil membuktikan layak berseragam timnas.

Baca Juga

"Sempat kecoret di seleksi awal, waktu bulan Mei 2021. Seleksi dari 169 pemain, termasuk Kaka kita coret. Ternyata dia bisa bangkit saat ikut Elite Pro Academy Bhayangkara U-16 dia bisa jadi salah satu topskor Bhayangkara FC," ucap Bima.

Pada akhirnya Bima Sakti pun kembali memanggilnya untuk mengikuti pemustan latihan kedua di Jakarta pada beberapa bulan lalu, hingga lolos membela Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Di turnamen ini, Indonesia berada di Grup A bersama tim-tim seperti Vietnam, Singapura, dan Filipina. Bima mengatakan, untuk level kelompok umur, tim negara-negara peserta kekuatannya semua hampir merata.

Piala AFF U-16 akan diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Sultan Agung di Bantul. 

Pada laga pertama, Garuda Asia akan menghadapi tantangan dari Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tanggal 31 Juli 2022 pukul 20.00 WIB.

Dengan adanya dukungan dari suporter Indonesia setempat, diharapkan dapat membantu target juara tim ini sebagai tuan rumah.

Timnas Indonesia U-16Bima SaktiBola InternasionalLiga IndonesiaOne FootballPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini