x

3 Faktor yang Mendukung Timnas Indonesia U-16 Bisa Bantai Singapura di Piala AFF U-16 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 09:54 WIB
Editor: Juni Adi
Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina U-16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 diprediksi akan tampil menggila saat melawan Singapura di laga lanjutan Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni duel seru melawan Singapura dalam laga lanjutan babak penyisihan grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Rabu (03/08/22) malam WIB.

Baca Juga

Tuan rumah mengusung misi melanjutkan tren positif, setelah di pertandingan perdana mereka mampu meraih kemenangan saat berhadapan dengan Filipina.

Timnas Indonesia U-16 menang meyakinkan dengan skor akhir 2-0 atas Filipina. Satu gol dicetak oleh pemain lawan (bunuh diri/own goal), sedangkan satunya dibuat oleh Arkhan Kaka.

Indonesia sejatinya bisa menang dengan skor lebih besar. Namun, beberapa peluang gagal mereka konversi menjadi gol ke gawang Filipina.

Baca Juga

Sementara Singapura sendiri tampil mengecewakan di awal-awal turnamen Piala AFF U-16 2022 ini, karena di laga perdana mereka sudah menelan kekalahan memalukan.

Singapura dibantai 5-1 oleh Vietnam pada Minggu (31/07/22) kemarin. Melihat hasil tersebut, membuat pelatih Bima Sakti akan melakukan rotasi pemain.

Sebab dinilainya kalau Singapura bukanlah tim kuat di grup ini, dan lebih fokus untuk menghadapi Vietnam di laga ketiga nanti.

Baca Juga

"Ada rotasi beberapa posisi yang kita ubah karena kita juga antisipasi nanti persiapan untuk lawan Vietnam," jelas Bima.

Kendati demikian, Singapura sendiri berharap bisa tampil lebih baik dari laga pertamanya di Piala AFF U-16 2022. Hal itu diungkap oleh sang pelatih, Angel Toledano.

"Kami hanya bisa mengandalkan serangan balik," kata Toledano.

"Kami harus lebih baik di pertandingan selanjutnya, dan saya memberitahu pemain untuk tetap optimis," tandas pelatih asal Spanyol itu.

Namun demikian, Timnas Indonesia U-16 tetap difavoritkan untuk bisa meraih kemenangan saat melawan Singapura di pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-16 2022 ini, berikut faktor-faktor pendukungnya.


1. Timnas Indonesia U-16 Unggul Stamina

Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina U-16.

Timnas Indonesia U-16 bisa menang mudah atas Singapura, bukan hanya karena alasan kualitas tapi juga dari segi stamina.

Pasalnya, stamina para pemain Singapura terlihat kurang prima jika dinilai dari pertandingan perdana melawan Vietnam.

Baca Juga

Memang di awal-awal pertandingan, para pemain Singapura mampu mengimbangi permainan Vietnam. Namun kekuatan fisik mereka hanya bertahan di 30 menit awal.

Sisanya, para pemain Singapura terlihat kelelahan yang berakibat tekanan serangan mulai mengendur dan dimanfaatkan dengan baik oleh Vietnam untuk menggelontorkan gol.

Kelelahan fisik membuat konsentrasi para pemain Singapura berantakan. Kelemahan ini bisa jadi modal bagi Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan.

Baca Juga

Motivasi Tinggi Timnas Indoensia U-16

Saat ini Timnas Indonesia U-16 berada di posisi kedua pada klasemen sementara Piala AFF U-16 2022 Grup A, dengan koleksi 3 poin.

Mereka hanya kalah dari Vietnam dalam urusan selisih gol meski sama-sama mengumpulkan 3 poin.

Kemenangan kedua tentu menjadi misi yang ingin diwujudkan oleh para pemain Timnas Indonesia U-16, melawan Singapura nanti.

Baca Juga

Motivasi itu yang bisa membuat Timnas Indonesia U-16 melanjutkan tren positif. Apalagi mereka bisa dibilang kualitas permainannya jauh lebih baik dari The Young Lions.

Penilaian itu sudah terlihat di laga pertama saat Timnas Indonesia U-16 berhadapan melawan Filipina. Mereka bermain agresif dan eksplosif.

Namun sayang masih ada sedikit kekurangan yakni penyelesaian akhir yang buruk. Buktinya, Timnas Indonesia U-16 seharusnya bisa menang besar atas Filipina, karena mendapat sejumlah peluang emas.

Sayang tak banyak yang bisa dikonversi menjadi gol. Waktu jeda dua haris bisa dimanfaatkan oleh tim pelatih Bima Sakti, untuk memperbaiki hal tersebut.


2. Pertahanan Singapura Sangat Keropos

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Kekalahan memalukan yang dialami oleh Singapura atas Vietnam di laga perdana Piala AFF U-16 2022, membuat Negeri Singa wajib melakukan sejumlah perbaikan.

Khususnya di lini belakang yang menjadi perhatian. Sebab kebobolan 5 gol adalah bukti pertahanan Singapura sangat keropos dan belum siap terjun di turnamen ini.

Baca Juga

Perbedaan kualitas menjadi faktor nyata saat melawan Vietnam. Menghadapi permainan kolektif dan cepat, para pemain Singapura tampak kuwalahan.

Para pemain Vietnam mampu membongkar sistem pertahanan Singapura dengan mudah, karena para pemain lawan bermain tidak tenang.

Baca Juga

Melawan Timnas Indonesia U-16 nanti dengan gaya permainan mirip dengan Vietnam, akan membuat Singapura kembali kesulitan untuk meraih kemenangan.

SingapuraTimnas Indonesia U-16Bima SaktiTRIVIAOne FootballPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini