x

Teja Paku Alam dan I Made Pulih, Pelatih Persib asal Brasil Girang Bukan Main

Rabu, 3 Agustus 2022 21:10 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, mengaku senang dengan pulihnya kondisi Taja Paku Alam dan I Made Wirawan jelang pekan ketiga Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, mengaku senang dengan pulihnya kondisi Taja Paku Alam dan I Made Wirawan, menjelang bergulirnya pekan ketiga Liga 1 2022-2023.

Menurut Passos, pulihnya kondisi Taja Paku Alam dan I Made Wirawan sangat penting, karena keduanya merupakan penjaga gawang berkualitas dan berpengalaman yang dimiliki oleh Persib.

Baca Juga

Sehingga, dengan pulihnya Teja Paku Alam dan Made Wirawan, maka kekuatan tim kebanggaan Bobotoh bakal bertambah untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Sebagai informasi, Teja Paku Alam sebelumnya mengalami cedera patah tulang jari, sehingga penjaga gawang yang menggunakan nomor punggung 14 itu harus absen pada turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 dan dua laga kompetisi Liga 1 2022-2023.

Meski demikian, menurut Passos, Teja Paku Alam sudah berlatih secara normal bersamanya dalam dua pekan terakhir.

Baca Juga

"Ya tentu saja karena sangat penting ketika kiper kami dalam kondisi yang bagus. Teja dan Made sudah kembali berlatih dan Teja sudah bersama saya selama dua pekan melakukan latihan normal," kata Passos di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (02/08/22).

Pelatih asal Brasil ini menilai, pada sesi latihan kedua penjaga gawang tersebut bisa menjalankan program yang diberikan olehnya. Sehingga, dia merasa optimis keduanya bisa segera bermain dalam waktu dekat.

Baca Juga

Persib sendiri dalam waktu dekat akan melakoni pertandingan tandang kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (07/08/22).

"Latihan yang bagus, prosesnya juga bagus. Untuk Made juga. Jadi di laga selanjutnya, mereka berdua dalam kondisi bagus untuk bermain," ucapnya.


1. Gagal Cleansheet di 2 Laga

Pemain Persib Bandung melakukan protes kepada wasit saat pertandingan menghadapi Madura United.

Pada dua pertandingan awal kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (24/07/22) dan Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (30/07/22), Persib memasang Fitrul Dwi Rustapa.

Dari dua pertandingan tersebut, skuat Maung kebobolan lima gol, yakni dua gol saat laga menghadapi Bhayangkara FC dan tiga gol ketika menjamu Madura United.

Baca Juga

Menurut Passos, lima gol yang bersarang ke gawang Persib tidak sepenuhnya kesalahan penjaga gawang, sebab dalam pertandingan ada 11 pemain yang berada di lapangan.

Selain itu, dia menilai pada dua pertandingan tersebut Fitrul yang mendapat kepercayaan menjaga gawang Persib, beberapa kali menggagalkan peluang lawan.

"Itu tidak masalah. Sepak bola bukan hanya kiper yang bermain. Saya melihat di pertandingan juga Fitrul bisa melakukan banyak penyelamatan," ucapnya.

Baca Juga

Passos memastikan, setiap pemain yang mendapat kesempatan bermain dalam pertandingan, akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya termasuk Fitrul yang berada di bawah mistar gawang.

"Dia sudah berusaha yang terbaik untuk tim, melakukan penyelamatan tapi terkadang gol lawan tetap saja bersarang. Bagi saya tidak masalah, saya tetap percaya kepada Fitrul," jelasnya.

Baca Juga

Sementara itu, Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani, membeberkan alasan mengizinkan Ciro Alves masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) saat menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (30/07/22).


2. Alasan Turunkan Ciro Alves

Striker Persib, Ciro Alves saat pertandingan melawan Madura United.

Menurut Raffi, ada beberapa pertimbangan yang membuat tim pelatih memasukkan nama Ciro Alves dalam DSP, di antaranya kondisi yang mulai pulih serta agar pemain asal Brasil tersebut semakin termotivasi untuk kembali ke lapangan.

Kondisi cedera Ciro Alves sendiri, sudah berangsur pulih, meski begitu saat ini tim medis masih menguatkan bagian otot lengannya, lantaran sebelumnya di bagian tersebut tidak banyak melakukan aktivitas. 

Sebagai informasi, Ciro Alves mengalami cedera patah tulang bahu, cedera tersebut didapat pada pertandingan babak penyisihan Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi Persebaya Surabaya.

Meski mengalami patah tulang bahu, tetapi pemain yang baru bergabung pada musim 2022-2023 ini tidak memerlukan operasi untuk memulihkan kondisinya.

Hanya saja, saat itu Ciro Alves membutuhkan waktu sekitar enam pekan untuk memulihkan kembali kondisinya, agar bisa tampil kembali di lapangan memperkuat skuat Persib Bandung di Liga 1.

Baca Juga
Persib BandungI Made WirawanLiga IndonesiaTeja Paku AlamLiga 1Berita Liga 1Luiz Fernando Silva Passos

Berita Terkini