x

Piala AFF U-16: Lapangan Bergelombang, Media Vietnam Serang Habis Stadion Sultan Agung Bantul

Kamis, 4 Agustus 2022 21:04 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Salah satu sudut di pinggir lapangan Stadion Sultan Agung, Blitar.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam dikabarkan telah mengkritik habis-habisan Stadion Sultan Agung Bantul karena tidak ratanya lapangan di stadion tersebut.

Sebagaimana diketahui, Stadion Sultan Agung, Bantul merupakan salah satu stadion yang dijadikan venue untuk turnamen Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Media Vietnam, Soha, menyebut ada beberapa kekurangan yang sangat terasa dan mencolokyang dimiliki oleh markas klub Persiba Bantul tersebut.

Soha kemudian melontarkan kritikan pedas setelah tim kepelatihan Timnas Vietnam U-16 melakukan tinjauan ulang di Stadion Sultan Agung.

Pasalnya, Timnas Vietnam U-16 akan melakoni laga perdana mereka di Grup A Piala AFF U-16 2022 di stadion tersebut.

Baca Juga

“Seperti yang dicatat asisten pelatih Timnas Vietnam U-16, permukaan lapangan Sultan Agung tidak rata, rumput tumbuh di ketinggian di ukuran yang berbeda-beda, ada yang tinggi, ada yang rendah,” tulis Soha.

“Selain itu, karena rumput berbeda, ada area yang permukaannya keras, tetapi ada area yang permukaannya lunak, banyak penyok, bergelombang dan kasar,” tambah Soha.

Soha menyebut kontur lapangan pada Stadion Sultan Agung yang tidak rata dapat mempengaruhi performa para pemain.

Baca Juga

Selain itu, tidak ratanya lapangan di markas milik Persiba Bantul itu juga dapat mengakibatkan resiko pemain cedera lebih tinggi.

“Hal ini secara langsung memengaruhi pergerakan dan lari pemain Vietnam U-16, karena akan memengaruhi tumpuan kaki di masing-masing area (lunak dan keras),” tegas Soha.


1. Vietnam Berhasil Raih Kemenangan di Stadion Sultan Agung

Suporter Vietnam pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Vietnam U-16 berhasil menaklukkan Timnas Filipina U-16 di stadion yang dikritik oleh media asal Vietnam, Soha.

Timnas Vietnam U-16 berhasil melibas Timnas Filipina U-16 dengan skor yang sangat meyakinkan, yakni 5-0 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (03/08/22).

Baca Juga

Vietnam sukses meraih kemenangan melalui gol yang dicetak Le Van Thuang pada menit ke-40, Le Dinh Long Vu (42' dan 58'), Phan Thanh Duc Thie 55', dan Hoang Cong Hau 72'. 

Kemenangan tersebut sukses membuat Timnas Vietnam U-16 berada di posisi kedua klasemen sementara Piala AFF U-16 Grup A.

Timnas Vietnam U-16 masih kalah dengan Timnas Indonesia U-16 yang unggul dalam jumlah selisih gol. Hal tersebut mengingat Timnas Indonesia yang mampu melibas Singapura dengan skor 9-0.

Baca Juga

Atas kemenangan yang diraih Timnas Indonesia tersebut tampaknya membuat media di negara Vietnam mengalami kekhawatiran.

Soha bahkan menyarankan agar Timnas Vietnam U-16 tampil habis-habisan saat mereka menghadapi partai puncak Grup A melawan Timnas Indonesia, Sabtu (06/08/22).

Soha juga turut mengatakan bahwa Timnas Vietnam U-16 harus wajib menang. Sebab, jika kalah Timnas Vietnam U-16 bisa gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 meski presentasenya kecil.

Baca Juga

“Kalahkan Singapura dengan skor luar biasa, Indonesia ancam peluang Vietnam U-16 ke semifinal,” tulis Soha dalam judul artikelnya.

“Dengan hanya juara grup yang lolos otomatis, Vietnam U-16 wajib menang atas Indonesia di laga terakhir untuk lolos ke semifinal. Jika seri atau kalah, skuad asuhan Nguyen Quoc Tuan harus menunggu hasil pertandingan dari grup lain,” lanjut Soha.


2. Kurang Disiplin, Pelatih Timnas Vietnam U-16 Pesimis Jelang Lawan Timnas Indonesia U-16

Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina U-16.

Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan mengaku merasa pesimistis jelang laga melawan Timnas Indonesia U-16 dalam turnamen Piala AFF U-16 2022.

Meski berhasil meraih kemenangan besar atas Filipina U-16, pelatih Timnas Vietnam U-16 mengaku masih perlu melakukan banyak evaluasi.

Nguyen Quoc Tuan mengakui para anak asuhnya masih kurang disiplin kala mereka berlaga di lapangan, terlebih ketika melawan Filipina U-16. Hal itu membuat dirinya merasa ragu jelang mengahadapi Timnas Indonesia U-16.

Bahkan, sang pelatih mengaku bahwa dirinya juga masih belum puas dengan performa yang sudah ditunjukkan para penggawanya itu.

“Dalam pertandingan melawan Filipina U-16, saya masih belum puas. Khususnya masalah kedisiplinan. Saya mengatakan kepada Anda untuk tidak bermain lama, tetapi dalam beberapa situasi beberapa orang masih tidak mengikuti instruksi,” ujar Nguyen Quoc Tuan dilansir dari Soha.

Baca Selengkapnya: Masih Kurang Disiplin, Pelatih Timnas Vietnam U-16 Pesimis Jelang Lawan Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Bola InternasionalTimnas VietnamStadion Sultan AgungBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini