x

3 Jalan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-16 2022, Vietnam Batu Sandungan

Kamis, 4 Agustus 2022 09:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat peluang Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil membekuk Singapura di matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2022, Rabu (3/8) malam.

Tidak tanggung-tanggung, 9 gol tanpa balas dilesatkan begitu saja ke gawang Singapura tanpa ampun oleh skuad besutan Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Baca Juga

Bahkan cepat saja, Garuda Asia membuka keunggulan di babak pertama dengan sebuah gol yang terjadi pada menit ke-2.

Dan tidak butuh waktu lama, tahu-tahu tulisan di papan skor sudah berubah jadi 3-0, padahal babak pertama baru berjalan sekian menit.

Hingga akhirnya, pertandingan memasuki half-time dengan kedudukan Timnas Indonesia U-16 unggul 6-0 atas sang lawan.

Baca Juga

Akan tetapi, meski sudah unggul besar, Indonesia belum mau berpuas diri. Mereka terus menyerang Singapura dan menciptakan sejumlah peluang untuk memperlebar jarak keunggulan.

Setelah beberapa kali percobaan, tiga gol tambahan pun diperoleh. Salah satunya dari titik putih, yang kemudian menutup pertandingan Indonesia vs Singapura dengan skor akhir 9-0.

Dengan hasil ini, Indonesia lagi-lagi mengukir hasil positif selama perjalanannya di Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Sebelumnya, mereka menumpas perlawanan Filipina dengan skor 2-0, yang artinya hingga saat ini Indonesia masih mempertahankan gawang mereka tetap perawan selama kompetisi berlangsung.

Kemenangan atas Singapura ini juga menjaga asa Indonesia untuk menginjakkan kaki di semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga kontra Vietnam pun bakal jadi kunci penting Nabil Asyura dkk mewujudkan misi ini.


1. Melihat Skenario yang Ada

Melihat peluang Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI.

Menang Lawan Vietnam

Setelah menghadapi Singapura, Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF U-16 2022 dijadwalkan bersua lawan sulit, Vietnam.

Masalahnya, tim yang satu ini juga baru menang besar melawan Filipina di matchday kedua dengan skor 5-0.

Baca Juga

Namun tentu saja, Garuda Asia akan tampil semaksimal mungkin demi meraih poin penuh agar bisa melaju mulus ke semfinal Piala AFF U-16 2022.

Kemenangan atas Vietnam akan menempatkan Indonesia di puncak klasemen Grup A, yang artinya berhak atas satu tiket ke fase gugur.

Nantinya Indonesia akan mengumpulkan 9 poin, yang mana hasil dari 3 kemenangan sempurna di putaran grup.

Baca Juga

Sementara itu, Vietnam yang berada di peringkat kedua masih harus bersaing dengan tim-tim lainnya demi gelar runner-up terbaik.

Sejauh ini, mereka masih unggul untuk kategori runner-up terbaik berkat hasil impresifnya di pertandingan-pertandingan Grup A.

Mengangkangi Myanmar dan Laos, Vietnam unggul dari segi poin, selisih gol, serta produktivitas gol, yang notabene jadi indikator kelolosan tim lewat jalur runner-up terbaik.

Baca Juga

Imbang Lawan Vietnam

Tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2022 tetap dalam genggaman apabila Timnas Indonesia U-16 hanya main imbang di laga terakhirnya di Grup A.

Terlebih, anak-anak asuh Bima Sakti sejah ini sudah mengumpulkan selisih gol yang sangat impresif (+11) dari dua laga kontra Filipina dan Singapura, bahkan tanpa mengalami kebobolan sama sekali.


2. Vietnam Batu Sandungan

Melihat peluang Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI.

Tabungan ini pun dirasa cukup untuk ‘menyelamatkan’ kans mereka ke fase besar, karena di sisi lain Vietnam hanya mengantongi selisih gol +9.

Hasil tersebut diperoleh Nguyen Huu Trong dari dua kemenangan kontra Singapura (5-1) dan Filipina (5-0).

Baca Juga

Kalah?

Tentu saja, ada kemungkinan Timnas Indonesia U-16 bakal kalah dari Vietnam mengingat sang lawan adalah salah satu tim terkuat di kompetisi.

Jika hal yang tidak diinginkan itu benar-benar harus terjadi, Indonesia masih punya peluang besar ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Tiket tersebut nantinya bisa diperoleh lewat jalur runner-up terbaik. Hanya saja, Indonesia harus menunggu hasil Grup B dan C yang jadwalnya sedikit lebih lama dari mereka.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-16 akan lolos sebagai runner-up terbaik selama unggul dari jumlah poin jika kalah dari Vietnam (6), kemudian tidak lupa selisih dan produktivitas gol.

Hal-hal tersebut diperlukan sebagai tolak ukur head to head dalam menentukan siapa runner-up yang layak melaju ke semifinal Piala AFF U-16.

Laga Kontra Vietnam

Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan berjumpa Vietnam di matchday ketiga Grup A pada Sabtu tanggal 6 Agustus 2022.

Baca Juga

Pertandingan Indonesia vs Vietnam ini akan dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, mulai pukul 20.00 WIB.

Duel yang sangat krusial, bagaimanakah nasib Timnas Indonesia menuju semifinal Piala AFF U-16 2022?

VietnamSingapuraTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini