x

Menghadap Jokowi, PSSI Dijanjikan Training Center Timnas Indonesia di Ibu Kota Baru

Rabu, 3 Agustus 2022 18:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Menghadap Jokowi, PSSI dijanjikan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Baru.

INDOSPORT.COM – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengabarkan bahwa PSSI akan memiliki pusat pelatihan sepak bola di Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (03/08/22).

Pemerintah Indonesia kini memang tengah mempersiapkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Kalimantan, atau lebih tepatnya di Kalimantan Timur.

Baca Juga

Atas persiapan tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun meminta agar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN nantinya.

Hal ini diketahui lewat akun media sosial Twitter, Mochamad Iriawan yang membagikan postingan pertemuannya dengan Presiden Jokowi.

Tak hanya dengan Presiden Jokowi, dalam postingan tersebut juga terlihat Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Baca Juga

“Saya dan seluruh masyarakat Indonesia sangat gembira dengan gagasan Presiden RI Bapak @jokowi yang akan membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. Insyaallah dengan segala fasilitas yang diberikan, sepak bola Indonesia terus maju,” tulis Mochamad Iriawan dalam akun media sosial Twitter-nya.

Arahan Presiden Jokowi tersebut diputuskan setelah melihat perkembangan sepak bola nasional yang semakin baik.

Presiden ke-7 Republik Indonesia tersebut juga turut meminta pembangunan pusat pelatihan yang lengkap di IKN.

Baca Juga

Selain itu, pemerintah juga akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN, yakni fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap.

Pembangunan ini juga dalam upaya mendukung rencana Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang.


1. Dalam Rangka Olimpiade 2036

Menghadap Jokowi, PSSI dijanjikan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Baru

Dalam pertemuan tersebut, Menpora, Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden Jokowi melihat perkembangan sepak bola Indonesia yang signifikan.

"Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru," ujar Zainudin Amali dalam keterangannya.
Menpora melanjutkan, rencananya di IKN pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga, baik fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap. 
Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 kelak. "Sekaligus beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menambahkan bahwa pihaknya merasa gembira dengan gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. 
Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Tanah Air.
"Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju," ujar Ketua Umum PSSI.

2. PSSI Masih Memastikan Pelaksaan Piala Indonesia 2022

Hasil pertandingan Liga 1 2022-2023 antara PSM Makassar vs Bali United, Jumat (29/7/22).

Induk sepak bola nasional, PSSI, sepertinya masih belum bisa menentukan kapan waktu yang pas untuk melangsungkan kick off Piala Indonesia 2022.

PSSI memang sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran terkait wacana kembali menggulirkan Piala Indonesia.

Di mana dalam surat edaran tersebut dikabarkan Piala Indonesia 2022 akan berlangsung pada bulan Agustus hingga Maret 2023.

Kini sudah memasuki bulan Agustus namun waktu kick-off Piala Indonesia 2022 pun belum menemui kejelasan.

Disinggung hal ini, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan saat ini masih dalam proses komunikasi dengan pihak-pihak sponsor.

Baca Selengkapnya: Masih Komunikasi dengan Sponsor, PSSI Belum Tentukan Kick-off Piala Indonesia 2022

PSSIKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)JokowiMenporaLiga IndonesiaMochamad IriawanZainudin Amali

Berita Terkini