x

Laga Hidup-mati Hadapi Timnas U-16, Pelatih Vietnam Lempar Peringatan Keras

Jumat, 5 Agustus 2022 08:01 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Logo Piala AFF U-16.

INDOSPORT.COM - Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, memberi peringatan keras kepada seluruh pemain menjelang berjumpa timnas Indonesia U-16 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/22).

Nguyen Quoc Tuan senang menyaksikan Vietnam U-16 bisa mencetak 10 gol dalam dua pertandingan di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Baca Juga

Pertama, Vietnam U-16 melibas Singapura dengan skor 5-1. Kemudian, pada pertandingan kedua, giliran Filipina digelontor lima gol tanpa balas.

Hanya saja, Nguyen Quoc Tuan memiliki catatan terkait mentalitas para pemain sebelum laga pamungkas di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Mereka perlu melakukan perubahan jika ingin melangkah jauh di Piala AFF U-16.

"Saya masih belum puas, khususnya masalah kedisiplinan. Saya mengatakan kepada pemain untuk tak menahan bola terlalu lama, tapi dalam beberapa situasi, pemain belum mengikutinya," kata Nguyen Quoc Tuan.

Baca Juga

"Selama periode ketika tim memenangkan laga melawan Filipina dengan lima gol, mereka harus bermain sederhana dan mengontrol bola, tetapi dalam beberapa situasi pemain membuat pilihan yang rumit," lanjutnya.

Bagi Nguyen Quoc Tuan, penting bagi Vietnam U-16 untuk bertumbuh karena lawan yang akan mereka hadapi di Piala AFF U-16 2022 semakin kuat.

Baca Juga

"Dua kemenangan bukanlah apa-apa. Kami masih akan bertemu lawan kuat nanti seperti Thailand, Australia, Indonesia, atau Myanmar," tutur Nguyen Quoc Tuan.

"Kami harus mencari cara untuk mencapai pertandingan terakhir (final) dan baru lah kami bisa bangga terhadap pencapaian itu," lanjutnya.


1. Pemain Ogah-ogahan

Aksi Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Nguyen Quoc Tuan juga melihat bahwa para pemain, ketika hendak melawan Filipina, memasuki lapangan dengan sikap yang tak sesuai keinginannya.

"Sebelum Filipina, beberapa pemain memasuki lapangan dengan kemauan dan tekad seadanya. Saya mengingatkan untuk segera berubah jika masih ingin melanjutkan karier lebih jauh lagi," papar Nguyen Quoc Tuan.

Baca Juga

Disinggung mengenai duel melawan timnas Indonesia U-16, dia meyakini bahwa laga ini tidak akan semudah melawan Filipina dan Singapura.

Harus ada perjuangan yang lebih besar agar bisa memenuhi target untuk melenggang mulus ke semifinal Piala AFF U-16 sebagai pemuncak klasemen Grup A.

Baca Juga

"Kami akan berusaha lebih keras, dengan semangat yang lebih tinggi saat bermain melawan Indonesia U-16," tegas Nguyen Quoc Tuan.


2. Tempaan Jerman

Logo Piala AFF U-16.

Mentalitas Nguyen Duy Dung dkk. sejatinya sudah mendapat tempaan luar biasa dari federasi sepak bola Vietnam, VFF. Mereka sempat menjalani masa persiapan cukup panjang di Jerman sebelum berangkat ke Indonesia.

Vietnam U-16 sempat menjajal beberapa tim junior di Jerman, dengan hasil lumayan bagus. Setelah menahan imbang Borussia Dortmund (2-2), mereka kalah 0-3 dari Eintracht Frankfurt 0-3.

Baca Juga

Kemudian, mereka bangkit dengan mengalahkan FC Koln 2-1 dan melibas Monchengladbach U-17 6-0. Sebuah modal berharga untuk menyambut Piala AFF U-16 2022.

VietnamTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini