x

3 Alasan Marko Arnautovic Bakal Jadi Pembelian Tepat bagi Man United dan Ten Hag

Minggu, 7 Agustus 2022 22:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Marko Arnautovic, saat berseragam Inter Milan.

INDOSPORT.COM – Berikut ini 3 alasan mengapa Marko Arnautovic bakal jadi pembelian tepat bagi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United dan Erik ten Hag.

Nama Marko Arnautovic mendadak menjadi perbincangan seiring munculnya laporan yang mengatakan bahwa Manchester United tertarik meminangnya di bursa transfer kali ini.

Baca Juga

Kabar ketertarikan Man United terhadap penyerang milik Bologna itu dilaporkan oleh pakar transfer kenamaan Italia, Gianluca Di Marzio.

Dalam laporannya, Di Marzio menyebutkan bahwa Man United telah melayangkan tawaran untuk pemain berusia 33 tahun tersebut.

Tawaran yang diberikan oleh Man United sebesar 8 juta hingga 9 juta euro (Rp137 miliar). Namun tawaran ini ditolak mentah-mentah oleh Bologna.

Baca Juga

Kabar ditolaknya tawaran ini oleh Bologna pun membuat Arnautovic kemudian naik pitam, dan meminta pihak klub agar melepasnya.

Apalagi dengan datangnya tawaran dari tim sekelas Man United, yang menurutnya adalah kesempatan yang tak akan datang dua kali.

Man United mengincar sosok Arnautovic karena terkesan dengan penampilannya. Di Liga Italia musim lalu, dirinya mampu mencetak 14 gol dari 33 penampilan.

Baca Juga

Namun ketertarikan Man United terhadapnya menimbulkan tanda tanya besar. Maklum saja, Arnautovic sudah tergolong uzur dan merupakan penyerang ‘kelas tiga’ di Eropa.

Meski begitu, ada beberapa alasan mengapa Arnautovic justru bakal jadi pembelian tepat bagi Man United, dan juga bagi Erik ten Hag. Apa saja alasan itu?


1. 1. Sempat Bekerjasama dengan Ten Hag

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: Reuters/John Sibley

Ada alasan khusus mengapa Manchester United sampai tertarik memboyong Marko Arnautovic, meski dirinya adalah penyerang ‘kelas tiga’ di Eropa.

Hal ini tak lepas dari sosok sang pelatih, Erik ten Hag, yang ternyata pernah bekerjasama dengan penyerang berkebangsaan Austria tersebut.

Baca Juga

Keduanya pernah bekerjasama di FC Twente. Kala itu, Ten Hag bekerja sebagai asisten pelatih, sedangkan Arnautovic merupakan jebolan tim akademi klub tersebut.

Sejak Arnautovic promosi ke tim utama, Ten Hag selalu melihat penampilannya yang baru saja promosi ke tim utama.

Baca Juga

Kebetulan keduanya bekerjasama selama dua tahun, sebelum Ten Hag dan Arnautovic sama-sama hengkang ke tujuan yang berbeda pada 2009.

Selama di FC Twente bersama Ten Hag, Arnautovic muda mampu tampil apik dengan mencetak 14 gol dan 10 assist dari 54 penampilan.


2. 2. Nomor 9 yang Dibutuhkan Man United dan Ten Hag

Marko Arnautovic. saat berseragam West Ham United.

Bukan lagi rahasia jika Erik ten Hag membutuhkan penyerang nomo 9 yang aktif dalam membangun serangan dan mau bertahan.

Menurut statistik, keinginan Ten Hag itu ada pada sosok Arnautovic yang memang merupakan penyerang dengan tipikal tersebut.

Baca Juga

Dilansir dari FBRef, Arnautovic punya insting mencetak gol yang mumpuni, dengan rata-rata mencetak 0,4 Non-Penalty Goals per 90 menit.

Ia pun aktif menciptakan peluang bagi rekannya, dengan rata-rata membuat 2,74 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan yang berbuah peluang seperti dribel, operan, dan pelanggaran.

Dalam permainan, Arnautovic tergolong penyerang aktif, dengan rata-rata melepaskan 30,97 operan per 90 menit dan akurasi mencapai 73,7 persen.

Baca Juga

Selain itu dalam bertahan, Arnautovic juga aktif dengan mencatatkan 15,4 tekanan ke lawan per 90 menit dan membuat 0,5 intersep per 90 menit.

Dengan gaya bermain yang mengandalkan High Pressing tinggi dan kolektivitas permainan, maka Arnautovic adalah pilihan tepat untuk saat ini.


3. 3. Opsi Jangka Pendek yang Tak Beresiko

Arnautovic lakukan penalti tanpa melihat.

Saat ini, pasaran penyerang memiliki harga yang tergolong mahal. Untuk penyerang dengan catatan mentereng, uang 50 juta poundsterling dirasa tak akan cukup.

Karenanya, Arnautovic bisa menjadi jawaban di tengah mahalnya nilai penyerang saat ini. Sehingga, jika hanya untuk opsi jangka pendek, ia akan menjadi pilihan tepat.

Baca Juga

Dengan harga hanya berkisar 10 juta euro saja, Arnautovic tak akan menjadi pembelian beresiko tinggi bagi Man United yang dalam masa transisi.

Apalagi dirinya punya catatan yang mumpuni sebagai penyerang, dengan torehan 114 gol dari 430 penampilan di kancah profesional.

Baca Juga

Jika ditilik lebih jauh, catatannya saat bermain di Inggris juga tak terbilang buruk. Ia tercatat pernah membela Stoke City dan West Ham United dengan torehan total 48 gol dan 44 assist dari 210 penampilan.

Melihat catatan tersebut, Arnautovic akan menjadi opsi yang brilian di musim panas ini dan tak akan memberikan resiko tinggi bagi Man United seperti pemain mahal lainnya.

Bursa TransferManchester UnitedBolognaMarko ArnautovicErik ten HagOne Football

Berita Terkini